Cara Membuat Latar Belakang Proposal beserta Contohnya

Kamis, 24 November 2022 16:51 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Membuat Latar Belakang Proposal beserta Contohnya Ilustrasi laptop overheat. © Howtogeek/wikihow/digitaltrends

Merdeka.com - Cara membuat latar belakang proposal cukup mudah. Ada banyak jenis proposal yang mungkin Anda temui. Misalnya dalam kegiatan bisnis, pengajuan dana, proyek, hingga penelitian. Tujuan dari proposal umumnya adalah untuk mendapatkan persetujuan dari pihak yang bersangkutan agar dapat melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan.

Selain itu, tujuan proposal juga bisa untuk mendapatkan bantuan dana jika proposal tersebut berkaitan dengan pengajuan dana. Dalam pembuatan proposal sendiri, ada beberapa bagian yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah latar belakang, yang harus Anda buat di awal penulisan proposal.

Latar belakang ini menuliskan tentang suatu kejadian, keadaan, atau hal lain yang melatarbelakangi pelaksanaan sebuah kegiatan atau penelitian. Latar belakang adalah bagian awal dari sebuah proposal, maka penting untuk mengetahui cara membuat latar belakang proposal. Lalu, bagaimana cara membuat latar belakang proposal?

Dalam artikel kali ini, kami akan sampaikan cara membuat latar belakang proposal penelitian beserta contohnya yang dikutip dari laman hot.liputan6.com dan quipper.com.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Latar Belakang Proposal Penelitian

Ada beberapa langkah-langkah dalam cara membuat latar belakang proposal penelitian. Dr. Ratna Puspitasari, M.Pd. dalam modul yang berjudul Latar Belakang Permasalahan dalam Penelitian, ada cara membuat latar belakang proposal penelitian seperti skripsi yang terstruktur.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat latar belakang proposal penelitian:

Bagian awal

Cara membuat latar belakang proposal penelitian di bagian awal adalah dengan membuat gambaran umum tentang masalah yang akan diangkat. Anda bisa menggunakan metode penulisan piramida terbalik untuk menciptakan gambaran umum terkait masalah global atau yang secara luas, sampai mengerucut dan akhirnya berfokus pada masalah inti, objek serta ruang lingkup yang hendak diteliti.

Bagian tengah

Cara membuat latar belakang proposal selanjutnya pada bagian tengah. Pada bagian tengah, Anda bisa mengisinya dengan fakta, fenomena, data-data dan pendapat ahli yang ada kaitannya dengan pentingnya masalah dan efek negatif jika masalah tersebut tidak segera diatasi. Bagian ini juga perlu didukung dengan teori dan penelitian terdahulu.

Bagian akhir

Di bagian akhir cara membuat latar belakang proposal penelitian bisa Anda isi dengan menawarkan alternatif solusi (teoritis dan praktis), dan akhirnya munculah judul.

3 dari 4 halaman

Contoh Latar Belakang Proposal

Pengolahan Limbah Cair Rumah Tangga di Kelurahan Majareni

Limbah sebagai hasil samping aktivitas masyarakat, terutama limbah rumah tangga hampir selalu ditemukan di setiap rumah. Limbah tersebut terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti limbah padat, limbah cair, dan limbah gas.

Pemberian perlakuan terhadap limbah sebelum dilepas ke lingkungan akan memberikan dampak signifikan. Jika limbah rumah tangga langsung dibuang ke lingkungan, potensi pencemaran yang sangat tinggi bisa terjadi. Tidak hanya itu, organisme lainnya dapat mengalami kematian.

Di Kelurahan Majareni, pengolahan limbah cair masih belum maksimal. Pada skala rumah tangga, limbah dari bekas mencuci piring dan mencuci baju langsung mengalir ke sungai. Padahal, di Sungai Kobe terdapat banyak organisme yang hidup. Oleh karena itu, penulis bermaksud mengembangkan metode pengolahan limbah cair sebagai solusi untuk mengatasi pencemaran lingkungan.

Metode yang akan digunakan adalah filtrasi menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kelurahan. Bahan yang kurang dimaksimalkan tersebut harapannya dapat mengurangi tingkat pencemaran akibat limbah cair yang langsung disalurkan ke sungai.

4 dari 4 halaman

Solusi untuk Mengatasi Limbah

Limbah merupakan zat sisa yang sudah tak berguna dan harus dibuang. Begitu banyak limbah yang ada di sekeliling kita, misalnya limbah dari pabrik, rumah sakit, rumah tangga, dan lain-lain.

Bentuk limbah pun bermacam-macam, ada yang padat, cair, bahkan gas. Semua limbah ini harus dibuang karena sudah tidak punya fungsi lagi. Sebab, seperti apapun bentuk dan jenisnya, limbah berpotensi paling besar untuk mencemari lingkungan.

Pencemaran lingkungan oleh limbah ini sudah pasti memberikan dampak kurang bagus bagi lingkungan, baik dari segi kesehatan maupun kenyamanan bersama. Misalnya, lingkungan jadi kurang nyaman, makhluk hidup seperti ikan ikut mati, kesehatan banyak orang yang jadi sesak napas atau asma karena limbah gas, dan lapisan ozon menipis.

Untuk itu, solusi apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi limbah ini? Pemerintah perlu mengeluarkan solusi yang bisa mengatasi limbah padat, cair, maupun gas agar pencemaran lingkungan bisa terhentikan. Dengan adanya solusi penanganan limbah ini, diharapkan lingkungan sekitar bisa membaik, sehingga semua makhluk hidup termasuk manusia bisa diselamatkan.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini