Cara Membuat SIM C yang Wajib Diketahui, Mudah Dilakukan Tanpa Calo

Kamis, 17 September 2020 15:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Membuat SIM C yang Wajib Diketahui, Mudah Dilakukan Tanpa Calo Ilustrasi SIM C. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu dokumen penting yang wajib kamu miliki saat mengendarai kendaraan bermotor adalah Surat Izin Mengemudi atau sering disingkat SIM. Dokumen ini harus kamu bawa ke mana pun saat berkendara agar terhindar dari tilang atau razia pihak kepolisian.

SIM merupakan bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas, dan terampil mengemudi kendaraan bermotor.

Jika kamu merupakan pengendara sepeda motor, maka memiliki SIM C sudah menjadi suatu keharusan. Mengingat dengan memiliki SIM, seorang pengendara membuktikan bahwa dirinya memiliki kemampuan berkendara yang baik, mampu menaati aturan lalu lintas, dan memiliki etika berkendara di jalan.

Tentu hal-hal tersebut sebelumnya telah diujikan terlebih dahulu kepada seorang pengendara. Setelah lolos dari serangkaian tes uji SIM, barulah pengendara bisa memiliki SIM. Jika kamu sering mengemudi tapi belum memiliki SIM, segeralah membuatnya.

Tidak perlu bingung karena cara membuat SIM C sangat mudah, bahkan kini sudah bisa dilakukan secara online. Berikut informasi mengenai cara membuat SIM C yang wajib diketahui yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan jogja.polri.go.id.

Baca Selanjutnya: Cara Membuat SIM C secara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini