Cara Menghilangkan Ketombe Pada Anak dengan Bahan Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan

Sabtu, 24 September 2022 13:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Menghilangkan Ketombe Pada Anak dengan Bahan Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan Ilustrasi anak menangis. ©shutterstock.com/Darren Brode

Merdeka.com - Masalah ketombe menjadi masalah kesehatan rambut yang banyak dikeluhkan orang dewasa. Tapi ternyata hal itu juga sering terjadi pada anak-anak. Kulit kepala terasa gatal dapat mengganggu aktivitas anak tak jarang hal itu juga kerap membuat anak jadi lebih rewel ketimbang biasanya.

Sebagai orang tua, tentu perasaan khawatir selalu ada, terlebih jika sudah menggunakan berbagai produk sampo untuk mengatasi masalah ketombe anak. Sayangnya, produk yang digunakan tak kunjung berhasil menghilangkan ketombe pada anak.

Alih-alih putus asa, lebih baik mencoba memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar sebagai cara menghilangkan ketombe pada anak. Selain ramah lingkungan, cara tersebut juga lebih murah dan efektif. Dengan catatan, telaten.

Lebih jauh berikut ini informasi mengenai cara menghilangkan ketombe pada anak dengan bahan alami, efektif dan mudah dilakukan telah dirangkum dari healthline dan berbagai sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

1. Lidah Buaya

ilustrasi lidah buaya
©Pixabay/mozo190


Cara menghilangkan ketombe pada anak dengan bahan alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Sudah menjadi rahasia umum kalau lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Salah satu manfaatnya yang paling populer yakni menghilangkan ketombe. Cara menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan gel lidah buaya.

Sediakan lidah buaya berukuran sedang untuk rambut yang pendek, dan lidah buaya berukuran besar untuk rambut yang panjang atau lebat. Jangan lupa mencucinya terlebih dulu agar lebih bersih, baru setelah itu lidah buaya dikupas dan ambil jel pada bagian dalamnya. Oleskan secara perlahan gel tersebut pada kulit dan rambut sembari terus dipijat selama 45 menit, bilas dengan air bersih tanpa menggunakan sampo.

2. Jahe

010 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Cara menghilangkan ketombe pada anak dengan bahan alami berikutnya dapat memanfaatkan jahe. Cara menghilangkan ketombe dengan jahe, dimulai dari menghancurkan jahe terlebih dulu hingga halus.

Atau bisa langsung dioleskan pada seluruh kulit kepala atau bisa juga dengan menghancurkan jahe hingga menjadi bubuk dan mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut, bilas dengan air bersih.

3. Bawang Merah

bawang merah
©2022 Merdeka.com/Freepik


Cara menghilangkan ketombe pada anak dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang merah. Mungkin tak banyak yang menyangka kalau bawang merah yang sering dipakai sebagai bumbu dasar itu ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

Cara menggunakannya, masukkan bawang merah dengan sedikit tambahan olive oil agar mengurangi aroma menyengat dari bawang merah. Oleskan pada seluruh kulit kepala, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. 

4. Cuka Apel

ilustrasi cuka apel
© PxHere

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe pada anak adalah cuka apel. Cara ini bahkan didukung oleh beberapa penelitian yang telah membuktikan bahwa cuka apel memiliki sifat asam yang dapat mengubah Ph kulit kepala agar tidak dapat dihinggapi jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya terbilang sangat mudah, masukkan seperempat gelas cuka apel ke dalam botol dan campurkan dengan air. Kemudian semprotkan campuran tersebut ke rambut secara merata. Kalau bisa bungkus rambut dengan handuk selama 20-30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

3 dari 3 halaman

5. Daun Sirsak

006 destriyana
©2015 Merdeka.com/shutterstock/BrazilPhotos

Salah satu bahan alami yang terkenal kaya manfaat dan dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan ketombe pada anak adalah daun sirsak. Daun sirsak terkenal memiliki kandungan acetogenin. Acetogenin yang ada dalam daun sirsak merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Namun tidak hanya untuk kesehatan saja. Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe membandel dengan daun sirsak sangat mudah yakni hanya perlu menyiapkan beberapa helai daun sirsak, tumbuk sampai halus, tambahkan sedikit air, gunakan sebagai masker pada rambut, oleskan hingga merata, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

6. Minyak Kemiri

kemiri
©iStock


Bukan rahasia lagi kalau minyak alami bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe pada anak. Banyak orang telah membuktikan manfaat minyak kemiri untuk menjaga kesehatan rambut secara alami, salah satunya bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe.

Saat ini minyak kemiri sudah bisa dibeli di mana-mana termasuk di situs belanja online. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapat dari adanya kandungan nutrisi seperti gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala dan rambut secara perlahan sembari memijitnya secara perlahan selama 10 menit, setelah itu baru dibilas dengan air bersih.

7. Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis
©Pexels/Lisa Fotios

Cara menghilangkan ketombe pada anak dengan bahan alami lainnya juga bisa dengan memanfaatkan jeruk nipis. Jenis jeruk ini merupakan salah satu jenis yang paling kaya dengan kandungan vitamin C. Selain vitamin C jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng dan gula.

Kandungan vitamin C dalam jeruk dipercaya berkhasiat untuk mendorong pertumbuhan rambut. Jeruk nipis juga dapat dipakai untuk menghilangkan ketombe dengan cara peras jeruk nipis, campurkan dengan air secukupnya, kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini