23 Maret Peringatan Hari Meteorologi Sedunia, Ketahui Sejarah dan Fungsi Pentingnya

Kamis, 23 Maret 2023 06:01 Reporter : Ayu Isti
23 Maret Peringatan Hari Meteorologi Sedunia, Ketahui Sejarah dan Fungsi Pentingnya Ilustrasi cuaca buruk. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/James Thew

Merdeka.com - Seperti diketahui, meteorology adalah salah satu ilmu yang memainkan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Bukan tanpa alasan, ilmu ini berguna untuk memberikan perkiraan cuaca sehari-hari, memberikan perlindungan terhadap cuaca buruk, membantu mengoptimalkan kegiatan pertanian, hingga memberikan informasi penting yang dibutuhkan untuk penerbangan.

Tanpa ilmu ini, maka berbagai kebutuhan informasi tentang kondisi atmosfer yang mempengaruhi lingkungan dan kehidupan manusia tidak dapat tersedia dengan baik. Bahkan, ini dapat mempengaruhi berbagai kegiatan yang membutuhkan informasi detail tentang cuaca dan kondisi alam lainnya.

Untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ilmu meteorologi dalam kehidupan sehari-hari, kemudian dibentuk peringatan khusus yaitu Hari Meteorologi Sedunia setiap 23 Maret. Tepat pada hari ini, Hari Meteorologi Sedunia menjadi peringatan yang ke-62 tahun.

Tentu, ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang meteorologi dan fungsi pentingnya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana sejarah peringatan Hari Meteorologi Sedunia dan tujuannya.

Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum berbagai informasi tentang peringatan 23 Maret sebagai Hari Meteorologi Sedunia, perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Meteorologi Sedunia

Sejarah Hari Meteorologi Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1961, tepatnya tanggal 23 Maret. Tanggal ini dipilih tidak lain bertepatan dengan tanggal dibentuknya Organisasi Meteorologi Dunia pada tahun 1950.

Secara umum, peringatan ini memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya meteorology dalam kehidupan sehari-hari. Sejak diperingati pertama kali, Hari Meteorologi Sedunia mengangkat beragam tema yang dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas pada masyarakat tentang berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu meteorologi.

Ilmu meteorologi telah dipelajari selama ribuan tahun. Namun, baru sejak abad ke-18 kemajuan signifikan telah dicapai dalam meteorologi. Berkat komputer dan satelit di abad ke-20, keakuratan prediksi cuaca telah meningkat pesat. Sebelum penggunaan komputer, peramalan cuaca sangat bergantung pada data historis.

Sebagian dari Anda, mungkin mengeluh bahwa peramal cuaca sepertinya selalu membuat prediksi yang salah. Namun, berkat kemajuan sains dan teknologi, ahli meteorologi menjadi lebih akurat dari sebelumnya. Secara umum, keakuratan ramalan 24 jam adalah 95 persen. Tingkat akurasi untuk perkiraan 5 hari adalah sekitar 75 persen. Berkat prakiraan cuaca yang akurat, ahli meteorologi dapat memperingatkan orang-orang tentang badai berbahaya dan bencana alam yang akan datang.

3 dari 4 halaman

Pentingnya Peringatan Hari Meteorologi Sedunia

Setelah mengetahui sejarah 23 Maret yang diperingati sebagai Hari Meteorologi Sedunia, berikutnya Anda perlu memahami berbagai alasan penting mendasari peringatan ini. Hari Meteorologi Sedunia menjadi peringatan penting karena dapat membantu manusia dalam merencanakan kegiatan.

Di mana ilmu ini menyajikan informasi tentang perkiraan cuaca sehari-hari, yang membantu Anda untuk menyesuaikan pakaian yang akan dikenakan hingga antisipasi yang tepat jika hendak beraktivitas di luar ruangan.

Peringatan ini juga penting karena ilmu meteorologi membantu melacak kerusakan iklim yang terjadi di bumi. Mulai dari masalah perubahan permukaan laut, fluktuasi suhu, dan peningkatan kadar gas rumah kaca di atmosfer. Informasi ini sangat penting untuk membantu manusia memahami krisis lingkungan.

Terakhir, peringatan ini penting karena dapat membantu memberikan peringatan dini terhadap berbagai bencana alam. Setiap organisasi meteorologi di berbagai negara, berusaha sebaik mungkin menyajikan informasi hingga himbauan tentang risiko bencana yang dapat terjadi. Sehingga masyarakat bisa melakukan berbagai langkah pencegahan untuk menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi.

4 dari 4 halaman

Fungsi Penting Ilmu Meteorologi

Setelah mengetahui sejarah dan alasan penting dari peringatan Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret, terakhir akan dijelaskan berbagai fungsi penting ilmu meteorologi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti disebutkan, ilmu ini sangat berperan penting dalam menyediakan informasi ramalan cuaca, perlindungan terhadap cuaca buruk, pertanian, transportasi, hingga lingkungan.

Berikut beberapa fungsi penting ilmu meteorologi dalam kehidupan sehari-hari yang perlu Anda ketahui:

  • Ramalan cuaca: Meteorologi digunakan untuk memprediksi cuaca dan memberikan informasi tentang kondisi cuaca yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi ini dapat membantu orang merencanakan aktivitas sehari-hari, seperti bepergian atau merencanakan acara outdoor.
  • Perlindungan terhadap cuaca buruk: Meteorologi digunakan untuk memberikan peringatan dini tentang cuaca buruk, seperti badai atau banjir, sehingga orang dapat mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri dan properti mereka.
  • Pertanian: Meteorologi dapat membantu petani dalam menentukan waktu tanam dan panen yang tepat, serta memonitor kelembapan tanah dan suhu untuk memastikan kesehatan tanaman.
  • Transportasi: Meteorologi dapat mempengaruhi transportasi, seperti penerbangan dan transportasi laut. Dengan informasi cuaca yang tepat, pengaturan jadwal dan rute transportasi dapat disesuaikan dengan kondisi cuaca.
  • Energi: Meteorologi dapat membantu dalam pengelolaan sumber daya energi, seperti energi angin dan surya. Informasi tentang kecepatan dan arah angin, serta intensitas sinar matahari dapat digunakan untuk mengoptimalkan produksi energi.
  • Lingkungan: Meteorologi memainkan peran penting dalam pemahaman dan pemantauan dampak perubahan iklim pada lingkungan. Hal ini dapat membantu kita dalam merencanakan tindakan untuk mengurangi dampak perubahan iklim pada lingkungan dan kehidupan manusia.

Kesimpulannya, ilmu meteorologi adalah ilmu yang sangat penting dan relevan dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki banyak aplikasi praktis dalam berbagai aspek kehidupan kita.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini