5 Macam Poster Berdasarkan Fungsinya, Perlu Diketahui

Sabtu, 18 September 2021 11:25 Reporter : Jevi Nugraha
5 Macam Poster Berdasarkan Fungsinya, Perlu Diketahui Jagalah Kebersihan. pinterest.com

Merdeka.com - Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan poster. Biasanya, poster terpasang di ruang-ruang publik dengan beragam tujuan, seperti kampanye dan iklan layanan masyarakat.

Secara umum, poster merupakan berbentuk selebaran desain grafis yang berisi gambar dan kalimat berisi tentang informasi yang ditujukan kepada orang banyak. Selain memberikan informasi, poster juga bertujuan untuk memengaruhi orang untuk melakukan sesuatu sesuai isi dengan apa yang ada di dalam poster.

Poster sendiri terbagi menjadi beberapa macam dan memiliki tujuan masing-masing. Berikut beberapa macam poster dan fungsinya yang dilansir dari Bola.com:

2 dari 4 halaman

Tujuan Poster

jagalah kebersihan

pinterest.com

Seperti yang sudah diketahui, melalui poster seseorang dapat memberikan suatu informasi penting untuk publik. Bahkan cukup hanya dengan satu poster, dapat memengaruhi suatu presepsi publik. Berikut beberapa tujuan pembuatan berbagai macam poster, di antaranya:

1. Menyampaikan informasi atau pesan kepada masyarakat agar memiliki pengetahui mengenai isi dari poster tersebut.

2. Memengaruhi publik agar mau mengikuti dan melakukan sesuai isi di dalam poster.

3. Mencari perhatian dan simpati publik agar peduli dengan isi pesan dalam poster.

4. Mendapatkan perhatian dari publik mengenai suatu informasi yang ada di poster.

5. Mengingat kembali suatu pesan atau informasi penting kepada publik.

3 dari 4 halaman

Ciri-ciri Poster

jagalah kebersihanpinterest.com

Tidak hanya berupa gambar atau tulisan, berbagai macam poster juga harus didesain semenarik mungkin. Hal ini bertujuan agar pembaca tertarik dan tergugah untuk membaca isi dalam poster tersebut. Secara umum, berikut beberapa ciri-ciri poster, di antaranya:

• Media yang digunakan biasanya terbuat dari kain maupun kertas yang berukuran besar

• Mengandung unsur-unsur yang menarik agar pembaca tergugah untuk membaca isi dalam poster

• Poster diletakkan di tempat yang strategis, agar tujuan pembuatan poster dapat tercapai

• Berisi kalimat yang jelas, singkat, dan mudah dipahami publik

• Desain grafis poster memuat gambar dan huruf dengan warna-warna yang menarik perhatian publik

4 dari 4 halaman

Macam-macam Poster dan Tujuannya

Ada banyak macam-macam poster yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Di mana setiap poster memiliki tujuan yang berbeda-beda atau tergantung dengan tujuannya. Berikut macam-macam poster dan tujuannya:

Poster Kegiatan

Macam-macam poster yang pertama, yaitu poster kegiatan. Jenis poster satu ini berisi informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan. Umumnya, poster kegiatan dilengkapi dengan pengisi acara, waktu, dan tempat diadakan sebuah acara.

Poster kegiatan bertujuan agar orang-orang yang membaca isi informasi tersebut, bisa datang ke tempat acara. Dengan membaca poster kegiatan yang unik dan menarik, dapat memengaruhi pembaca untuk datang ke acara.

Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat berisi informasi seputar berbagai pelayanan pada masyarakat. Tujuan poster ini, yaitu mengedukasi masyarakat terkait informasi penting tertentu, seperti bahaya narkoba, pentingnya vaksin COVID-19, dan lainnya.

Dengan kalimat yang jelas dan singkat, para pembaca akan lebih mudah memahami isi informasi poster tersebut. Sehingga pesan yang disampaikan dalam poster akan sampai ke semua kalangan.

Poster Motivasi

Macam-macam poster selanjutnya, yaitu poster afirmasi atau motivasi. Biasanya, poster ini berisi tentang kata-kata bijak yang mampu memberi motivasi kepada pembaca.

Saat ini, banyak sekali ditemukan poster motivasi di pinggir jalan yang menginspirasi para pembaca. Melalui jenis poster ini, diharapkan mampu menggerakan para pembaca.

Poster Propaganda

Poster juga dapat digunakan sebagai alat propaganda untuk memengaruhi dan menggerakan pembaca. Poster yang berisi tentang suatu ajakan untuk berbuat sesuatu disebut sebagai poster propaganda. Biasanya, jenis poster ini ditemukan pada momen-momen tertentu, seperti perayaan HUT RI.

Poster Kampanye

Salah satu macam poster yang sering kita jumpai adalah poster kampanye. Hampir dapat dipastikan setiap 5 tahun sekali, poster kampanye mudah ditemukan di pinggir jalan. Biasanya, poster ini digunakan oleh para politikus untuk menarik simpati masyarakat agar memilihnya sebagai wakil rakyat saat Pemilu.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini