5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mencegahnya

Rabu, 18 Mei 2022 13:55 Reporter : Jevi Nugraha
5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mencegahnya Ilustrasi ginjal. Shutterstock/Spectral-Design

Merdeka.com - Penyebab gagal ginjal di usia muda perlu diketahui setiap orang. Penyakit gagal ginjal bisa dialami siapa saja, tak terkecuali kalangan anak muda. Gagal ginjal di usia muda jika tidak segera diatasi dapat membahayakan tubuh.

Melansir dari laman Healthline, beberapa gangguan pada ginjal ini menimbulkan beberapa penyakit komplikasi dalam tubuh seperti anemia dan gangguan elektrolit. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung harus terus dilakukan upaya pencegahan sejak dini. Salah satunya dengan menjaga pola makan sehat.

Penyebab gagal ginjal di usia muda yang paling umum adalah terjadinya penumpukan zat mineral yang kemudian menjadi batu ginjal. Kondisi ini sering dipicu karena infeksi saluran kemih dan penyakit asam urat. Berikut sejumlah penyebab gagal ginjal di usia muda yang merdeka.com lansir dari Healthline:

2 dari 3 halaman

Gejala Gagal Ginjal di Usia Muda

ilustrasi ginjal

kenhub.com

Sebelum mengetahui penyebab gagal ginjal di usia muda, alangkah baiknya mengerti gejala gagal ginjal yang biasa terjadi. Secara umum, berikut gejala gagal ginjal di usia muda yang perlu diwaspadai, di antaranya:

Sulit Berkonsentrasi dan Pusing

Apabila ginjal kekurangan suplai oksigen ke seluruh tubuh, terutama otak maka dapat menyebabkan daya ingat menjadi lemah. Sehingga hal ini dapat menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi dan mengalami pusing. Beberapa orang yang memiliki sakit ginjal akan sering merasakan gejala ini.

Terjadi Pembengkakan Bagian Tubuh

Gejala gagal ginjal di usia muda selanjutnya, yaitu adanya pembengkakan pada bagian tubuh. Apabila terjadi kerusakan pada ginjal maka sudah tidak bisa menyaring limbah kotoran dengan baik. Sehingga hal ini menyebabkan protein terbuang ke dalam urin.

Melansir dari laman Healthline, kekurangan protein ini dapat mengakibatkan pembengkakan pada tungkai tangan dan kaki membengkak. Di samping itu, seseorang yang memiliki masalah dengan ginjal maka wajah dan kedua mata akan membengkak. Sehingga pembengkakan ini ditandai sebagai salah satu gejala sakit ginjal.

Mudah Lelah

Salah satu gejala gagal ginjal di usia muda yang kerap dialami penderita adalah badan mudah lelah. Hal ini dipengaruhi karena produksi hormon eritropoietin menjadi menurun. Pasalnya ginjal yang sehat akan terus memproduksi hormon eritropoietin secara teratur, sehingga dapat meningkatkan produksi sel darah merah baru.

Sehingga apabila hormon eritropoietin menurun dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Hal ini akan ditandai dengan tubuh yang akan mudah merasa lelah dan kehilangan semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

3 dari 3 halaman

Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

ilustrasi ginjal
Shutterstock/Spectral-Design

Gagal ginjal adalah kerusakan ginjal berat yang baru terjadi selama beberapa jam atau beberapa hari. Ada beberapa kondisi yang kerap menjadi penyebab gagal ginjal di usia muda, di antaranya:

Penyakit Ginjal sejak Lahir

Penyebab gagal ginjal di usia muda yang umum terjadi adalah adanya penyakit ginjal bawaan lahir. Biasanya, cacat lahir ini berkembang sejak janin masih berkembang dalam rahim ibu hamil.

Adapun penyakit ginjal bawaan lahir yang bisa memicu gagal ginjal di usia muda, yaitu agenesis ginjal, displasia ginjal, sampai ginjal ektopik. Umumnya, kelainan ginjal ini menyebabkan ukuran dan struktur ginjal dari kebanyakan organ normal.

Trauma atau Cedera

Salah satu penyebab gagal ginjal di usia muda yang perlu diwaspadai, yaitu trauma atau cedera. Kondisi terjadi karena kekurangan cairan, pendarahan, kecelakaan, sampai luka bakar. Beberapa kondisi tersebut dapat menyebabkan tekanan darah sangat rendah dan menurunkan aliran darah ke ginjal.

Penyumbatan Saluran Kencing

Penyumbatan saluran kencing juga bisa menjadi penyebab gagal ginjal di usia muda. Penyumbatan saluran kencing ini membuat urine yang harusnya keluar dari tubuh, justru berbalik ke ginjal dan merusak organ vital ini. Untuk itu, menjaga pola hidup sehat sangat penting sejak dini.

Infeksi

Penyebab gagal ginjal di usia muda lainnya, yaitu infeksi bakteri atau virus yang menyerang organ vital ini. Infeksi bakteri Escherichia coli di saluran pencernaan ini bisa membuat racunnya masuk ke dalam darah. Hal ini yang kemudian bisa memicu gagal ginjal.

Sindrom Nefrotik

Selain infeksi, penyakit gagal ginjal di usia muda juga bisa disebabkan oleh sindrom nefrotik. Sindrom ini merupakan sekumpulan gejala yang mengarah pada kerusakan ginjal. Biasanya, sindrom ini disebabkan oleh pertumbuhan jaringan perut di ginjal dan penyakit autoimun.

Cara Mencegah Gagal Ginjal di Usia Muda

Gagal ginjal dapat disebabkan karena beberapa hal seperti infeksi, hipertensi, kolesterol tinggi hingga diabetes. Apabila tidak dilakukan upaya pencegahan, maka penyakit ginjal dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa cara mencegah gagal ginjal di usia muda yang perlu diketahui:

1. Berhenti merokok.

2. Minum air putih secukupnya, setidaknya 7-10 gelas per hari.

3. Istirahat yang cukup.

4. Mengatur pola makan.

5. Hindari obat-obatan terlarang. [jen]

Baca juga:
Diidap 1 dari 10 Orang Dewasa, Menkes Ingatkan Bahaya Penyakit Ginjal Kronis
Tanda Penyakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Tampak pada Mata dan Urine
Ciri-ciri Gagal Ginjal dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai, Kenali Sejak Dini
Dokter Bedah di AS Uji Coba Cangkok Ginjal Babi ke Pasien Manusia
CEK FAKTA: Belum Terbukti Bawang Putih, Bawang Bombai Bisa Sembuhkan Gagal Ginjal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini