6 Sikap Jokowi-Ahok mirip Soekarno tolak dominasi asing

Kamis, 6 Juni 2013 09:09 Reporter : Nurul Julaikah, Muhammad Sholeh
6 Sikap Jokowi-Ahok mirip Soekarno tolak dominasi asing Soekarno-Jokowi. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam beberapa kasus, duet Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Jokowi-Ahok kerap menyampaikan pernyataan yang tegas menolak bantuan asing. Yang terbaru, Jokowi menolak bantuan Dubes Amerika Serikat untuk proyek kampung deret. Berani dan tegas terhadap asing ini mirip dengan langkah Presiden pertama Indonesia Soekarno. Soekarno/'>Bung Karno, sapaan akrab Soekarno, pernah menolak bantuan dari Amerika Serikat.

"Go to the hell with your aid (pergilah ke neraka dengan bantuanmu)," ujar Soekarno/'>Bung Karno yang kesal dengan pemerintah Amerika.

Kala itu, Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi karena pemerintah terlalu terfokus dalam ranah politik dan kurang memperhatikan masalah ekonomi dalam negeri. Melihat hal itu, pemerintah Amerika Serikat mencoba menawarkan bantuan agar Indonesia dapat mengatasi krisis tersebut. Soekarno/'>Bung Karno dengan tegas menolak.

Direktur Utama LIMA, Ray Rangkuti menilai, sosok Joko Widodo sebagai pemimpin DKI Jakarta menunjukkan kepeloporannya dalam menegakkan kemandirian bangsa dan melawan dominasi asing dalam perekonomian nasional.

"Jokowi pernah menyatakan tegas terhadap proyek utang sebesar 1,2 Miliar untuk proyek Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI), bahkan Jokowi juga menolak untuk mengeluarkan obligasi. Ini patut diapresiasikan," katanya dalam acara diskusi bertajuk "Jokowi Melawan Asing, Saatnya menegakkan kemandirian bangsa" di daerah Tebet, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut Ray, keadaan seperti ini menjadi pionir di tengah para kepala daerah, menteri dan presiden yang justru dilanda kecanduan utang sehingga menumpuknya hutang negara sampai Rp 2.000 triliun dan memperbesar intervensi asing dalam perekonomian nasional.

Ray berujar, ini adalah kali pertama setelah Rezim Orde Baru, ada pemerintah daerah, dalam hal ini DKI Jakarta, yang menyatakan tidak akan ada bantuan asing yang mendikte.

"Sudah lama kita tidak mendengar hal seperti yang dicita-citakan Founding Father kita yang tidak akan bergantung pada asing. Lebih dari 40 tahun sejak Soekarno menyatakan Indonesia harus merdeka sepenuh-penuhnya pada tangan dan kaki rakyatnya. Bukan pada asing," paparnya. Berikut ini, 6 sikap Jokowi tegas terhadap asing seperti dirangkum merdeka.com:

Topik berita Terkait:
  1. Jokowi Ahok
  2. Bung Karno
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini