Syariah Adalah Perintah Allah, Berikut Penerapannya dalam Dunia Perbankan

Senin, 28 Desember 2020 07:51 Reporter : Novi Fuji Astuti
Syariah Adalah Perintah Allah, Berikut Penerapannya dalam Dunia Perbankan Bank Syariah. ©wordress.com

Merdeka.com - Syariah memiliki banyak arti, salah satu di antaranya berarti ketetapan dari Allah bagi hamba-hamba-Nya atau segala hal yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dalam bentuk wahyu yang ada dalam Alquran dan sunnah. Semula kata syariah berarti "jalan menuju ke sumber air", yakni jalan ke arah sumber kehidupan.

Semula kata syariah diartikan dengan agama dan pada akhirnya syariat ditunjukkan khusus untuk praktik agama. Penunjuk ini dimaksudkan untuk membedakan antara agama dan syariah. Pada akhirnya, agama itu satu dan berlaku secara universal, sedangkan syariah berbeda antara umat yang satu dengan umat lainnya.

Sedangkan dalam perkembangan selanjutnya, kata syariah digunakan untuk menunjukkan hukum-hukum Islam, baik yang ditetapkan langsung oleh Alquran dan Sunnah, maupun yang telah dicampuri pemikiran manusia (ijtihad).

Penerapan syariah telah menyentuh banyak aspek kehidupan manusia salah satunya dalam aspek ekonomi dalam bidang perbankan. Lebih jauh berikut ini informasi mengenai syariah adalah perintah Allah, lengkap dengan penerapannya dalam dunia perbankan telah dirangkum dari Liputan6.com:

2 dari 3 halaman

Pengertian Syariah Menurut Para Ahli

1. Fyzee (1965)

Pengertian syariah adalah sama dengan yang diambil dalam istilah bahasa Inggris yang disebut sebagai Canon of Law. Canon of Law sendiri memiliki makna keseluruhan perintah Tuhan sehingga setiap perintah-perintah tersebut dinamakan dengan hukum. Perlu diketahui bahwa hukum Allah tidaklah mudah untuk dimengerti, sedangkan syariah sendiri sudah meliputi seggala tingkah laku pada manusi.

2. Hanafi (1984)

Syariah menurut Hanafi adalah hukum-hukum yang diadakan oleh Tuhan untuk para hamba-Nya melalui salah seorang Nabi-Nya, baik hukum tersebut berkaitan dengan cara mengadakan perbuatan yang disebut sebagai hukum cabang atau amalan.

3. Amir Syarifuddin (1999)

Syariah disamakan dengan jalan air mengingat bahwa barang siapa yang mengikuti syariah, ia akan mengalir dan bersih jiwanya. Allah menjadikan air sebagai penyebab kehidupan tumbuh-tumbuhan dan hewan sebagaimana menjadikan syariah sebagai penyebab kehidupan jiwa manusia.

3 dari 3 halaman

Penerapan Syariah dalam Dunia Perbankan

Bank syariah adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, yaitu aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam antara bank dan pihak lain untuk penyimpanan dana dan atau pembiayaan kegiatan usaha, atau kegiatan lainnya yang dinyatakan sesuai dengan syariah. Bank syariah atau kerap disebut Islamic Bank di negara lain, berbeda dengan bank konvensional pada umumnya.

Perbedaan utamanya terletak pada landasan operasi yang digunakan. Kalau bank konvensional beroperasi berlandaskan bunga, bank syariah beroperasi berlandaskan bagi hasil, di tambah dengan jual beli dan sewa. Hal ini tak lain didasarkan pada keyakinan bahwa bunga mengandung unsur riba yang dilarang oleh agama Islam.

Di Indonesia, bank syariah telah muncul semenjak awal 1990-an dengan berdirinya Bank Muamalat Indonesia. Kemudian secara perlahan bank syariah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang menghendaki layanan jasa perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah agama Islam yang dianutnya.

Bank syariah mulai pesat semenjak era reformasi pada akhir 1990-an setelah pemerintah dan Bank Indonesia memberikan komitmen besar dan menempuh berbagai kebijakan untuk mengembangkan bank syariah, khususnya sejak adanya perubahan undang-undang perbankan dengan UU No.10 tahun 1998.

Adapun ciri-ciri bank syariah dapat dilihat dari prinsip dasar pelaksanaan usahanya yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam seperti:

  • Bebas dari bunga atau riba
  • Bebas dari kegiatan spekulatif yang non produktif seperti perjudian atau maysir
  • Bebas dari hal-hal yang tidak jelas dan meragukan atau gharar
  • Bebas dari hal-hal yang rusak atau tidak sah atau bathil
  • Hanya membiayai kegiatan usaha yang halal
[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bank Syariah
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini