5 Dampak Kurang Tidur bagi Kesehatan Mental, Sebabkan Stres hingga Kecemasan

Jumat, 23 Oktober 2020 07:40 Reporter : Ayu Isti Prabandari
5 Dampak Kurang Tidur bagi Kesehatan Mental, Sebabkan Stres hingga Kecemasan Ilustrasi kurang tidur. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang harus tercukupi dengan baik. Setiap orang perlu tidur untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas. Kebutuhan tidur setiap orang pun berbeda-beda yaitu tergantung usia seseorang. Secara umum, bagi orang dewasa membutuhkan sekitar 7 sampai 8 jam untuk mendapatkan tidur yang cukup dan ideal.

Jika kebutuhan tidur tidak tercukupi dengan baik, bisa memberikan berbagai macam pengaruh atau dampak buruk bagi kesehatan. Kondisi kurang tidur memang sering kali dikaitkan dengan berbagai macam risiko penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Bukan hanya itu, ternyata juga terdapat beberapa dampak kurang tidur bagi kesehatan mental yang tidak baik.

Orang yang tidak memiliki jam tidur cukup, akan lebih mudah lelah dan tersinggung. Bukan hanya itu, kurang tidur juga menyebabkan berbagai gangguan mental. Seperti perasaan stres hingga dapat menimbulkan kecemasan. Jika hal ini terus dibiarkan, kondisi ini bisa berkembang dan menjadi lebih parah.

Beberapa hal ini dapat memberikan pemahaman pentingnya mendapatkan jam tidur cukup serta dengan kualitas baik. Dilansir dari situs Verywell Mind, berikut kami merangkum beberapa dampak kurang tidur bagi kesehatan mental yang perlu diperhatikan:

Baca Selanjutnya: Stres...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini