Mengenal Habbatussauda Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kamis, 26 Maret 2020 06:00 Reporter : Andre Kurniawan
Mengenal Habbatussauda Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan Ilustrasi minyak biji anggur. ©Shutterstock

Merdeka.com - Habbatussauda, atau biasa dikenal juga dengan jintan hitam, adalah rempah-rempah yang memiliki manfaat luar biasa. Bentuknya seperti biji berwarna hitam yang banyak dipercaya sebagai obat.

Habbatussauda berasal dari bunga fennel, yang banyak tumbuh di beberapa negara di Asia. Rempah-rempah ini biasa digunakan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit.

Salah satunya adalah dapat mengobati peradangan. Hal ini karena habbatussauda memiliki kandungan antiinflamasi, yang dapat mengurangi efek buruknya dan bahkan bisa untuk menyembuhkannya.

Antioksidan tinggi yang terkandung dalam habbatussauda juga membantu untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan. Sehingga, rempah-rempah ini dapat mencegah penyakit seperti kanker.

Bagi wanita, manfaat habbatussauda dapat meringankan kondisi ketika sedang mengalami menstruasi. Rempah-rempah ini dapat mengendalikan pendarahan selama siklus menstruasi.

Selain itu, jintan hitam juga memiliki senyawa yang disebut prostaglandin. Senyawa ini berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan fungsi otak.

Dilansir dari hot.liputan6.com, rempah-rempah yang memiliki nama latin Nigella sativa ini, disebut sudah digunakan sebagai obat selama lebih dari 2.000 tahun. Bagi umat Islam, mengonsumsi habbatussauda adalah anjuran dari Nabi Muhammad SAW, karena dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, manfaat habbatussauda yang lain adalah minyaknya yang berasal dari ekstrak biji jintan hitam, dapat memberikan manfaat yang beragam bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat habbatussauda lain yang bisa Anda dapatkan.

1 dari 11 halaman

Merawat Rambut

cantik  rambut

2012 Merdeka.com

Selain untuk mengobati penyakit, minyak dari habbatussauda juga dapat digunakan sebagai perawatan rambut. Minyak habbatussauda mampu mencegah kerontokan rambut, memperkuat rambut, dan juga mencegah munculnya uban.

2 dari 11 halaman

Mengontrol Tekanan Darah

ilustrasi tekanan darah

Shutterstock/Bandy

Habbatussauda memiliki kandungan mineral, vitamin, asam lemak tak jenuh, dan protein nabati. Semua kandungan ini sempurna untuk kesehatan rambut dan kulit Anda. Selain itu, Anda juga mendapatkan manfaat yang berguna untuk mengontrol tekanan darah.

3 dari 11 halaman

Melawan Peradangan

001 siti rutmawati

averastorycenter.org

Manfaat habbatussauda yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk melawan peradangan. Kandungan antiinflamasi yang ada di dalam habbatussauda ini berguna untuk mengurangi bahkan mengobati peradangan. Minyak dari habbatussauda juga memiliki zat yang bisa melindungi sel dari kerusakan.

4 dari 11 halaman

Melawan Bakteri

ilustrasi bakteri

Ilustrasi shutterstock.com

Manfaat habbatussauda yang selanjutnya adalah kandungannya yang dapat melawan bakteri penyebab penyakit di dalam tubuh.

Kandungan yang dimaksud adalah kandungan antibakteri dan antimikroba yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

5 dari 11 halaman

Melindungi Otak

otak manusia

2012 askmedicalnews.com

Manfaat habbatussauda yang berikutnya adalah mampu melindungi otak dan mencegah penyakit yang menyerang otak.

Habbatussauda membantu mencegah penyakit seperti skizofrenia dan penyakit Parkinson. Habbatussauda juga memiliki kandungan berupa senyawa yang ampuh untuk memperbaiki sel otak yang rusak.

6 dari 11 halaman

Menyembuhkan Asma

Habbatussauda juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma. Manfaat habbatussauda yang satu ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Phytotheraphy Research pada tahun 2017.

Pada jurnal tersebut, disebutkan bahwa penderita asma yang mengonsumsi kapsul minyak habbatussauda dapat mengontrol asma dibandingkan dengan penderita yang tidak mengonsumsinya.

7 dari 11 halaman

Mengatasi Alergi

Manfaat habbatussauda juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi alergi. Hal ini dibuktikan dengan adanya studi yang terbit pada tahun 2011 oleh American Journal of Otolaryngology. Dalam jurnal tersebut, disebutkan bahwa minyak dari habbatussauda dapat mengurangi gejala hidung tersumbat, gatal-gatal, meler, dan bersin-bersin.

8 dari 11 halaman

Mengatasi Obesitas

ilustrasi obesitas

shutterstock.com/PeJo

Manfaat habbatussauda yang berikutnya adalah dapat membantu anda dalam mengatasi obesitas. Jurnal Food & Function yang terbit pada tahun 2015 menyebutkan bahwa adanya kemungkinan minyak dari habbatussauda ini dapat mengurangi faktor risiko pada wanita yang obesitas.

Manfaat habbatussauda ini bisa didapatkan dengan memasukkan minyak habbatussauda ke dalam program diet rendah kalori. Hasilnya, terjadi penurunan berat badan, lingkar pinggang, dan kadar trigliserida pada wanita yang mengonsumsi minyak ini.

9 dari 11 halaman

Mengontrol Kolesterol

ilustrasi kolesterol

shutterstock.com/Mark Poprocki

Manfaat habbatussauda yang lain adalah untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh. Habbatussauda memiliki kandungan asam lemak sehat yang tinggi. Dengan kandungan tersebut, habbatussauda dapat membantu anda untuk menjaga kadar kolesterol sehat.

10 dari 11 halaman

Mengatasi Diabetes

Habbatussauda juga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Menurut ulasan yang dipublikasikan dalam Complementary Therapies in Medicine pada tahun 2015, peneliti melakukan analisis terhadap studi yang sebelumnya pernah dilakukan terkait penggunaan Nigella sativa untuk penderita diabetes.

Hasilnya, para peneliti menyimpulkan bahwa minyak habbatussauda dapat meningkatkan kadar gula dan kolesterol, tetapi dengan catatan diperlukan uji klinis untuk mengklarifikasi efeknya.

11 dari 11 halaman

Mengurangi Risiko Kanker

kanker  payudara

empowerhypnosis.ca

Manfaat lain dari Habbatussauda adalah mengurangi risiko terkena kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa habbatussauda dipercaya memiliki kandungan yang disebut chemoagent 5-fluorurachil yang dapat menekan pertumbuhan kanker tanpa adanya efek samping. Selain itu, kandungan thymoquinone juga dapat membantu untuk mencegah kanker payudara.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini