Mengenal Organic Mental Disorder, Berikut Gejala dan Penyebabnya

Senin, 24 Oktober 2022 15:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenal Organic Mental Disorder, Berikut Gejala dan Penyebabnya Ilustrasi sedih. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Menjaga kesehatan menjadi salah satu hal paling penting yang perlu menjadi perhatian setiap orang. Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga setiap hari. Menjaga kesehatan mental menjadi penting sebab jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidup bisa menurun.

Pentingnya menjaga kesehatan mental karena kesehatan mental dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari individu. Jika kesehatan mental terganggu, emosinya menjadi tidak stabil, sering merasa lelah, jenuh, pusing, dan tidak mampu bersosialisasi dengan baik. Untuk itu, setiap individu wajib memahami pentingnya menjaga kesehatan mental.

Upaya dasar yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan mengetahui beberapa jenis gangguan mental salah satunya adalah Organic Mental Disorder. Berikut informasinya lengkap dengan gejala dan penyebabnya telah dirangkum merdeka.com melalui healthline dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 4 halaman

Apa itu Organic Mental Disorder?

Organic Mental Disorder atau lebih dikenal dengan Gangguan Mental Organik (GMO) merupakan suatu gangguan mental yang secara patologi bisa dijelaskan misalnya tumor otak, penyakit serebrovaskuler, atau intoksikasi obat. Organic Mental Disorder adalah gangguan jiwa yang psikotik atau psikotik yang disebabkan oleh gangguan fungsi jaringan otak.

Gangguan fungsi jaringan otak ini dapat disebabkan oleh penyakit badaniah yang terutama mengenai otak atau yang terutama di luar otak. Bila bagian otak yang terganggu itu luas, maka gangguan dasar mengenai fungsi mental sama saja, tidak tergantung pada penyakit yang menyebabkannya bila hanya bagian otak dengan fungsi tertentu saja yang terganggu, maka lokasi inilah yang menentukan gejala dan sindroma, bukan penyakit yang menyebabkannya.

Adapun pembagian menjadi psikotik dan tidak psikotik lebih menunjukkan kepada berat gangguan otak pada suatu penyakit tertentu dari pada pembagian akut dan menahun.

3 dari 4 halaman

Gejala Organic Mental Disorder

Setelah mengetahui apa itu Organic Mental Disorder, berikutnya kamu juga perlu mengetahui gejala apa saja yang dapat muncul ketika seseorang diduga menderita Organic Mental Disorder.

Berikut ini gejala Organic Mental Disorder yang penting diketahui yaitu:

  1. Gangguan kesadaran, gangguan dalam memusatkan, mempertahankan dan mengalihkan perhatian
  2. Gangguan daya ingat segera dan jangka pendek
  3. Ilusi dan halusinasi visual (penglihatan)
  4. Disorientasi waktu, tempat dan orang
  5. Muncul tiba tiba dan cenderung berfluktuasi naik turun gejalanya
  6. Terdapat penyebab fisik dari riwayat penyakit, pemeriksaan fisik, laboratorium dan pemeriksaan penunjang lainnya
4 dari 4 halaman

Penyebab Organic Mental Disorder

Penurunan fungsi mental yang disebabkan oleh penyakit medis bisa disebut sebagai Organic Mental Disorder. Tak hanya disebabkan oleh gangguan dan kerusakan otak saja, Organic Mental Disorder juga dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Berikut ini penyebab Organic Mental Disorder yaitu:

  1. Penyebab Organic Mental Disorder yang pertama adalah karena trauma atau luka berat yang menyebabkan cedera otak. Kondisi trauma atau luka berat pada otak yang berujung pada Organic Mental Disorder yang bisa disebabkan oleh pendarahan dalam otak atau area sekitar otak, adanya tekanan otak yang disebabkan oleh penggumpalan darah dalam tengkorak dan gegar otak.
  2. Penyebab Organic Mental Disorder berikutnya adalah adanya gangguan pernapasan seperti hipoksia atau rendahnya kadar oksigen dalam tubuh, hiperkapnia atau tingginya karbondioksida dalam tubuh.
  3. Penyebab Organic Mental Disorder juga bisa disebabkan karena terdapat gangguan jantung dan pembuluh darah dapat menyebabkan gangguan mental organik, gangguan-gangguan tersebut meliputi stroke, transient ischaemic attack (tia), endokarditis, miokarditis.
  4. Penyebab lainnya adalah demensia karena gangguan metabolisme yang berasal dari berbagai penyakit di badan ini di antaranya yaitu penyakit ginjal, tiroid, kekurangan vitamin B, kekurangan vitamin B12 dan folat.
  5. Konsumsi obat-obatan dan alkohol yang disalahgunakan juga dapat menyebabkan kondisi yang berujung pada Organic Mental Disorder yaitu Sindrom Wernicke-Korsakoff atau efek jangka panjang karena konsumsi alkohol, hingga mal nutrisi berlebihan.
  6. Terjadinya macam-macam infeksi pada tubuh juga bisa jadi salah satu penyebab Organic Mental Disorder lainnya. Adapun infeksi itu bisa berupa septikemia, infeksi otak, meningits, sifilis stadium akhir dan terjadinya komplikasi yang disebabkan oleh penyakit kanker.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini