11 Wisata Kuliner Malang Populer dan Legendaris, Wajib Dicoba

Rabu, 28 April 2021 18:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
11 Wisata Kuliner Malang Populer dan Legendaris, Wajib Dicoba Ilustrasi rawon daging. © iStock

Merdeka.com - Malang merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai tempat wisata menarik. Mulai dari Jatim Park dengan berbagai permainan wahananya, Kebun Apel Malang dengan pengalaman memetik buah apel langsung dari pohonnya, hingga Gunung Bromo dengan pemandangan alam eksotis. Tidak heran, jika Malang menjadi salah satu kota yang selalu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Selain terdapat berbagai macam tempat wisata menarik, Malang juga mempunyai beragam wisata kuliner yang lezat dan menggugah selera. Terdapat beberapa wisata kuliner Malang yang populer dan legendaris sejak zaman dulu. Sebut saja Pecel Kawi Hj. Musilah, Putu Lanang Celaket, atau Toko Oen. Beberapa tempat makan ini memang sudah ada sejak lama dan masih bertahan hingga sekarang.

Bukan hanya itu, terdapat beberapa wisata kuliner Malang lain yang tak kalah populer dan selalu ramai pengunjung. Jika Anda berencana berkunjung ke Malang, beberapa tempat makan berikut bisa menjadi rekomendasi Anda untuk mencicipi lezatnya kuliner khas Kota Apel ini. Berbagai wisata kuliner Malang ini pun termasuk murah dan terjangkau. Sehingga ini bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin mengeksplor kuliner-kuliner khas kota Malang.

Melansir dari Liputan6.com, berikut kami merangkum beberapa wisata kuliner Malang populer dan legendaris yang bisa menjadi rekomendasi Anda.

2 dari 12 halaman

Pecel Kawi Hj. Musilah

pecel madiun
©2020 Merdeka.com/resepkoki.co

Wisata kuliner Malang populer yang pertama adalah Pecel Kawi Hj. Musilah. Ini merupakan warung nasi yang menyajikan nasi pecel dengan bumbu khas dan lezat. Warung pecel ini sudah dibuka sejak tahun 1975 dan masih bertahan hingga sekarang.

Meskipun sudah termasuk kuliner lama, namun Pecel Kawi Hj. Musilah ini mempunyai banyak penggemar dan tidak pernah sepi pengunjung. Jika Anda tertarik, Anda bisa datang langsung ke warung Pecel Kawi Hj. Musilah yaitu di Jalan Kawi No.43, Kota Malang.

3 dari 12 halaman

Sego Resek

Wisata kuliner Malang berikutnya adalah Sego Resek. Di sini, Anda bisa menyantap nasi dengan berbagai macam hidangan lauk, seperti kecambah, daun bawang, kubis, telur, hingga suwiran daging dan potongan jeroan yang membuat sajian semakin lengkap. Ini termasuk salah satu kuliner khas kota Malang yang patut Anda coba saat berkunjung ke sana.

4 dari 12 halaman

Putu Lanang Celaket

kue putu ayu
©2020 Merdeka.com/ instagram liena.yulia

Wisata kuliner Malang selanjutnya adalah Putu Lanang Celaket. Di sini, Anda bisa menikmati sajian kue putu terbaik dan terpopuler di Kota Malang. Kue Putu Lanang Celaket ini mempunyai cita rasa gurih dan manis yang pas.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati camilan tradisional lainnya seperti kue cenil dan lupis yang lezat. Ini juga termasuk salah satu wisata kuliner Malang yang legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1935.

5 dari 12 halaman

Sate Gebug

Wisata kuliner Malang rekomendasi berikutnya adalah Sate Gebug. Dinamakan sate gebug, karena sate ini diolah dengan daging ayam yang yang digebug atau dipukul terlebih dahulu sebelum dibakar.

Berbeda dengan sajian sate pada umumnya, sate gebug ini mempunyai ukuran yang besar dan terbuat dari daging sapi. Selain rasanya yang gurih dan manis, sate ini juga mempunyai tekstur yang lembut dan empuk. Jika Anda berkunjung ke Malang, kuliner sate gebug tidak boleh Anda lewatkan.

6 dari 12 halaman

Sate Landak

ilustrasi sate kambing
©Wallpaper Flare

Wisata kuliner Malang jenis sate selanjutnya adalah Sate Landak. Sate landak ini terbuat dari daging landak yang diolah dengan berbagai bumbu sehingga mempunyai cita rasa gurih dan tekstur yang empuk.

Salah satu kuliner sate landak yang populer di Kota Malang adalah Sate Landak Bu Ria yang berlokasi di Jalan Raya Bugis 47, Saptorenggo, Pakis, Malang. Selain sajian sate landak, di sini Anda juga bisa menyantap berbagai menu lezat lainnya seperti tongseng dan rica-rica.

7 dari 12 halaman

Toko Oen

Toko Oen juga termasuk salah satu pilihan wisata kuliner Malang populer dan legendaris yang patut dicoba. Toko Oen merupakan kedai tertua yang ada di kota Malang. Kedai ini menyajikan kuliner khas Eropa yang dibuat dari resep yang tidak berubah sejak zaman dahulu.

Selain menikmati berbagai makanan khas Eropa, Anda juga bisa menyantap hidangan es krim lezat berbagai varian rasa. Mulai dari es krim cokelat, vanilla, hingga kombinasi dari berbagai macam rasa. Jika Anda sedang berkunjung ke Malang, maka wajib mencoba lezatnya menu Eropa dan es krim khas Toko Oen.

8 dari 12 halaman

Bakso President

ilustrasi bakso malang
©Shutterstock

Wisata kuliner Malang populer berikutnya adalah Bakso President. Bakso Presiden ini merupakan tempat makan terkenal dengan berbagai macam sajian bakso yang menggugah selera. Mulai dari bakso urat, bakso telur, bakso goreng, bakso udang, hingga tahu siomay.

Warung makan bakso ini sudah berdiri sejak 1977 dan masih populer hingga saat ini. Jika Anda tertarik, langsung saja datang ke Warung Bakso Presiden yang terletak di Jalan Batanghari No.5, tepatnya di belakang Hotel Savana, Malang.

9 dari 12 halaman

Cwie Mie

Wisata kuliner Malang yang tak kalah menarik berikutnya adalah Cwie Mie. Cwie Mie merupakan sajian mi tipis yang diolah dengan minyak ayam dan disajikan dengan ayam cincang, sawi rebus, barang goreng, acara timun, dan kerupuk pangsit.

Ini menjadi salah satu kuliner khas Malang yang patut Anda coba jika berkunjung ke kota ini. Anda pun bisa menemukan berbagai warung makan yang menyajikan Cwie Mie dengan mudah di Malang.

10 dari 12 halaman

Angsle dan Ronde Titoni

001 mohamad taufik
©2015 Merdeka.com/Astri Agustina

Angsle dan Ronde Titoni menjadi salah satu rekomendasi wisata kuliner Malang yang bisa Anda coba berikutnya. Sesuai dengan namanya, warung ini menyajikan berbagai sajian wedang ronde. Mulai dari ronde basa, ronde kering, ronde kacang kua, hingga angsle.

Warung ronde ini juga termasuk wisata kuliner legendaris karena sudah ada sejak tahun 1948. Bertempat di dekat alun-alun Malang, Anda bisa menikmati hangatnya wedang ronde sambil melihat pemandangan kota Malang di malam hari. Selain wedang ronde, Anda juga bisa mencicipi sajian roti goreng yang lezat.

11 dari 12 halaman

Rawon Nguling

Wisata kuliner Malang yang tak kalah lezat berikutnya adalah Rawon Nguling. Warung Rawon Brintik yang berlokasi di Jalan K H. Ahmad Dahlan 39, Malang, ini sudah ada sejak tahun 1942. Ini termasuk salah satu warung rawon legendaris yang patut Anda coba saat berkunjung ke Malang.

Salah satu keunikan rawon di warung ini adalah kuahnya yang berwarna hitam namun tidak terlalu pekat dan berlemak. Sehingga Anda bisa menimkati kesegaran kuah rawon gurih dengan potongan daging yang lembut dan menggugah selera.

12 dari 12 halaman

Bakpao Boldy

ilustrasi bakpao
©Pexels/bongkarn thanyakij

Wisata kuliner Malang yang terakhir namun tidak kalah menarik adalah Bakpao Boldy. Kuliner Bakpao Boldy ini sudah berdiri sejak tahun 1950, hingga kini Bakpao Boldy masih menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan untuk berkuliner di Kota Malang.

Di sini, Anda bisa mencicipi lembut dan manisnya kue bakpao dengan berbagai cita rasa. Mulai dari bakpao isi ayam cincang, ayam kecap, daging babi kecap, kacang hijau, hingga isi kacang tanah yang dibuat menjadi selai pasta manis. Berbagai sajian bakpao ini sangat cocok disantap bersama teh hangat.

[ayi]
{paging_intro} {paging_nav}
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini