CorelDRAW adalah Aplikasi Desain Berbasis Vektor, Ketahui Beberapa Keunggulannya

Minggu, 22 Agustus 2021 16:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari
CorelDRAW adalah Aplikasi Desain Berbasis Vektor, Ketahui Beberapa Keunggulannya Ilustrasi undangan pernikahan. ©2015 Merdeka.com/lebeauxchateau.com

Merdeka.com - Desain grafis merupakan salah satu pekerjaan kreatif yang banyak dibutuhkan saat ini. Di mana saat ini berbagai informasi dikemas dengan tampilan visual yang menarik, baik informasi berupa edukasi hingga promosi produk. Selain itu, ilustrasi visual yang dibuat juga memudahkan masyarakat untuk memahami informasi di dalamnya.

Hal tersebut tidak lain karena kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi informasi yang kini sudah jauh berubah. Mudahnya akses dan cepatnya laju informasi yang beredar di media, memberikan pengaruh pada perilaku masyarakat yang lebih tertarik dengan isi informasi singkat namun mudah dipahami. Sehingga dengan waktu yang singkat, tetap bisa memahami informasi dengan baik dan jelas.

Tidak heran, kini banyak orang yang berminat dengan jenis pekerjaan ini. Tentu bagi Anda yang mempunyai latar belakang pendidikan khusus di bidang ini menjadi keuntungan tersendiri. Namun bukan berarti, Anda yang tidak memiliki bekal pendidikan tersebut tidak bisa masuk ke bidang ini. Tentu saja Anda bisa melatih keterampilan dengan menggunakan aplikasi desain seperti CorelDRAW.

CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis 2D digital yang berbasis vektor. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat desain logo, flex, brosur, kartu undangan, dan berbagai desain dokumen lainnya dengan mudah. Aplikasi ini pun memiliki beberapa keunggulan dibandingkan aplikasi desain lainnya.

Melansir dari Educba, berikut kami merangkum pengertian, beberapa keunggulan, hingga tips menggunakan CorelDRAW adalah sebagai berikut.

2 dari 8 halaman

Mengenal CorelDRAW

ilustrasi bekerja
©2019 Merdeka.com/Pexels

CorelDRAW adalah software desain berbasis vektor yang digunakan untuk membuat logo, flex, brosur, kartu undangan, dan segala jenis desain vektor. Ini merupakan aplikasi software paling tua yang dirilis sejak Januari 1989.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk membuat dan mengedit gambar dua dimensi. CorelDRAW terus mengembangkan dan meluncurkan versi-versi terbaru dengan berbagai keunggulan dan kecanggihan yang ditawarkan.

3 dari 8 halaman

Aturan yang Lebih Mudah

Setelah mengetahui pengertiannya, berikutnya terdapat beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan aplikasi CorelDRAW. Pertama, keunggulan CorelDRAW adalah penyajian teknik yang lebih mudah dengan lebih sedikit aturan yang harus diikuti. Hal ini menawarkan kebebasan dan kemudahan bagi pengguna untuk belajar desain dan melatih kreativitas dengan baik.

4 dari 8 halaman

Bentuk Dasar yang Mudah Dibuat

Kedua, keunggulan CorelDRAW adalah memungkinkan Anda untuk membuat bentuk dasar dengan mudah. Melalui aplikasi ini, Anda bisa membuat bentuk dasar yang kemudian bisa dikembangkan menjadi emoji, sketsa kartun, hingga stiker dengan beragam bentuk. Anda hanya perlu drag dan drop beberapa bentuk seperti lingkaran, persegi panjang, elips, garis, oval, dan lain-lain. 

5 dari 8 halaman

Membuat Kartu Undangan Kecil

pernikahan©2015 Merdeka.com/lebeauxchateau.com

Ketiga, keunggulan CorelDRAW adalah dapat membuat desain kartu undangan kecil. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mendesain sendiri kartu undangan kecil dengan tampilan sesuai selera.

Terdapat berbagai macam tools yang bisa digunakan untuk membuat kartu undangan yang menarik. Bukan hanya itu, CorelDRAW juga dilengkapi dengan pilihan warna yang beragam sehingga Anda bisa memadukan warna sesuai keinginan.

6 dari 8 halaman

Mengonversi Bitmap ke Objek dengan Mudah

Keempat, keunggulan CorelDRAW adalah dapat mengonversi bitmap ke objek dengan lebih mudah. Mengonversi dari bitmap ke objek adalah pekerjaan yang sedikit rumit, tetapi Corel menyediakan cara yang lebih mudah untuk melakukannya. Ini karena CorelDRAW adalah koleksi alat yang bagus untuk mempermudah konversi.

Anda hanya perlu klik kanan pada Bitmap dan pilih apa yang ingin Anda lakukan. Mulai dari mengonversi bitmap ke objek vektor, mencoba mengekstrak garis tengah bitmap dan menghapus sisanya hingga mengekstrak outline dari bitmap. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan bantuan aplikasi lain untuk mengerjakan pekerjaan ini.

7 dari 8 halaman

Mudah Diedit

Terakhir, keunggulan CorelDRAW adalah memungkinkan Anda untuk mengedit desain dengan mudah. CorelDRAW dirancang untuk bekerja dengan perangkat lunak. Perangkat lunak lain yang dirancang oleh Corel Corporation adalah “Corel Photo Paint”.

Dengan begitu, grafik yang dirancang dapat diedit dan dibuat ulang dengan Corel Paint. Anda dapat menyimpan grafik dalam format lain yang kompatibel dengan perangkat lunak lain, seperti PNG, CDR, Jpeg dll.

Gambar-gambar yang disimpan ini juga dapat dibuka di Adobe Illustrator. Semua format yang disimpan ini membuat ikatan dengan desainer lain untuk membuat perubahan desain pada perangkat dengan cara yang lebih mudah.

8 dari 8 halaman

Tips Menggunakan Aplikasi CorelDRAW

pernikahan©Bridestory

Setelah mengetahui pengertian dan beberapa keunggulannya, terakhir terdapat tips dan trik yang bisa Anda praktikkan saat menggunakan aplikasi CorelDRAW. Berikut beberapa cara menggunakan CorelDRAW dengan mudah yang bisa Anda terapkan:

  • Membuat dan menyimpan dokumen: Saat pertama kali membuka dokumen, hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah menyimpannya dengan tepat waktu. Untuk menyimpan dokumen, Anda harus terlebih dahulu mengklik File > Simpan sebagai nama file. Setelah Anda menyimpannya, terus tekan Ctrl + s untuk menyimpan terus menerus setelah setiap interval.
  • Bermain dengan Blends: Alat Blend digunakan untuk mengubah satu objek menjadi objek lain dengan perkembangan bentuk dan warna. Alat ini adalah salah satu alat tertua dan sangat berguna juga.
  • Menggunakan dokumen Palet Warna: Anda bisa mengembangkan kreativitas dengan menggunakan palet warna yang disediakan. Di kedua perangkat lunak CorelDraw dan Corel Photo-Paint, mempunyai palet warna yang sesuai sehingga memudahkan Anda ketika ingin mengedit grafik dari Coreldraw ke Corel Photo-Paint.
  • Menggunakan Lensa Gaussian Blur: Ini adalah efek khusus yang digunakan dalam perangkat lunak ini. Ini memungkinkan Anda untuk membuat gambar menjadi kabur tanpa mempengaruhi kualitas gambar.
  • Penggunaan Alat Tampilan Piksel untuk Grafik Web: Alat ini memungkinkan Anda untuk mengedit grafik, karena Anda dapat menggambar dalam unit piksel aktual yang memberikan presentasi yang jauh lebih akurat. Karena ini, desain muncul dengan cara yang disempurnakan di web.
  • Menggunakan alat Polygon: Coreldraw mempunyai banyak bentuk dasar yang dapat digabungkan untuk membuat desain dengan lebih mudah. Di sini, Anda bisa menggunakan alat Poligon, alat Pick, dan alat Shape.

[ayi]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. Ragam
  4. Teknologi
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini