Cara Mengatasi Gatal karena Keringat dengan Bahan Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan

Selasa, 9 Agustus 2022 20:08 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Mengatasi Gatal karena Keringat dengan Bahan Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan Ilustrasi gatal. ©2012 Shutterstock/ampyang

Merdeka.com - Biang keringat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dikeluhkan banyak orang terutama bagi mereka yang tinggal di negara tropis kaya Indonesia. Cuaca yang panas, kerap membuat kita lebih sering berkeringat. Jika tidak di atasi dengan tepat, keringat dapat memicu alergi seperti gatal-gatal.

Tentu saja, gatal karena keringat membuat tubuh merasa tak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kebanyakan dari kita, akan langsung menggaruk kulit yang gatal, padahal hal tersebut dapat memicu iritasi pada kulit. Daripada menggaruknya, ada baiknya mencari tahu cara lain untuk mengatasinya.

Jika tidak ingin mengonsumsi obat gatal, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara mengatasi gatal karena keringat. Bahan-bahan alami tersebut selain mudah ditemukan di sekitar tempat tinggalmu, juga cenderung lebih aman dan efektif digunakan.

Berikut cara mengatasi gatal karena keringat dengan bahan alami yang telah dirangkum merdeka.com melalui healthline dan berbagai sumber lainnya pada Selasa, (09/08/2022).

2 dari 3 halaman

Lidah Buaya

ilustrasi lidah buaya
©Pixabay/mozo190

Cara mengatasi gatal karena keringat dengan bahan alami yang pertama adalah memanfaatkan lidah buaya. Gel dari lidah buaya bisa digunakan untuk meredakan iritasi karena kulit gatal dan melembapkan kulit. Hal ini ini juga dapat mencegah iritasi berkembang menjadi infeksi.

Selain itu, lidah buaya membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang iritasi akan lebih cepat sembuh dan meninggalkan bekas luka samar.

Lidah buaya pada umumnya aman untuk digunakan semua orang. Namun, beberapa orang yang kulitnya sensitif disarankan untuk mengujinya terlebih dulu. Caranya oles sedikit lidah buaya ke kulit punggung tangan untuk memeriksa tanda-tanda reaksi. Bila sampai 24 jam tidak ada tanda serius yang muncul, bahan alami ini bisa digunakan untuk mengatasi gatal akibat alergi yang kamu alami.

Pilih lidah buaya murni untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Kamu juga dapat menggunakan gel lidah buaya yang sudah ada di dalam kemasan. Namun, pilih produk yang kandungan gelnya paling banyak dibanding komposisi pendukung lainnya.

Es Batu

batu

©2018 Merdeka.com/FreeImages

Cara mengatasi gatal karena keringat dengan bahan alami berikutnya adalah memanfaatkan es batu. Mengompres bagian kulit yang gatal atau kemerahan dengan es batu juga bisa membantu meringankan gejala yang muncul. Cobalah untuk meletakkan kantong es atau es batu yang sudah dilapisi kain ke permukaan kulit yang terasa sangat gatal.

Minyak Kelapa

ilustrasi minyak kelapa

©Shutterstock

Tak hanya es batu, minya kelapa juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi gatal karena keringat. Minyak kelapa dibuat dengan mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Minyak kelapa juga dipercaya dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi kulit gatal karena peradangan sewaktu alergi. Oleh karena itu, minyak kelapa bisa menjadi Bahan alami untuk atasi peradangan kulit.

Minyak kelapa dapat meredakan peradangan dengan meningkatkan kadar antioksidan. Menurut penelitian dari Healthline, antioksidan bekerja menstabilkan radikal bebas di dalam tubuh, menetralkan atom reaktif yang menyebabkan peradangan, salah satunya gatal-gatal.

Minyak kelapa juga efektif digunakan sebagai pelembap kulit, terutama untuk orang yang kulitnya cenderung kering. Orang yang kulitnya kering rentan mengalami gatal dan bersisik. Jadi kamu bisa menggunakan bahan alami satu ini untuk mengatasi kulit gatal akibat alergi.

3 dari 3 halaman

Tea Tree Oil

pohon teh
©Shutterstock

Sifat antiperadangan dari minyak pohon teh berguna untuk meredakan sekaligus menghilangkan gatal pada kulit. Tea tree oil juga dipercaya dapat menyembuhkan infeksi yang menyebabkan kulit gatal.

Penting diketahui, bahwa obat gatal alami dari minyak pohon teh ini punya aturan pakai yang khusus. Kamu tidak disarankan langsung pakai minyak pohon teh langsung ke kulit yang gatal saat alergi, melainkan cukup hanya dengan mencampurkan obat tradisional alami ini ke pelembap yang biasa kamu gunakan, lalu dioles ke bagian tubuh yang gatal beberapa kali dalam sehari.

Daun Peppermint

mint
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Daun pappermint terkenal dengan sifatnya yang menyejukkan sekaligus mengurangi rasa gatal alergi yang disebabkan oleh gigitan serangga dan terkena poison ivy.

Dalam sebuah studi tahun 2016, ditemukan bahwa minyak daun mint ini dapat mengurangi rasa gatal yang parah. Namun tidak disarankan mengoleskan langsung minyak peppermint ke kulit yang luka karena gatal, karena dapat memicu sensasi panas terbakar atau malah memperburuknya.

Caranya sangat sederhana cukup mencampurkan minyak daun mint dengan pelembap yang biasa kamu gunakan sebagai obat gatal tradisional. Campuran ini hanya bisa digunakan pada rasa gatal alergi yang ringan, bukan gatal parah.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini