Bakmi Hidden Gem di Gang Pelita Bandung Ini Wajib Dicoba, Sudah Berdiri Sejak 1988

Sabtu, 1 Oktober 2022 07:00 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Bakmi Hidden Gem di Gang Pelita Bandung Ini Wajib Dicoba, Sudah Berdiri Sejak 1988 Bakmi hiddem gem legendaris di Kota Bandung. ©2022 Dokumentasi Humas Pemkot Bandung/Merdeka.com

Merdeka.com - Bakmi menjadi sajian yang digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Keberadaannya selalu dicari, terlebih saat malam tiba. Di Kota Bandung, Jawa Barat, terdapat sebuah kedai bakmi yang wajib untuk dicoba bernama Bakmi Pelita 2.

Kedai yang terletak di daerah Surapati, Gang Pelita II nomor 3, Kota Bandung, Jawa Barat ini menjadi andalan para pencinta bakmi. Selain karena rasanya yang otentik, bakmi ini juga halal.

Pengelola kedai Bakmi Pelita 2, Erik, mengatakan jika nama Pelita2 diambil dari nama gang dan bukan cabang ke-2.

“Banyak yang mengira kalau ini cabang yang kedua. Tapi sebenarnya bukan. Jadi di sini ada Gang Pelita I, II, III. Nah biar orang tidak bingung, dinamailah Bakmi Pelita 2 disamakan dengan nama gang di sini," tutur Erik, mengutip laman Pemkot Bandung, Jumat (30/9).

2 dari 3 halaman

Mi Dibuat dengan Cara Tradisional

bakmi hiddem gem legendaris di kota bandung
Bakmi Pelita 2 jadi lokasi hiddem gem dan legendaris di Kota Bandung©2022 Dokumentasi Humas Pemkot Bandung/Merdeka.com

Erik mengungkapkan, dirinya merupakan generasi kedua pengelola Bakmi Pelita 2. Sebelumnya, kedai tersebut didirikan di Pagarsih oleh Ny. Lie Ngiun Tjie di tahun 1988, lalu sepuluh tahun kemudian pemiliknya pindah ke daerah Surapati.

Hingga saat ini, ia masih mempertahankan resep turun temurun yang diwariskan oleh generasi sebelumnya. Bahkan cara pembuatan mi-nya masih menggunakan cara tradisional.

“Cara pembuatannya simpel. Pertama kita meracik tepung, telur, dan sebagainya. Dan tahap keduanya yang lucu, jadi adonan yang masih kasar disimpan di atas meja, lalu ada bambu panjang, nanti ada orang yang naikin bambunya kaya naik kuda, terus diratain," ungkapnya.

Erik menambahkan, cara ini tetap dipertahankan sebagai ciri khas, sehingga pembuatan mi masih cukup terbatas.

"Nah ini emang tradisional sekali dan jarang, karena capek banget. Dan untuk mi yang dihasilkannya paling bisa 13-15 kg per hari,” imbuh Erik.

3 dari 3 halaman

Buat Pelanggan Ketagihan

Upaya Erik menjaga resep tradisional ini sukses membuat para pelanggan Bakmi Pelita 2 ketagihan. Iyo misalnya, dirinya mengaku sangat menyukai cita rasa bakmi ini sehingga dirinya menjadi pelanggan tetap.

 “Tekstur mi nya enak. Beda dari kedai bakmi yang lain, makanya saya beli di sini terus,” beber Iyo.

Terdapat sejumlah menu andalan di Bakmi Pelita 2, salah satunya bakmi asin rica bakso pangsit. Sedangkan untuk penyuka rasa manis, pengunjung bisa mencoba menu bakmi manis rica katsu.

Untuk harga satu porsinya, Erik menjual mulai dari Rp22.000-Rp32.000. Kedai ini pun sudah siap melayani pecinta bakmi mulai pukul 11.00–20.00 WIB.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini