Perilisan Abbey Road pada 26 September 1969, Album Terakhir yang Direkam The Beatles

Senin, 26 September 2022 05:00 Reporter : Andre Kurniawan
Perilisan Abbey Road pada 26 September 1969, Album Terakhir yang Direkam The Beatles The Beatles. thebeatles.rockvalhalla.com

Merdeka.com - Jika Anda seorang penikmat musik mungkin sudah tak asing dengan band The Beatles, yang lagu-lagunya begitu populer, bahkan hingga kini. Band ini telah mengeluarkan banyak lagu dan album melegenda, salah satunya adalah album Abbey Road.

Abbey Road adalah album studio The Beatles yang kesebelas. Album ini pertama kali dirilis pada 26 September 1969 di Inggris oleh Apple Records dan pada 1 Oktober 1969 di Amerika Serikat oleh Capitol Records.

Sesi rekaman untuk album ini adalah yang terakhir di mana keempat anggota Beatles berpartisipasi. Meskipun Let It Be adalah album terakhir yang diselesaikan oleh band ini sebelum pembubarannya pada April 1970, sebagian besar album telah direkam sebelum sesi Abbey Road dimulai.

Abbey Road pada dasarnya adalah album rock yang menggabungkan genre seperti blues, pop, dan rock progresif, dan menonjolkan penggunaan synthesizer Moog dan speaker Leslie. Foto sampul dari album ini menampilkan empat anggota Beatles berjalan melintasi zebra cross di luar EMI Studios, telah menjadi salah satu gambar paling terkenal dan paling banyak ditiru.

2 dari 4 halaman

Tentang Abbey Road

Meski Abbey Road adalah album rock, album ini juga menggabungkan genre seperti blues, pop, dan rock progresif dan menonjolkan penggunaan synthesizer dan speaker Leslie. Melansir dari beatles.fandom.com, album ini juga terkenal karena memiliki medley lagu yang panjang di sisi dua, yang kemudian di-cover sebagai satu suite oleh artis terkenal lainnya.

Album ini direkam dalam suasana yang lebih bersahabat antar anggotanya daripada di saat sesi Get Back / Let It Be di awal tahun, meski masih ada konfrontasi signifikan di dalam band.

Pada saat album dirilis, John Lennon telah meninggalkan grup, meskipun hal ini tidak diumumkan secara terbuka sampai Paul McCartney juga keluar pada tahun berikutnya. Meskipun album ini sukses secara komersial, namun album ini juga menerima tinjauan yang beragam.

Beberapa kritikus menganggap musiknya tidak autentik dan mengkritik efek buatan produksi. Sebaliknya, para kritikus saat ini memandang album tersebut sebagai salah satu album terbaik The Beatles dan menempatkannya sebagai salah satu album terhebat sepanjang masa. Dua lagu George Harrison di album, "Something" dan "Here Comes The Sun", dianggap sebagai beberapa yang terbaik yang dia tulis untuk band tersebut.

Sampul album, yang menampilkan para anggota The Beatles yang berjalan melintasi zebra cross di luar Abbey Road Studios, menjadi salah satu yang paling terkenal dan paling banyak ditiru dalam sejarah rekaman musik. Abbey Road pun dikenal menjadi album terlaris The Beatles.

3 dari 4 halaman

Lagu dalam Album

Album dibuka dengan lagu berjudul "Come Together", yang ditulis oleh John Lennon. Lagu ini terinspirasi oleh lagu kampanye yang sebagian ditulis Lennon untuk Timothy Leary.

Come Together, di awal, adalah lagu yang tidak masuk akal. Come Together dirilis sebagai single dengan "Something".

"Her Majesty" terkenal sebagai lagu tersembunyi pertama. Hal itu terjadi secara tidak sengaja, karena dipotong dari master tape kasar atas perintah Paul McCartney, meski teknisi yang melakukan ini telah diinstruksikan untuk tidak pernah membuang materi Beatles, jadi dia menyambungkannya ke akhir rekaman, didahului oleh ~12 detik leader tape. Pencetakan awal album tidak mencantumkan lagu ini.

4 dari 4 halaman

Track

Hampir semua lagu dalam album Abbey Road ditulis oleh Lennon/McCartney, meski ada beberapa yang ditulis oleh orang lain.

Side One:

• "Come Together" - 4:20
• "Something" (George Harrison) - 3:03
• "Maxwell's Silver Hammer" - 3:27
• "Oh! Darling" - 3:26
• "Octopus's Garden" (Richard Starkey) - 2:51
• "I Want You (She's So Heavy)" - 7:47

Side Two:

• "Here Comes the Sun" (Harrison) - 3:05
• "Because" - 2:45
• "You Never Give Me Your Money" - 4:02
• "Sun King" - 2:26
• "Mean Mr. Mustard" - 1:06
• "Polythene Pam" - 1:12
• "She Came in Through the Bathroom Window" - 1:57
• "Golden Slumbers" - 1:31
• "Carry That Weight" - 1:36
• "The End" - 2:19
• "Her Majesty" - 0:23

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini