6 Fungsi Kulit Tubuh Manusia Beserta Cara Menjaga Kesehatannya

Rabu, 20 Mei 2020 16:45 Reporter : Jevi Nugraha
6 Fungsi Kulit Tubuh Manusia Beserta Cara Menjaga Kesehatannya Ilustrasi wajah cantik. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/aslysun

Merdeka.com - Kulit merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling besar. Rata-rata kulit orang dewasa adalah sekitar 2,7 kilogram. Hal ini terdiri dari berbagai lapisan utama, seperti epidermis, dermis dan hipodermis. Lapisan epidermis merupakan bagian terluar dari kulit manusia.

Sedangkan dermis merupakan tempat melekatnya pembuluh darah, folikel rambut dan saraf. Lapisan ini merupakan tempat dibentuknya protein yang disebut kolegan. Sementara itu, hipodermis adalah kulit lemak atau jaringan ikat yang menjadi tempat kelenjar keringat.

Kulit juga memiliki beberapa komponen, seperti air, protein, lemak, senyawa kimia dan beberapa jenis mineral. Sehingga kulit manusia berperan penting dalam melindungi tubuh. Lalu apa saja fungsi kulit tubuh manusia? Simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

1. Menjaga Suhu Tubuh

011 tantri setyorini

©Pixabay

Fungsi kulit tubuh manusia yang pertama ialah menjaga suhu tubuh. Pasalnya kulit mampu merespon naik turunnya suhu tubuh manusia yang dikirimkan berupa sinyal dari otak.

Hal ini untuk mendinginkan kondisi tubuh yang panas, sehingga kelenjar keringat akan membuat tubuh mengeluarkan keringat melalui kulit.

2 dari 7 halaman

2. Sebagai Indra Peraba

Fungsi kulit tubuh manusia berikutnya ialah sebagai indra peraba. Manusia memiliki berbagai macam indra, salah satunya adalah indra peraba, yaitu kulit. Hal ini dikarenakan kulit tubuh manusia mampu mengenal rasa dingin, halus, panas dan rasa yang lainnya.

Dilansir dari laman Healthline, kulit memiliki saraf yang berfungsi sebagai perantara saat memperoleh rangsangan. Sehingga saat kita menyentuh sesuatu, baik benda mati maupun hidup, maka kulit akan mengirim sinyal ke otak untuk kemudian diproses.

3 dari 7 halaman

3. Melindungi Tubuh

di kantor

shutterstock

Salah satu fungsi kulit manusia yaitu dapat melindungi tubuh, seperti berfungsi melindungi tulang, otot, ligamen, sel saraf, dan berbagai organ lainnya di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kulit juga berfungsi efektif dalam menjaga daya tahan tubuh.

Di samping itu, kulit juga dapat menghindarkan dati berbagai kuman dan bakteri berbahaya. Seperti saat kulit terluka, maka diperlukan perawatan yang baik agar tidak terjadi infeksi. Hal ini dikarenakan kulit menjadi salah satu pelindung tubuh dari berbagai kuman dan bakteri.

4 dari 7 halaman

4. Sebagai Alat Ekskresi

ilustrasi kulit cantik

©Shutterstock

Fungsi kulit manusia berikutnya ialah sebagai alat ekskresi. Permukaan kulit manusia terdapat kelenjar kulit yang berperan penting dalam mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh. Seperti halnya sisa metabolisme tubuh berupa asam urat, urea dan amonia.

5 dari 7 halaman

5. Membantu Proses Sintesis Vitamin D

Kulit tubuh manusia tidak hanya melindungi dari zat-zat berbahaya, namun juga berfungsi membantu proses sintesis vitamin D. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat menghasilkan ultraviolet B yang kemudian diserap oleh kulit yang memiliki kandungan kolesterol.

Dengan bantuan sinar ultraviolet B, kulit dapat mengaktifkan prekusor 7 dihidroksi kolestrol. Kemuidan prekusor tersebut dimodifikasi enzim di hati dan ginjal hingga membentuk calcitriol (Vitamin D aktif). Kandungan vitamin D ini berperan penting untuk pertumbuhan tulang manusia.

6 dari 7 halaman

6. Menggerakkan Otot

ilustrasi otot bisep

©2012 Merdeka.com

Fungsi kulit manusia lainnya ialah menggerakkan otot. Hal ini dikarenakan adanya kulit memungkinkan gerakan otot menjadi lentur dan mampu membuat tubuh bisa bergerak dengan leluasa. Sehingga sel kulit dapat berkembang seiring dengan perkembangan tubuh.

7 dari 7 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

ilustrasi wajah cantik

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/aslysun

Kulit dapat mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia manusia. Selain itu, kulit manusia juga cenderung lebih tipis dan kering, sehingga akan dengan sangat mudah terkena gangguan. Berikut ini cara menjaga kesehatan kulit yang dapat dilakukan, di antaranya:

- Menggunakan Pelembap

Usahakan setiap hari Anda menggunakan pelembab, hal ini dilakukan agar kulit tidak mengalami iritasi dan kekeringan. Anda bisa menggunakan body lotion di bagian tangan dan tubuh. Kemudian untuk area wajah gunakan pelembap kusus wajah.

- Rutin Membersihkan Kulit

Cara menjaga kesehatan kulit berikutnya ialah rutin membersihkan di beberapa bagian tubuh. Dalam membersihkan kulit ini sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini