Cara Membuat Paper yang Baik dan Benar, Perhatikan Strukturnya

Jumat, 20 Mei 2022 16:40 Reporter : Jevi Nugraha
Cara Membuat Paper yang Baik dan Benar, Perhatikan Strukturnya Ilustrasi menulis. ©2015 Picjumbo/Victor Hanacek

Merdeka.com - Cara membuat paper yang baik dan benar perlu diketahui setiap pelajar atau mahasiswa. Paper sendiri merupakan karya ilmiah yang membahas suatu topik tertentu. Biasanya, paper berisi mengenai analisis penelitian baru atau bisa juga berupa alasan tentang penelitian yang sudah ada.

Dengan adanya paper, diharapkan penulis mampu menganalisis suatu topik dengan cermat, kritis, dan evaluatif. Peper bersifat non research article atau bukan merupakan artikel penelitian. Umumnya, penulisan paper disesuaikan dengan sasaran publikasinya.

Cara membuat paper yang baik dan benar perlu mengikuti struktur dan format yang telah ditentukan. Pada dasarnya, paper sama seperti membuat karya ilmiah lainnya, seperti makalah atau jurnal. Berikut cara membuat paper yang merdeka.com lansir dari Liputan6.com:

2 dari 3 halaman

Struktur Paper

003 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock

Cara membuat paper yang baik dan benar perlu mengikuti struktur dan format yang telah ditentukan. Paper memiliki beberapa komponen utama penyusunan.

Komponen ini membentuk struktur yang mempermudah cara membuat paper. Sebelum mengetahui cara membuat paper, kenali dan pahami dulu struktur paper.

Berikut struktur paper dan penjelasannya, antara lain:

Judul

Judul paper adalah representasi dari paper secara keseluruhan. Judul paper dibuat singkat, tetapi bisa mewakili maksud dan tujuannya. Semakin spesifik judul, semakin bagus.

Abstrak

Abstrak merupakan ringkasan singkat dari paper. Dalam tahap ini, Anda harus melaporkan tujuan dari paper sehingga pembaca tahu persis apa isi karya tersebut. Sederhananya, abstrak adalah tulisan yang biasanya terdiri dari sekitar 150-300 kata.

Pendahuluan

Pendahuluan berisi mengenai latar belakang topik paper yang akan dibahas. Latar belakang ini menguraikan alasan Anda membahas topik, tujuan, studi literatur, dan solusi yang akan Anda berikan.

Pembahasan

Pembahasan atau isi merupakan bagian paper paling penting. Dalam tahap ini, dijabarkan penjelasan mengenai terkait objek yang dibahas, metode penelitian yang digunakan, dan implementasinya.

Kesimpulan

Kesimpulan berisi hasil analisis yang telah didapat. Kesimpulan harus ditulis secara jelas dan singkat, Kesimpulan adalah intisari dari hasil analisis. Dari kesimpulan, penulis memberi tahu pembaca tentang hasil analisis.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah daftar referensi dari penulisan paper. Dalam daftar pustaka, Anda harus menunjukkan bahwa paper ditulis berdasarkan data dan literatur yang valid.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Paper yang Baik dan Benar

002 tantri setyorini
©2015 Picjumbo/Victor Hanacek

Cara membuat paper yang baik dan benar cukup mudah dilakukan. Saat membuat paper, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yakni menentukan tema, menulis pendahuluan, menulis isi, dan kesimpulan. Berikut penjelasan lengkapnya:

Tentukan Tema

Cara membuat paper yang pertama ialah menentukan tema. Namun, sebelum menentukan tema, pahami dulu tugasnya. Identifikasi tujuan tugas, tenggat waktu, spesifikasi panjang, dan metode pengiriman paper. Buat daftar poin-poin penting, kemudian kembali dan coret item yang sudah selesai saat menulis.

Setelah selesai mengidentifikasi tugas, Anda harus menentukan sebuah tema. Jika Anda diberi kebebasan untuk menentukan tema, pilih tema yang menarik untuk dibahas. Untuk mendapatkan tema yang menarik, Anda bisa membaca buku, jurnal, menonton film, hingga menghadiri acara tertentu.

Tulis Pendahuluan

Cara membuat paper yang baik dan benar selanjutnya, yaitu menulis pendahuluan. Dalam tahap ini, Anda perlu menjawab tiga pertanyaan, yakni apa, mengapa, dan bagaimana? Setelah menyelesaikan pendahuluan, pembaca harus mengetahui tentang makalah itu, mengapa itu layak dibaca, dan bagaimana Anda akan membangun sebuah argumen.

Untuk menjawab pertanyaan “apa”, bersikaplah spesifik tentang topik makalah, perkenalkan latar belakang, dan tentukan istilah atau konsep kunci.

Untuk “mengapa” cobalah untuk memberikan jawaban singkat atas pertanyaan-pertanyaan berikut: materi atau wawasan baru apa yang ditawarkan. Sedangkan, untuk pertanyaan “bagaimana”, berguna untuk memberi peta dari apa yang akan dibahas.

Tulis Isi

Cara membuat paper yang baik dan benar berikutnya, yaitu menulis isi. Paper harus disajikan secara detail dan rinci agar semua informasi penting bisa tersampaikan dengan baik. Pastikan tulisan isi tetap sesuai dengan outline yang sudah dibuat.

Selain itu, perhatikan juga paragraf yang mencakup hal yang sama. Jika dua paragraf membahas sesuatu yang serupa, mereka harus mendekati topik itu dengan cara yang berbeda.

Tulis Kesimpulan

Cara membuat paper selanjutnya ialah menulis kesimpulan. Setelah menulis pendahuluan dan isi, saatnya Anda menulis sebuah kesimpulan isi paper.

Kesimpulan paper penelitian dirancang untuk membantu pembaca keluar dari argumen paper, memberi mereka rasa finalitas.

Cara menulis kesimpulan paper cukup mudah, telusuri jalannya paper, tekankan bagaimana semuanya bersatu untuk membuktikan pernyataan tesis. Berikan kesan akhir pada paper dengan memastikan pembaca memahami cara menyelesaikan sebuah masalah yang diangkat dalam penelitian.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini