Bacaan Sholat Tarawih saat Sendiri dan Berjemaah beserta Tata Cara Pelaksanaannya

Minggu, 11 April 2021 09:00 Reporter : Andre Kurniawan
Bacaan Sholat Tarawih saat Sendiri dan Berjemaah beserta Tata Cara Pelaksanaannya ilustrasi salat di masjid. ©Press TV

Merdeka.com - Bagi kaum muslimin, bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat spesial. Bulan yang penuh berkah ini selalu dinanti bagi umat Islam karena besarnya pahala yang disiapkan oleh Allah SWT pada bulan ini. Maka dari itu, berbahagialah orang-orang yang masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan suci ini.

Rasulullah SAW bersabda tentang bulan Ramadan,

Pada malam pertama bulan Ramadan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satupun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru: “Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadan”. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Bulan Ramadan identik dengan ibadah puasa. Ya, pada bulan itu, umat Islam yang mampu dan memenuhi syarat, wajib untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Selain itu, ada juga amalan sholat tarawih yang lekat dengan bulan Ramadan.

Meskipun ibadah ini hukumnya sunnah, namun Imam Asy Syafi’i, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad dan sebagian ulama Malikiyah berpendapat bahwa lebih afdhol melaksanakan sholat tarawih secara berjemaah, sebagaimana dilakukan oleh Umar bin Khattab dan para sahabat.

Dalam melaksanakan ibadah sholat tarawih, kita perlu mengetahui dan memahami bacaan sholat tarawih. Dengan mengetahui bacaan sholat tarawih, kita dapat menunaikan ibadah sunnah ini dengan lebih baik dan khusyu'.

Berikut kami sampaikan bagaimana bacaan sholat tarawih beserta tata cara dan doa yang dipanjatkan seusai melaksanakan sholat tarawih.

Baca Selanjutnya: Bacaan Niat Sholat Tarawih...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini