Gerakan Donasi Lauk Sayur, Solidaritas Warga Gang Kelor Bantu Tetangga Saat Pandemi

Selasa, 9 Juni 2020 08:03 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Gerakan Donasi Lauk Sayur, Solidaritas Warga Gang Kelor Bantu Tetangga Saat Pandemi Donasi Sayur dan Lauk ala Warga Gang Kelor Bogor. kotabogor.go.id ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Dalam meringankan beban antara tetangga di masa pandemi Covid-19, warga Gang Kelor, Kelurahan Menteng, Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat melakukan aksi sosial yang unik.

Mereka secara bergotong royong mengumpulkan berbagai jenis kebutuhan pokok seperti sayur, serta bahan lauk pauk yang bisa diambil secara cuma-cuma bagi warga yang membutuhkan. Salah satu yang paling banyak diberikan warga sebagai bahan donasi adalah berbagai jenis sayur mayur, telur, tahu, mie instant hingga minyak goreng.

Aksi solidaritas tersebut dilakukan oleh warga yang memiliki rezeki berlebih untuk membantu para tetangga yang terdampak secara langsung di masa pandemi Covid-19, terutama yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi.

2 dari 4 halaman

Mengutamakan Sayur

donasi sayur dan lauk ala warga gang kelor bogor

Bahan pokok berupa sayur dan serta bahan makanan lainnya yang disediakan oleh warga Gang Kelor, Kelurahan Menteng, Bogor Barat

Instagram Bima Arya ©2020 Merdeka.com

Seperti dilansir dari website kotabogor.go.id, untuk tetap menjaga imunitas agar tetap stabil, warga setempat disarankan untuk mengutamakan pengambilan sayur-sayuran segar sebagai bahan pangan mereka di masa pandemi.

Kandungan sayur yang kaya akan vitamin serta serat, tentu akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dari masyarakat dan akan menghindarkan para warga dari serangan virus mematikan asal negeri Tiongkok tersebut.

3 dari 4 halaman

Diapresiasi Bima Arya

Sebagai Wali Kota Bogor, Bima Arya juga menyempatkan untuk mengunjungi Warga di Gang Kelor dan memantau kegiatan Donasi Sayur Lauk ala warga RW 10 ini. Menurutnya, gerakan ini perlu dicontoh oleh masyarakat di tempat lain sebagai upaya ketahanan pangan dari para warga di masa sulit seperti sekarang.

“Namanya Gerakannya adalah Donasi Lauk dan Sayur. Warga menyumbang lauk, sayuran dan kebutuhan pokok lainnya. Setiap warga yang membutuhkan bisa mengambil tiga jenis secara gratis, salah satu jenis yang wajib diambil adalah sayur mayur. Saya imbau untuk tetap berlakukan protokol kesehatan, masker, jaga jarak dan cuci tangan,” ungkap Bima Arya saat mengunjungi RW 10 pada Sabtu, (6/6/2020) lalu.

4 dari 4 halaman

Dilakukan Tiga Kali Seminggu Sejak Maret 2020

donasi sayur dan lauk ala warga gang kelor bogorSpanduk Gerakan Donasi Lauk dan Sayur di Gang Kelor

Instagram Bima Arya ©2020 Merdeka.com

Sementara itu Camat Bogor Barat, Juniarti Estiningsih menjelaskan jika kegiatan tersebut diinisiasi oleh warga RW 10 sebagai bentuk solidaritas di masa pandemi.

Banyak warga yang terdampak di masa sulit seperti sekarang dan solusinya adalah kegiatan Donasi Lauk Sayur ini. Menurutnya, kegiatan ini dilakukan setiap 3 kali dalam satu minggu dan sudah berlangsung sejak Maret 2020 lalu.

Menurutnya, di Kelurahan Menteng kegiatan tersebut juga berlangsung di RW 18 yang juga melakukan aksi pengumpulan bahan pemenuh kebutuhan sehari-hari tersebut.

“Kegiatannya dari prakarsa warga. Warga yang punya rezeki lebih mendonasikan untuk membantu warga yang membutuhkan. Ada yang memberi donasi sayur, ada yang donasi minyak sayur, ada yang donasi ikan, ada juga yang berupa uang untuk selanjutnya dibelikan lauk pauk lainnya,” ujar Esti.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini