Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Taubat Nasuha Beserta Bacaan Niat dan Doanya, Umat Muslim Wajib Tahu

Cara Taubat Nasuha Beserta Bacaan Niat dan Doanya, Umat Muslim Wajib Tahu ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan selama hidupnya. Bagi seorang muslim ketika melakukan perbuatan salah dan dosa, Islam memerintahkan untuk bertaubat dengan meminta ampun kepada Allah SWT. Pelaksanaan taubat harus dibarengi dengan keikhlasan, keseriusan, menyesali perbuatan, serta tidak akan mengulangi dosa kesalahan yang sama.

Melansir dari NU Online, taubat adalah jalan untuk menghapus dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan. Sebesar apapun kesalahan manusia, Allah akan mengampuni jika hamba-Nya bertaubat dengan sungguh-sungguh dan tidak mengulangi kesalahannya.

Setiap muslim yang melakukan taubat dengan baik dan sungguh-sungguh, pasti dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana tertuang dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, artinya:

"Tidaklah seseorang berbuat dosa lalu ia beranjak bersuci, melakukan shalat kemudian beristighfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya."

Lantas, bagaimana cara taubat nasuha yang baik dan benar sesuai syariat Islam? Simak ulasan yang dilansir dari NU Online berikut ini:

Mengenal Taubat Nasuha

Taubat nasuha merupakan proses taubat yang dilakukan secara bersungguh-sungguh, dengan niat, kebulatan tekad, dan berusaha menyempurnakannya dengan usaha memperbaiki diri. Taubat nasuha harus melalui proses atau keistiqomahan untuk bisa melakukannya. Sehingga, taubat nasuha tidak bisa diraih dalam waktu yang singkat.

Untuk bisa melakukan taubat nasuha yang baik dan benar, setiap muslim harus melalui beberapa tahapan. Adapun beberapa proses yang harus dilalui meliputi muhasabah atau evaluasi diri, mengakui kesalahan diri, melakukan perbaikan diri, dan memohon ampun kepada Allah SWT. Selain itu, setiap muslim yang ingin bertaubat, dianjurkan untuk melaksanakan salat taubat.

ilustrasi sholat

©2020 Merdeka.com

Cara Salat Taubat Nasuha

Salat taubat merupakan salah satu jenis salat sunnah yang dilakukan untuk memohon ampunan Allah SWT, dari segala dosa perbuatan semasa hidup. Setiap muslim yang melaksanakan salat taubat nasuha, sudah semestinya untuk tidak mengulangi perbuatan dosa yang pernah dilakukan. Adapun anjuran untuk melaksanakan taubat nasuha ini terkandung dalam dalah satu surah Alquran, yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS. At-Tahrim ayat 8).

Berdasarkan ayat di atas, dapat dipahami bahwa manusia yang baik di hadapan Allah bukan mereka yang tidak pernah berbuat salah, namun mereka yang segera bertaubat setelah melakukan kesalahan.

Waktu Pelaksanaan Salat Taubat Nasuha

Salat taubat bisa dilakukan kapan saja, baik di waktu siang maupun malam hari. Namun, sebagian ulama menyarankan untuk melaksanakannya di waktu sepertiga malam atau bisa dilakukan selama waktu salat tahajud dilaksanakan. Pasalnya, pada waktu ini para malaikat menyaksikan ketika seseorang memanjatkan doa atau memohon ampunan.

ilustrasi sholat

©2020 Merdeka.com

Di samping itu, ada beberapa waktu yang haram atau dilarang untuk melakukan salat taubat nasuha, di antaranya sebagai berikut:

Mulai dari salat Ashar hingga matahari tenggelam. Ketika menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya. Mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari. Saat terbit matahari hingga matahari naik sepenggalah. Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong.

Niat Salat Taubat Nasuha

Seperti salat pada umumnya, cara salat taubat nasuha juga diawali dengan membaca niat terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan niat salat taubat nasuha yang bisa diucapkan:

Ushalli Sunnatat Taubata Rakataini Lillahi Taala

Artinya: Saya niat salat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Tata Cara Salat Taubat Nasuha

Salat taubat nasuha boleh dilakukan 2 rekaat, 4 rekaat, atau 6 rekaat. Ketika melakukan sujud terakhir, bisa diperpanjang untuk mengucapkan munajat, seperti memohon ampunan dengan segala kerendahan diri di hadapan Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam salah satu hadits berikut ini, yang artinya:

"Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa ketika itu.” (HR. Muslim).

Salat taubat sebaiknya dilakukan mandiri atau seorang diri. Pasalnya, salat taubat termasuk dalam salat nafilah yang tidak dianjurkan secara berjamaah. Adapun tata cara salat taubat nasuha adalah sebagai berikut:

Membaca niat salat taubat nasuha. Takbiratul ihram. Membaca doa iftitah (sunnah). Membaca surat Al-Fatihah. Membaca surat dari Alquran. Rukuk (membaca tasbih rukuk tiga kali). Itidal (membaca doa Itidal). Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali). Duduk di antara dua sujud (membaca dia robbighfirlii warhamnii). Sujud kedua. (membaca tasbih sujud tiga kali). Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai yang ke 10. Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir). Salam. Berdoa mohon ampunan.

Bacaan Doa Taubat Nasuha

Setelah melaksanakan salat taubat nasuha, setiap muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa yang disertai dengan penyesalan, tekad kuat untuk menjauhkan diri dari perilaku dosa. Adapun bacaan doa sholat taubat yang diajarkan Rasulullah SAW, ialah seperti berikut:

Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana Abduka Wa Ana Ala Ahdika Wa Wadika Mastathotu. Audzu Bika Min Syarri Maa Shonatu, Abuu-U Laka Binimatika Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan."

(mdk/jen)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat dan Bacaannya, Umat Muslim Wajib Tahu

Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat dan Bacaannya, Umat Muslim Wajib Tahu

Tahajud adalah ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan dalam Islam.

Baca Selengkapnya
Doa Sholat Tahajud, Pahami Waktu, Dzikir dan Keutamaannya yang Sangat Istimewa

Doa Sholat Tahajud, Pahami Waktu, Dzikir dan Keutamaannya yang Sangat Istimewa

Umat Islam banyak melaksanakan sholat tahajud ini dengan tujuan berdoa dan memohon pertolongan Allah tentang segala apapun yang telah dialaminya.

Baca Selengkapnya
Tahiyat Awal dan Akhir Dalam Sholat, Pahami Urutan dan Bacaan Doanya

Tahiyat Awal dan Akhir Dalam Sholat, Pahami Urutan dan Bacaan Doanya

Tata cara dan bacaan doa tahiyat awal dan tahiyat akhir dalam sholat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Nasuha, Memohon Ampunan dari Allah

Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Nasuha, Memohon Ampunan dari Allah

Lakukanlah sholat taubat minimal sekali seumur hidup, sebagai bentuk komitmen untuk memperbaiki diri dan menjaga kebersihan hati.

Baca Selengkapnya
Doa Buka Puasa Sunnah Sesuai Hadist, Ketahui Waktu yang Tepat Mengamalkannya

Doa Buka Puasa Sunnah Sesuai Hadist, Ketahui Waktu yang Tepat Mengamalkannya

Doa buka puasa adalah bacaan yang mengiringi ibadah puasa kita, baik itu yang wajib maupun yang sunnah. Dengan doa ini, kita mengungkapkan rasa syukur.

Baca Selengkapnya
Doa Itikaf dan Tata Cara Sholatnya, Rutinkan di Hari-hari Terakhir Ramadhan

Doa Itikaf dan Tata Cara Sholatnya, Rutinkan di Hari-hari Terakhir Ramadhan

Doa itikaf wajib dilafalkan sebelum melaksanakan sholat itikaf. Doa itikaf ini adalah niat dilafalkan sebelum melaksanakan sholat itikaf

Baca Selengkapnya
Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Berjamaah & Sendirian, Umat Islam Harus Tahu

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Berjamaah & Sendirian, Umat Islam Harus Tahu

Berikut bacaan niat sholat Idul Fitri berjamaah dan sendirian yang perlu diketahui.

Baca Selengkapnya
Doa Mandi Wajib Haid dan Tata Cara Pelaksanaannya, Muslimah Wajib Tahu

Doa Mandi Wajib Haid dan Tata Cara Pelaksanaannya, Muslimah Wajib Tahu

Wanita muslimah wajib melaksanakan mandi wajib setelah haid agar amal ibadahnya dapat diterima Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Mau Tidur dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Bacaan Doa Mau Tidur dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Doa mau tidur ini bertujuan untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya