Perbedaan Visi dan Misi yang Wajib Diketahui, Jangan Sampai Keliru

Rabu, 10 Juni 2020 17:02 Reporter : Novi Fuji Astuti
Perbedaan Visi dan Misi yang Wajib Diketahui, Jangan Sampai Keliru Ilustrasi bekerja. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Visi dan misi merupakan suatu kata yang mungkin tidak asing lagi bagi kita semua. Kita kerap mendengarnya entah di sekolah, di tempat kerja atau di instansi pemerintah.

Kita juga pasti sering mendengar visi dan misi diucapkan oleh orang yang hendak mencalonkan diri dalam pemilu. Biasanya visi misi disampaikan untuk menggambarkan rencana yang akan menjadi tujuan instansi maupun kepentingan seseorang ke depannya.

Meskipun sering mendengar visi misi, banyak dari kita yang masih sering tak bisa membedakan antara visi dan misi. Tak hanya itu barang kali sebenarnya kita pun tidak mengerti pengertian yang benar mengenai visi dan misi itu sendiri.

Maka dari itu agar pemahaman mengenai visi dan misi tidak keliru baiknya kamu mengetahui tentang pengertian dan juga perbedaan antara visi dan Misi. Berikut ini perbedaan visi dan misi yang wajib diketahui telah dirangkum merdeka.com dari liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Pengertian Visi

Sebenarnya arti kata visi lebih berorientasi ke depan. Perbedaan visi dan misi yang pertama yaitu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) visi bermakna kepada penglihatan; pengamatan, kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan, kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan atau wawasan ke depan.

Sedangkan secara umum visi itu merupakan serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah keinginan sekelompok orang atau secara pribadi dengan pandangan yang jauh ke masa depan demi mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Pada dasarnya visi dijadikan sebagai panutan gambaran akan situasi dan karakteristik mengenai arah kemana tujuan perjalanan selanjutnya. Sehingga dengan adanya visi bisa menjadi alarm untuk selalu mampu eksis, antisipatif dan inovatif.

Visi itu dapat berubah dan berkembang sesuai pengaruh dan perkembangan zaman yang tidak bisa diprediksi kedepannya. Maka dari itu visi sering kali tidak ditulis secara detail, namun digambarkan menerangkan detail gambaran sistem yang menjadi tujuannya.

Oleh karena itu ada beberapa syarat sebuah kata atau kalimat bisa dikatakan memenuhi kriteria visi yaitu tidak dibuat berdasarkan kondisi pada saat ini, berorientasi ke depan dan mengekspresikan kreativitas dan berdasarkan pada prinsip nilai-nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

3 dari 4 halaman

Pengertian Misi

Makna kata misi lebih fokus ke bagaimana langkah-langkah demi mencapai visi yang sudah ditentukan. What be believe we can do atau apa yang bisa dipercaya, akan bisa kita lakukan. Itulah perbedaan Perbedaan visi dan misi jika di artikan secara harafiah.

Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan suatu visi yang telah dibuat. Misi itu ibarat langkah-langkah kecil yang dibagi untuk mempermudah serta bentuk usaha nyata dalam memberikan arah sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan.

Dengan kata lain, arti misi adalah prioritas, metode, atau nilai-nilai kerja yang menjadi landasan untuk memberi petunjuk garis besar dalam mewujudkan sebuah visi. Walaupun perbedaan visi dan misi cukup membuat kita bingung, namun misi dan visi merupakan suatu kesatuan yang harus seiring sejalan.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Visi dan Misi

  • Visi dibuat untuk masa depan dan bersifat secara umum. Misi dibuat untuk masa kini atau saat ini dan bersifat lebih detail atau khusus.
  • Visi adalah tujuan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukan. Misi adalah langkah, bentuk atau cara serta bagaimana untuk mewujudkannya.
  • Visi terdiri dari beberapa kalimat atau pernyataan biasanya satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili segalanya. Misi terdiri dari sejumlah kalimat atau pernyataan yang dapat menjelaskan tujuan. Biasanya terdiri dari beberapa kalimat penjabaran atau berbagai macam poin yang lebih banyak dari visi.
  • Visi adalah gambaran besar atau gambaran secara keseluruhan apa yang diinginkan. Misi adalah Penjabaran apa yang akan dilakukan untuk mencapai atau mewujudkan visi.
  • Visi lebih bersifat jangka panjang. Misi dapat dilakukan segera dan secepatnya.

Jadi, dapat disimpulkan perbedaan visi dan misi adalah bayangan dan cara kita melihat gambaran suatu tujuan pada masa depan, sedangkan misi adalah cara dan langkah langkah yang bisa kita lakukan saat ini juga demi mewujudkan visi yang sudah kita rencanakan.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini