Cara Sholat Sebelum Sholat Jumat, Jangan Langsung Duduk

Rabu, 15 September 2021 08:40 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Sholat Sebelum Sholat Jumat, Jangan Langsung Duduk Muslim Thailand laksanakan salat Jumat dengan menerapkan jarak fisik. ©Tuwaedaniya Meringing/AFP

Merdeka.com - Bagi umat Islam, Hari Jumat adalah hari yang paling utama dibanding hari lain dalam sepekan. Terdapat keistimewaan dan juga peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Hari Jumat. Hal ini diterangkan dalam salah satu hadis yang artinya:

"Sebaik-baiknya hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, masuk dan keluar dari surga dan hari kiamat hanya akan terjadi pada hari Jumat." (HR. Muslim).

Pada Jumat pula, seluruh laki-laki muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat pada waktu zuhur. Hukum dari sholat Jumat sendiri adalah fardhu 'ain, maka yang meninggalkannya akan mendapat dosa.

Allah SWT berfirman dalam Alquran:

"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (Q.S Al Jum’ah: 9).

Namun, sebelum melaksanakan ibadah sholat Jumat, ada baiknya jika kita mengerjakan sholat sebelum sholat Jumat, atau sholat sunnah sebelum sholat Jumat. Jangan langsung duduk setelah sampai di masjid.

Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan tentang sholat sebelum sholat Jumat beserta hukum dan tata caranya, dilansir dari Kapanlagi.com.

Baca Selanjutnya: Hukum Sholat Sebelum Sholat Jumat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini