Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Cara Menghafal Al Quran bagi Pemula, Cepat dan Mudah

6 Cara Menghafal Al Quran bagi Pemula, Cepat dan Mudah ilustrasi membaca alquran. muslimmatters.org

Merdeka.com - Setiap umat muslim selalu dianjurkan untuk senantiasa membaca kitab suci Al Quran. Selain mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT, membaca Al Quran juga merupakan upaya untuk mencapai kelapangan hidup agar terhindar dari segala kesempitan.

Dilansir dari laman NU Online, seorang mukmin yang senantiasa membaca Al Quran digambarkan dalam hadis Abu Dawud, seperti buah yang wangi dan manis. Sedangkan seorang mukmin yang tidak suka membaca Al Quran seolah-olah seperti buah yang rasanya manis akan tetapi tidak memiliki aroma wangi.

Baca juga: Cara Cepat Menghafal Al Quran Dengan Niat Dan Komitmen

Sementara itu, orang fasik yang suka membaca Al Quran digambarkan seperti buah yang aromanya wangi namun rasanya pahit. Terakhir, orang fasik yang tidak suka membaca Al Quran, digambarkan seperti buah yang tidak beraroma dan rasanya juga pahit.

Sehingga tak heran sejak kecil kita sering dianjurkan untuk selalu belajar membaca kitab suci Al Quran. Umumnya, belajar membaca Alquran membutuhkan sebuah proses yaitu mengenal huruf hijaiyah terlebih dahulu. Dengan mengenali huruf-huruf hijaiyah yang ada di Al Quran, setiap muslim lebih mudah untuk membaca dan menghafal Al Quran.

Bagi Anda yang ingin menghafal Al Quran, ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Berikut cara menghafal Al Quran dengan mudah yang merdeka.com lansir dari Unida.gontor.ac.id:

Memperbaiki Bacaan

tak ada kata telat belajar agama tips membaca alquran ini tepat buat pemula

©Shutterstock

Cara menghafal Al Quran yang pertama, yaitu memperbaiki bacaan. Bagi Anda pemula yang ingin belajar membaca Al Quran, sangat penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang dimiliki. Dengan meluangkan waktu untuk memperbaiki bacaan Al Quran, Anda akan lebih mudah menghafal dan mendapatkan pahala berlipat.

Selain itu, hal ini juga perlu dilakukan agar dapat terhindar dari salah dalam membaca dan membuat kekeliruan. Dengan begitu, Anda dapat membacanya dengan baik dan benar.

Mengulang Bacaan

Murojah atau mengulang bacaan menjadi salah satu cara menghafal Al Quran yang efektif. Semakin sering mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan kita. Pastikan Anda tidak terburu-buru menambah hafalan tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali.

Dengan mengulang bacaan secara teratur, ayat yang dihafalkan bisa melekat di ingatan dalam waktu yang lama. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengulang murojah sesering mungkin.

Pasang Target

Bagi Anda yang ingin menghafal Al Quran, sebaiknya membuat target dan timeline hafalan. Dengan memiliki target yang jelas, Anda akan lebih mudah dalam mendorong diri untuk terus semangat dalam menghafal.

Ketika mengalami kendala saat menghafal, seperti hafalan yang susah atau malas menambah hafalan, adanya target sangat membantu dalam mendisiplinkan hafalan. Dengan begitu, Anda akan lebih semangat dan rajin menghafal Al Quran.

Membuat Jadwal Latihan

Cara menghafal Al Quran selanjutnya, yaitu membuat jadwal latihan. Membuat jadwal rutin untuk menghafal Al Quran juga sangat penting agar bisa disiplin dalam proses menghafal. Pastikan untuk menyediakan satu waktu khusus untuk menghafal Al Quran setiap harinya.

Ada beberapa waktu yang disarankan untuk menghafal Al Quran, seperti di sepertiga malam terakhir, saat pertengahan siang hari, dan di pagi hari setelah salat subuh.

Rutin Mendengar Murotal

Banyak mendengar murotal menjadi salah satu cara menghafal Al Quran yang sangat efektif. Biasanya, kita akan lebih mudah mengingat sebuah ayat ketika ayat tersebut dilantunkan dalam irama yang merdu dan didengarkan berulang-ulang. Semakin sering mendengar murotal, akan semakin banyak ayat yang kita hafal dengan cepat.

Istiqomah

Salah satu kunci sukses menghafal Al Quran adalah istiqomah. Menjadi penghafal Al Quran harus memiliki prinsip yang teguh untuk selalu menjaga hafalan walau dalam keadaan dan situasi apa pun. Sebab, tidak ada kesuksesan yang dapat diraih kecuali dilandasi dengan konsistensi yang kuat.

Keutamaan Membaca dan Mengkhatamkan Al Quran

di masjid istiqlal

©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Seseorang yang senantiasa membaca Alquran memiliki keistimewaan tersendiri. Banyak sekali keutamaan untuk orang yang menyibukkan diri dengan membaca kitab suci Al Quran, tak terkecuali bagi umat muslim yang berhasil mengkhatamkan. Adapun keistimewaan dan keutamaan mengkhatamkan Al Quran di antaranya ialah sebagai berikut:

Diberikan Syafaat di Hari Kiamat

Keutamaan mengkhatamkan Al Quran salah satunya ialah diberikan syafaat pada hari kiamat. Seseorang yang selalu menyibukkan diri membaca ayat-ayat suci Al Quran maka di hari kiamat akan diberi syafaat. Hal ini termaktub dalam salah satu hadis berikut, Rasulullah bersabda:

"Bacalah Al Quran. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya," (HR. Ahmad).

Malaikat Memohonkan Ampun

Keutamaan mengkhatamkan Al Quran ialah para malaikat akan memohonkan ampun untuknya. Setiap muslim yang senantiasa membaca kitab suci ini hingga mengkhatamkan nya, maka 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya. Hal ini sebagaimana dalam salah satu hadits berikut ini, artinya:

"Ketika seorang hamba mengkhatamkan AlQuran, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya," (HR. ad-Dailami).

Diberikan Ketenangan

Seseorang yang mengkhatamkan kitab suci Al Quran akan selalu diberikan ketenangan dalam situasi apapun. Selain itu, para malaikat juga akan melingkari dan memohonkan ampun untuknya. Sebagaimana dalam salah satu hadis Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al Quran dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya." (HR. Muslim)

(mdk/jen)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Tips Hafal Al-Quran dengan Cepat dan Efektif, Perjelas Niat
10 Tips Hafal Al-Quran dengan Cepat dan Efektif, Perjelas Niat

Banyak keutamaan yang akan diraih jika seseorang dapat menjadi penghafal Al-Quran.

Baca Selengkapnya
Wanita Muda Ini Beri Tips Cara Mudah Menghafal Alqur'an, Cocok buat Anda yang Sibuk
Wanita Muda Ini Beri Tips Cara Mudah Menghafal Alqur'an, Cocok buat Anda yang Sibuk

Diah tercatat sebagai salah satu mahasiswa aktif di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Baca Selengkapnya
Contoh Idgham Bighunnah dalam Surat Pendek, Berikut Penjelasannya
Contoh Idgham Bighunnah dalam Surat Pendek, Berikut Penjelasannya

Belajar dan mengajarkan Al-Qur'an adalah kewajiban suci lagi mulia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Lengkapi Amalan Harian
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Lengkapi Amalan Harian

Doa setelah membaca surat Al-Waqiah patut untuk Anda ketahui guna memaksimalkan bacaannya.

Baca Selengkapnya
10 Doa Belajar dalam Ajaran Agama Islam, Mudah Dihafal & Bantu Tingkatkan Konsentrasi
10 Doa Belajar dalam Ajaran Agama Islam, Mudah Dihafal & Bantu Tingkatkan Konsentrasi

Berikut kumpulan doa belajar dalam ajaran agama Islam yang mudah dihafal dan membantu meningkatkan konsentrasi.

Baca Selengkapnya
Pengganti Doa Qunut Subuh, Pendek Mudah Dihafalkan
Pengganti Doa Qunut Subuh, Pendek Mudah Dihafalkan

Terdapat bacaan pengganti doa qunut yang bisa diamalkan saat sholat Subuh.

Baca Selengkapnya
Subhanallah, 7 Buah Ini Ternyata Buah Surga dan Ada di Dalam Alquran, Mana yang Sering Kamu Konsumsi?
Subhanallah, 7 Buah Ini Ternyata Buah Surga dan Ada di Dalam Alquran, Mana yang Sering Kamu Konsumsi?

Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi umat Islam, juga menyebutkan berbagai jenis buah-buahan, termasuk tujuh buah surga yang disebutkan sebagai perumpamaan.

Baca Selengkapnya
27 Doa Harian yang Wajib Dihafalkan, Amalkan Secara Rutin
27 Doa Harian yang Wajib Dihafalkan, Amalkan Secara Rutin

Dalam Islam, terdapat beberapa doa harian yang dianjurkan untuk dihafalkan dan diamalkan. Doa ini memiliki makna mendalam dan memperkuat hubungan kepada Allah.

Baca Selengkapnya
Kapan Nuzulul Quran 2024? Catat Tanggalnya & Ketahui 5 Keistimewaan Membaca Al-Quran di Malam Istimewa
Kapan Nuzulul Quran 2024? Catat Tanggalnya & Ketahui 5 Keistimewaan Membaca Al-Quran di Malam Istimewa

Berikut tanggal Nuzulul Quran dan lima keistimewaan membaca Al-Quran di malam tersebut.

Baca Selengkapnya