Jenis Ikan Louhan Termahal dan Ciri-Cirinya, Ada yang Capai Rp 150 Juta

Jumat, 1 Juli 2022 09:48 Reporter : Jevi Nugraha
Jenis Ikan Louhan Termahal dan Ciri-Cirinya, Ada yang Capai Rp 150 Juta ilustrasi ikan louhan. ©Asia One

Merdeka.com - Jenis ikan louhan termahal di Indonesia memiliki ciri dan keunikannya sendiri. Ikan louhan menjadi salah satu ikan hias yang cukup digemari semua kalangan. Ikan louhan memiliki ciri khas, yaitu terdapat benjolan atau jenong besar pada bagian kepalanya.

Selain dikenal memiliki bentuk yang unik, ikan louhan juga dipercaya sebagian orang bisa membawa keberuntungan. Hal ini yang kemudian membuat ikan louhan digemari oleh banyak orang.

Jenis ikan louhan termahal di Indonesia, saat ini banyak ditemukan di pasaran. Masing-masing jenis memiliki ciri dan keunikannya sendiri. Berikut beberapa jenis ikan louhan termahal di Indonesia yang merdeka.com lansir dari futuready.com dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Jenis Ikan Louhan Kemalau

ikan louhan

©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Jenis ikan termahal di Indonesia yang pertama, yaitu ikan louhan kemalau. Jenis louhan ini memiliki dua corak bagian warna sisiknya yang berbeda. Umumnya, ikan ini berwarna merah pada bagian kepala dan tonjolan di dahinya.

Selain itu, ciri ikan louhan kemalau juga memiliki wara merah kekuningan dari tubuh sampai ekornya. Jenis ikan louhan satu ini memiliki corak bintik kekuningan pada bagian kepala sampai ujung ekornya. Biasanya, ikan louhan kemalau dibandrol dengan harga sekitar Rp600 ribu.

Jenis Ikan Louhan Super Red Synspilum

Jenis ikan louhan termahal selanjutnya, yaitu super red synspilum. Jenis ikan louhan satu ini termasuk jarang atau langka. Kelangkaannya ini membuat harga ikan louhan ini memiliki harga yang cukup fantastis di pasaran.

Ikan louhan super red synspilum memiliki kombinasi warna yang sempurna antara merah bata dan orange di bagian sisiknya. Berbeda dengan ikan louhan kemalau, jenis ikan louhan satu ini tidak memiliki bintik. Harga untuk seeokor super red synspilum bekisar dari Rp400 ribu hingga Rp2,5 juta.

Jenis Ikan Louhan Bonsai

Salah satu jenis ikan louhan termahal yaitu ikan louhan bonsai. Sesuai nemanya, ikan ini memiliki tubuh layaknya bonsai. Meski telah tumbuh dewasa, tetapi tubuhnya tidak akan tumbuh besar dan bertambah ukuran.

Ikan louhan bonsai ini memiliki ukuran tubuh yang pendek karena adanya kelainan genetik. Adapun ciri-ciri ikan louhan bonsai, yaitu memiliki bentuk jenong besar atau dahinya yang sangat menonjol dengan berbagai warna, seperti merah, kining, hijau, dan putih.

Louhan bonsai memiliki harga yang cukup beragam. Namun, rata-rata harga jenis ikan louhan bonsai dibandrol dengan harga mencapai Rp150 juta.

3 dari 3 halaman

Jenis Ikan Louhan Zhen Zhu

jenis ikan louhan

©2020 Merdeka.com

Ikan louhan zhen zhu merupakan jenis ikan louhan yang bersisik mutiara dan memiliki bentuk mulut yang lebih besar dibandingkan dengan jenis louhan lainnya. Ciri khas ikan louhan zhen zhui, yaitu mempunyai mata berwarna merah dan corak pada sisiknya.

Banyaknya keunikan pada louhan zhen zhu, tidak sedikit orang yang akhirnya mencoba untuk membudidayakan ikan ini. Mereka bisa mendapatkan keturunan jenis ikan louhan yang lebih optimal dengan kisaran harga yang relatif mahal. Adapun harga untuk ikan louhan zhen zhu dibandrol dengan harga Rp750 ribu.

Jenis Ikan Louhan Golden Base

Jenis ikan louhan termahal di Indonesia lainnya, yaitu golden base. Ikan ini memiliki ciri khas dengan warna merah keemasan dan cenderung tidak memiliki corak bintik hitam pada bagian tubuhnya. Perpaduan warna kuning dan kemerahan pada louhan golden base membuat ikan ini banyak diminati pecinta ikan hias.

Jenis ikan louhan golden base ini juga memiliki warna yang lebih merata dibandingkan dengan jenis louhan lainnya. Harga ikan louhan ini dibandrol mulai dari Rp2 juta hingga Rp4 juta.

Jenis Ikan Louhan Kamfa

Kamfa adalah jenis ikan louhan termahal yang berasal dari Singapura. Namun, saat ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini memiliki ciri khas warna tubuh yang merah merona dengan bintik putih dari kepala sampai ekor.

Coraknya yang berwarna merah merona, ikan ini kerap disebut sebagai ikan louhan mutira. Adapun harga jenis ikan louhan kamfa dibandrol mulai dari Rp800 ribu hingga Rp4 jutaan.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini