Melihat Bengkel Unik di Bandung, Sulap Kendaraan Jadi Bertenaga Listrik

Kamis, 2 Desember 2021 07:10 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Melihat Bengkel Unik di Bandung, Sulap Kendaraan Jadi Bertenaga Listrik Modifikasi Kendaraan Jadi Bertenaga Listrik. ©2021 Merdeka.com/Catur Nugroho

Merdeka.com - Sebuah halaman parkir mobil di Antapani, Kota Bandung ini memang bukan bengkel biasa. Saat menilik ke dalam bengkel, kamu pasti akan dibuat takjub dengan hasil karya Rixy Julian Rahmat.

Bagaimana tidak? Pemuda asal Bandung ini memodifikasi kendaraan menjadi tenaga listrik. Tangannya cekatan dan lihai memodifikasi, menjadi kendaraan elektrik dengan tampilan yang unik.

DMR Custom, bengkel ini menjadi tempat pria yang akrab disapa Rixy menyalurkan keterampilannya. Di garasi inilah DMR Custom melayani perakitan kendaraan listrik yang beberapa tahun terakhir tunggangannya mulai dilirik masyarakat.

modifikasi kendaraan jadi bertenaga listrik
©2021 Merdeka.com/Catur Nugroho

Keterampilan Rixy dalam memodifikasi kendaraan berawal dari sebuah proyek skuter milik kedua anaknya pada tahun 2017. Namun, siapa sangka proyek yang mulanya hanya iseng dan coba-coba kini menghasilkan cuan.

Setelah berhasil membuat skuter elektrik untuk kedua anaknya, Rixy kemudian menerima banyak penawaran untuk memodifikasi sepeda, vespa, bajaj, dan papan seluncur menjadi kendaraan elektrik.

modifikasi kendaraan jadi bertenaga listrik
©2021 Merdeka.com/Catur Nugroho

Setiap kendaraan yang dimodifikasi Rixy memiliki spesifikasi dan harga jual yang berbeda. Seperti sepeda listrik, kendaraan ini ditanam dengan baterai dan dinamo yang dapat melaju dengan kecepatan 30-90 kilometer per jam.

Segwey, salah satu produk yang paling banyak dipesan, dapat melaju sampai 35 kilometer per jam. Sedangkan electric unicycle melaju dengan kecepatan 15 kilometer per jam.

modifikasi kendaraan jadi bertenaga listrik
©2021 Merdeka.com/Catur Nugroho

Untuk harga setiap kendaraan modifikasi bervariasi, mulai dari 2 juta hingga 40 juta tergantung komponen dan jenis kendaraan. EUC mulai dari harga Rp8 juta, sepeda listrik Rp11 juta, segway Rp40 juta, dan skuter Rp2 juta.

Tangan lihainya mampu melayani berbagai custom kendaraan listrik.Komponen dan aksesori pun bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen.

modifikasi kendaraan jadi bertenaga listrik
©2021 Merdeka.com/Catur Nugroho

Melalui DMR Custom, Rixy telah memasarkan kendaraan elektrik buatanya ke berbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Tengah, dan Bali. Berkat produknya, Rixy banyak mendapatkan tawaran kerja sama untuk membuat produk massal.

Selain itu ia juga ditawari melanjutkan pendidikan dari salah satu instansi swasta. Bahkan, kini Ia sedang mengembangkan mobil listrik.

[Tys]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini