25 Kata-kata Bijak Seneca Tentang Kehidupan, Penuh Makna Mendalam

Rabu, 17 Februari 2021 08:45 Reporter : Jevi Nugraha
25 Kata-kata Bijak Seneca Tentang Kehidupan, Penuh Makna Mendalam ilustrasi seneca. britannica.com

Merdeka.com - Lucius Annaeus Seneca atau yang lebih dikenal dengan nama Seneca adalah salah seorang filsuf dan penulis drama yang terkenal di dunia. Filsuf satu ini menjadi tokoh terpenting untuk filsafat selama Kekaisaran Romawi.

Seneca lahir sekitar 4 SM-65 M di Corduba, Spanyol. Terlahir dari keluarga kalangan atas, sejak kecil Seneca sudah mendapatkan pelajaran sastra dan tata bahasa. Adapun pelajaran tentang filsafat ia dapatkan dari seorang Stoic di Athen.

Melansir dari Britannica, Seneca adalah seorang pejabat kekaisaran yang baik, namun mengabdi kepada Kaisar Nero yang keji. Selain itu, beberapa sejarawan juga juga mencatat bahwa ucapan dan tindakan Seneca sering kali bertentangan. Hal inilah yang membuat Seneca dianggap munafik oleh orang-orang pada zamannya.

Terlepas dari kontroversi yang melingkupinya, Seneca adalah salah seorang filsuf terpenting pada zamannya. Melalui karya-karyanya, ia banyak menyelipkan kata-kata bijak yang bisa dijadikan pelajaran hidup. Berikut kata-kata bijak Seneca yang dilansir dari Jagokata:

Baca Selanjutnya: Kata-kata Bijak Seneca tentang Perjuangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini