Cara Membuat Pola Baju Gamis untuk Pemula, Simpel dan Mudah Dipraktikkan

Jumat, 8 Mei 2020 14:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Membuat Pola Baju Gamis untuk Pemula, Simpel dan Mudah Dipraktikkan Ilustrasi menjahit. ©2014 Merdeka.com/ shutterstock/ hxdbzxy

Merdeka.com - Bagi para wanita muslim pasti sudah tak asing lagi dengan gamis. Ya, gamis adalah satu jenis pakaian muslim yang banyak dikenakan saat ini. Sudah banyak model-model gamis yang dijual di pasaran. Kini gamis tak lagi hanya sebagai kebutuhan sandang, melainkan disadari atau tidak gamis telah menjadi penunjang penampilan.

Sebagai penunjang penampilan tentu saja kita ingin memakai gamis dengan model yang unik dan belum banyak dikenakan oleh orang lain. Keinginan tersebut bisa kamu siasati dengan membuat pola baju gamis sendiri. Dengan demikian kamu bisa menentukan sendiri model gamisnya sesuai dengan yang kamu mau.

Jika kamu belum pernah membuat pola baju gamis sebelumnya, jangan khawatir karena banyak ragam pola baju gamis yang bisa kamu tiru dan kamu kombinasikan sendiri menyesuaikan dengan selera fashion kamu. Berikut ini cara membuat pola baju gamis untuk pemula, simpel dan mudah dipraktikkan telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Cara Mengukur Gamis Sendiri

Cara membuat pola baju gamis yang pertama adalah mengukur gamis. Siapkan pita meteran, pensil, dan kertas untuk mencatat ukuran-ukuran yang ada. Berikut bagian badan yang perlu diukur:

Panjang gamis
Jika kamu ingin membuat gamis sendiri, maka kamu akan dapat menentukan panjang gamis sesuai dengan tinggi badan kamu sendiri. Ukur panjang gamis dimulai dari ujung pundak atas sampai mata kaki.
Lingkar Dada
Ukur melingkar dari bawah ketiak hingga bagian dada yang menonjol.
Lingkar Leher
Lingkarkan pita meteran dari hingga bagian leher yang terbesar.
Panjang lengan
Panjang lengan diukur dari pundak bawah sampai pergelangan tangan.
Lebar Bahu
Anda bisa mengukur lebar bahu dengan mengukurnya mulai titik bahu pada leher tertinggi sampai titik bahu yang paling rendah pada ujung bahu bagian lengan.
Lingkar Pinggul
Ukur melingkar bagian pinggul, lingkar pinggul kurang lebih berada 20 cm dari lingkar pinggang.
Lingkar Pinggang
Ukur melingkar bagian pinggang atau bagian yang terkecil.
Lingkar Pergelangan tangan
Ukur melingkar pergelangan tangan.
Lingkar kerung lengan
Lingkarkan pita meteran pada sekeliling kerung lengan dari titik bahu melalui ketiak sampai kembali ke titik bahu awal.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis: Pola Depan

Buat pola depan berupa garis lurus dengan panjang yang sesuai dengan panjang baju yang telah diukur sebelumnya. Gambar lingkar leher dengan setengah ukuran lingkar leher. Kemudian gambarkan lebar bahu sesuai ukuran.

Setelah itu gambar lingkar kerung lengan setengah dari ukuran kerung lengan kamu dan tambahkan 2 cm untuk ruang jahitan.

Menuju ke bawah, untuk lebar baju, ukur seperempat lingkar pinggang seperti pada gambar. Kemudian untuk lingkar pinggul digambarkan 20 cm di bawah lingkar pinggang dengan ukuran seperempat lingkar pinggul ditambah 1cm.

Untuk lebar bagian bawah gamis, ukur dengan cara menggambar seperempat ukuran lingkar pinggul ditambah 4 cm. Tarik garis antara bagian bawah kerung lengan, lingkar pinggang, lingkar pinggul dan bagian bawah gamis hingga membentuk seperempat pola.
Gunakan pola ini untuk memotong kain pada bagian depan gamis.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis: Pola Belakang

Sama halnya dengan pola depan, buat garis lurus sesuai dengan panjang baju yang telah diukur. Untuk lingkar leher, gambar lingkar leher namun dengan ukuran setengah lingkar leher ditambah 3 cm. setelah itu gambar lebar bahu dan kerung lengan. Untuk kerung lengan dibuat dengan ukuran setengah kerung lengan ditambah 2 cm.

Untuk lebar pinggang sama seperti pola depan dengan mengunakan ukuran seperempat lingkar pinggang. Untuk bagian pinggul juga digambarkan 20 cm di bawah lingkar pinggang dan ukurannya dibuat seperempat lingkar pinggul dikurangi 1 cm.

Untuk bagian paling bawah gamis, ukur dengan seperempat lingkar pinggul dengan dikurangi 1 cm ditambah 3 cm.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis: Pola Kerah

pola gamis
pinterest.com

Buat pola dengan ukuran lebar sesuai dengan setengah lingkar leher dan panjang 10 cm. Gambar kerah pada pola tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Pola Baju Gamis: Pola Lengan

 Ukur pola lengan dengan panjang sesuai dengan panjang lengan yang telah diukur sebelumnya. Untuk bagian atas gambar lengkungan dengan ukuran sesuai lingkar kerung lengan yang telah diukur sebelumnya.

Untuk ukuran lengan bagian bawah atau pergelangan tangan, sesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan kamu.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini