Bacaan Shalawat Nariyah Beserta Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 15 September 2020 09:45 Reporter : Jevi Nugraha
Bacaan Shalawat Nariyah Beserta Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Shalawat merupakan salah satu bacaan umat muslim untuk memanjatkan doa dan memuji Nabi Muhammad SAW. Salah satu bacaan shalawat yang sering dilantunkan umat muslim adalah shalawat Nariyah. Bacaan ini sangat populer bagi umat muslim, hal ini karena shalawat ini memiliki banyak keistimewaan.

Bacaan shalawat Nariyah diyakini mampu menghindarkan kita dari berbagai macam bahaya dan melapangkan pintu rezeki. Selain itu, membaca shalawat untuk Rasulullah SAW sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam Alquran Surah Al-Azhab berikut ini, yang artinya:

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS Al Ahzab: 56).

Dilansir dari NU Online, Shalawat Nariyah merupakan salah satu shalawat yang mustajab. Shalawat ini juga diyakini para ahli sebagai kunci gudang yang mumpuni. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dan Jabir, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

Siapa membaca shalawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca shalawal kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia... Dan hadits Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah shahawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan.

Membaca shalawat Nariyah juga dapat membuat hati tenang dan tentram. Oleh karena itu, tak heran jika shalawat Nariyah sering dilantunkan oleh umat muslim. Pasalnya bacaan shalawat ini diyakini memiliki banyak keutamaan. Berikut bacaannya:

Baca Selanjutnya: Bacaan Shalawat Nariyah Beserta Artinya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini