Cara Bermain Catur dengan Mudah, Pahami Aturannya

Kamis, 18 Maret 2021 15:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Cara Bermain Catur dengan Mudah, Pahami Aturannya Ilustrasi permainan catur. ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Catur merupakan salah satu permainan yang sangat populer di masyarakat. Bukan hanya sebagai permainan, catur sudah masuk ke dalam salah satu cabang olahraga yang sering dikompetisikan, baik tingkat lokal, nasional, hingga internasional. Sebagai permainan yang mengasah otak dan penuh strategi, catur menjadi hiburan yang sangat menarik untuk dilakukan maupun disaksikan.

Dalam hal ini, dua peserta yang terlibat dalam permainan catur harus menyusun langkah sedemikian rupa untuk menjalankan buah catur di atas papan untuk memenangkan pertandingan. Tidak sembarangan, terdapat beberapa aturan yang menjadi pedoman khusus dalam menjalankan buah catur tersebut. Bahkan masing-masing buah catur mempunyai mempunyai karakteristik aturan yang berbeda saat dimainkan.

Dengan begitu, bagi para pemain pemula perlu mengetahui berbagai aturan yang berlaku agar dapat memahami cara bermain catur yang baik dan benar. Selain memahami aturan dasar, Anda juga perlu mengetahui strategi tertentu untuk memenangkan permainan, seperti strategi skakmat. Tentu ini menjadi informasi menarik bagi Anda yang sedang hobi bermain catur, baik untuk kompetisi maupun sebatas hiburan saja.

Selain mengetahui pedoman dasar dalam cara bermain catur, Anda juga bisa memperhatikan beberapa tips berikut agar dapat menjadi pemain catur yang hebat. Meskipun begitu, tetap diperlukan latihan secara rutin untuk mengasah kemampuan dan keterampilan dalam menyusun strategi kemenangan. Dilansir dari Chess.com, berikut kami merangkum cara bermain catur dengan mudah yang perlu diketahui.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatur Papan Catur

lomba catur tuna netra
©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Cara bermain catur dengan mudah yang pertama, Anda harus mengetahui bagaimana mengatur papan catur dengan benar. Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja membuka atau membentangkan papan catur ke sisi kiri dan kanan.

Kedua, susun buah catur dengan benar, yakni pada baris kedua diisi dengan bidak pion. Kemudian kedua benteng diletakkan di kedua sudut papan catur, lalu kuda diletakkan di samping benteng. Setelah itu diikuti gajah, menteri, dan raja yang disusun ke arah tengah papan.

3 dari 6 halaman

Cara Menggerakkan Buah Catur

Cara bermain catur berikutnya yaitu dengan mengetahui cara menggerakkan buah catur. Seperti dijelaskan, masing-masing buah catur mempunyai aturan khusus untuk digerakkan di atas papan catur. Berikut beberapa aturan menggerakkan buah catur dengan benar yang perlu diketahui:

  • Raja: hanya dapat bergerak satu petak ke segala arah, naik, turun, ke samping, dan diagonal. Raja tidak dapat bergerak ke petak yang terkena skak (tempat raja bisa dipukul). Jika raja diserang oleh buah catur lain, ini disebut "skak".
  • Menteri: dapat bergerak ke segala arah, maju, mundur, ke samping, atau diagonal, sejauh mungkin selama tidak melewati buahnya sendiri. Selain itu, seperti buah lainnya, jika menteri memukul buah lawan, langkahnya terhenti.
  • Benteng: dapat melangkah sejauh yang diinginkannya, tetapi hanya maju, mundur, dan ke samping. Benteng adalah perwira yang kuat terutama apabila keduanya saling melindungi dan bekerja sama.
  • Gajah: dapat bergerak sejauh yang diinginkan, tetapi hanya secara diagonal. Tiap gajah mulai dengan satu warna pada papan catur (hitam atau putih) maka harus selalu berada dalam warna tersebut. Dua gajah dapat bekerja sama dengan baik karena saling menutupi kekurangan masing-masing.
  • Kuda: kuda bergerak tidak seperti buah catur lainnya, di mana kuda hanya bergerak dua petak ke datu arah, lalu bergerak satu langkah lagi ke arah sudut 90, seperti bentuk "L". Kuda juga satu-satunya bidak yang dapat melangkah dengan melompati bidak lainnya.
  • Pion: pion dapat bergerak dan memukul dengan cara yang berbeda. Pion dapat melangkah ke depan, tetapi memukul bidak lawan secara diagonal. Pion hanya dapat melangkah satu petak ke depan, kecuali pada langkah pertama yang dapat melangkah ke depan dua petak. Pion hanya memukul bidak lain yang ada di satu petak secara diagonal di depannya. Pion tak pernah dapat bergerak atau memukul dengan langkah mundur. Jika ada bidak catur lain tepat di depannya, pion tak bisa melewatinya atau memukulnya.
4 dari 6 halaman

Siapa yang Melangkah Lebih Dulu

lomba catur tuna netra©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Cara bermain catur berikutnya adalah dengan mengetahui siapa yang dapat melangkah terlebih dahulu untuk memulai permainan. Dalam permainan catur, pemain yang memegang buah putih selalu melangkah lebih dulu. Dengan begitu, biasanya sebelum permainan dimulai ditentukan terlebih dahulu peserta mana yang memegang buah catur putih, baik dengan melempar koin peruntungan atau dengan menebak warna bidak catur yang disembunyikan dengan benar.

Jika sudah terpilih, peserta yang memegang bidak putih melangkah terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh peserta dengan bidak hitam, dan bergantian secara terus menerus. Biasanya pemain yang dapat melangkah lebih dahulu mempunyai peluang lebih besar untuk langsung menyerang.

5 dari 6 halaman

Aturan dalam Memenangkan Permainan Catur

Cara bermain catur dengan mudah selanjutnya yaitu dengan mengetahui aturan memenangkan permainan catur. Dalam hal ini, terdapat beberapa cara untuk mengakhiri permainan catur, yaitu dengan skakmat, remis, menyerah, dan kalah waktu. Berikut penjelasannya untuk Anda.

1. Cara melakukan skakmat

Tujuan permainan ini adalah menskakmat raja lawan. Ini terjadi jika raja diskak dan tidak dapat keluar dari posisi skak. Dalam hal ini terdapat tiga cara agar raja dapat keluar dari posisi skak:

  • keluar dari petak skak (meskipun dia tidak bisa rokade)
  • memblokir skak dengan buah lain,
  • atau memukul buah yang mengancam raja.

Jika raja tidak dapat keluar dari skakmat, permainan selesai. Biasanya, raja tidak akan dipukul atau dibuang dari papan, karena permainan hanya akan dinyatakan selesai.

2. Remis (Seri)

Kadang-kadang, permainan catur tidak berakhir dengan kemenangan seorang pemain, tetapi dengan kondisi remis (seri). Terdapat 5 alasan mengapa permainan catur dapat berakhir remis:

  • Posisi mencapai jalan buntu jika pada saat giliran seorang pemain melangkah, rajanya tidak sedang diskak tetapi tidak dapat melakukan langkah yang sah.
  • Pemain bisa menyetujui remis dan berhenti bermain.
  • Perwira di papan tidak cukup untuk memaksakan skakmat (contoh: raja-gajah melawan raja).
  • Permainan dinyatakan remis jika ada posisi yang tepat sama diulang tiga kali (meskipun tidak harus berturut-turut).
  • Lima puluh langkah beruntun telah dimainkan dan kedua pemain sama-sama tidak menggerakkan pion atau memukul bidak.
6 dari 6 halaman

Strategi Dasar Catur

lomba catur tuna netra©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Cara bermain catur dengan mudah yang tidak kalah penting diperhatikan adalah memahami strategi dasar catur. Dalam hal ini, terdapat beberapa strategi dasar yang perlu Anda lakukan agar tidak mudah dikalahkan lawan. Berikut strategi dasar permainan catur yang perlu Anda ketahui :

1. Lindungi raja

Tempatkan raja Anda ke sudut papan yang biasanya lebih aman. Jangan menunda rokade. Bahkan Anda harus rokade secepat mungkin. Siapa yang lebih dahulu menskakmat maka dialah yang akan memenangkan pertandingan.

2. Jangan menyerahkan buah catur begitu saja

Dalam permainan catur, usahakan untuk tetap menjaga buah catur dengan baik dan tidak diambil lawan dengan mudah. Sebab, setiap buah catur berharga yang dapat membantu Anda untuk menyusun strategi skakmat. Terdapat beberapa nilai dari tiap catur yang bisa Anda gunakan sebagai pedoman untuk mengambil langkah, seperti memukul, melakukan pertukaran, atau menjalankan langkah lainnya, yaitu sebagai berikut:

  • Pion bernilai 1
  • Kuda bernilai 3
  • Gajah bernilai 3
  • Benteng bernilai 5
  • Menteri bernilai 9
  • Raja sangat berharga

3. Kuasai pusat papan

Usahakan untuk tetap mengendalikan pusat papan dengan perwira dan pion. Dengan mengendalikan pusat papan, Anda akan lebih leluasa dalam menggerakkan bidak dan akan mempersulit lawan menemukan petak yang baik untuk bidaknya.

4. Gunakan semua buah catur

Gerakkan semua buah catur, usahakan untuk mengembangkan langkah semua perwira sehingga ada banyak sumber daya yang dapat Anda gunakan saat menyerang raja lawan. Menyerang dengan satu atau dua perwira tak akan mempan melawan musuh.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini