Jokowi Yakin Banjir Jakarta Hilang, Asal Proyek Ini Segera Selesai

Selasa, 24 Januari 2023 13:30 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Jokowi Yakin Banjir Jakarta Hilang, Asal Proyek Ini Segera Selesai Presiden Jokowi meninjau proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung. ©2023 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan sejumlah langkah bila Jakarta ingin bebas dari banjir. Menurut dia, penanganan banjir Jakarta harus dilakukan dari hulu ke hilir.

Di hulu, pemerintah telah merampungkan proyek bendungan Ciawi dan Sukamahi. Kemudian, di hilir ada sodetan Kali Ciliwung yang harus segera dirampungkan.

Jokowi melanjutkan, langkah berikutnya adalah menormalisasi sungai-sungai di Jakarta dan memaksimalkan fungsi pompa-pompa.

"Normalisasi sungai-sungai yang ada kali Pesanggrahan, kali Angke, kali Cipinang dan kali-kali yang lainnya juga harus dinormalisasi kalau kita ingin Jakarta tidak banjir," kata Jokowi usai meninjau sodetan Ciliwung-KBT di Jakarta, Selasa (24/1).

Kemudian, kata Jokowi, Jakarta juga masih berada dalam ancaman banjir rob di pesisir utara. Salah satu solusinya adalah giant sea wall atau tanggul laut raksasa.

Eks Wali Kota Solo ini meminta kepada PJ Gubernur DKI Heru Budi Hartono untuk menyelesaikan tanggul laut agar wilayah utara terbebas dari banjir rob.

"Plus yang di utara banjir rob baik dengan tanggul laut maupun dengan giant sea wall itu jg harus segera dimulai. Saya sudah perintahkan ke Gubernur DKI," tutup Jokowi.

2 dari 2 halaman

Diketahui, Pemerintah DKI Jakarta sedang membangun tanggul di wilayah utara pesisir Jakarta. Pembangunan tanggul raksasas itu untuk mengantisipasi rob ini akan terus berjalan sampai 2027.

Tanggul yang sedang dibangun sepanjang 22,5 km. Pemerintah DKI Jakarta memiliki kewajiban untuk memenuhi pembangunan 11 km tanggul. Saat ini sudah terselesaikan 0,5 km, dan tahun 2022 ditambah lagi 1,59 km.

Sementara sisanya akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kementerian PUPR akan menyelesaikan tanggul di utara Jakarta itu sampai 2024.

Pemprov DKI Jakarta mengestimasi anggaran dibutuhkan Rp1,38 triliun untuk 8,3 kilometer dari total 11,1 kilometer pengerjaan tanggul. [ray]

Baca juga:
Jokowi Sindir Proyek Mangkrak 6 Tahun, di Tangan Pj Gubernur Heru Langsung Selesai
Antisipasi Longsor, Bantaran Kali Kramat Jati Diturap
Antisipasi Banjir, BPBD DKI Siagakan 267 Tim Reaksi Cepat di Tiap Kelurahan
Pemprov Janji Proyek 942 buat Pengendalian Banjir Jakarta Bisa Rampung April 2023
Pemprov DKI Anggarkan Rp135 Miliar untuk Pembangunan Tebing Kali

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini