Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua, Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Jumat, 10 September 2021 14:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua, Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock

Merdeka.com - Sebagai orang Muslim yang baik, kita tentu tahu betul bahwa akhlak terhadap kedua orang tua merupakan suatu hal yang sangat penting. Karena kedua orang tua merupakan orang yang mengenalkan kita pada dunia ini dari kecil hingga dewasa. Setiap orang tua pun pasti memiliki harapan terhadap anaknya agar kelak menjadi anak yang sukses, berbakti kepada orang tua dan lebih baik dan menjadi anak yang shaleh.

Salah satu upaya berbakti kepada orang tua dengan senantiasa selalu mendoakan kebaikan untuk mereka. Baik jika mereka masih hidup maupun mereka sudah kembali kepada Allah SWT. Doa yang sungguh-sungguh dari anak shaleh akan sangat berarti untuk orang tua di dunia dan akhirat.

Selalu lah ingat bahwa ridha Allah SWT ada pada ridha kedua orang tua. Maka jika kamu ingin kehidupanmu diridhai oleh Allah sebaiknya muliakanlah orang tuamu dengan sikap yang penuh kasih dan dengan doa yang tulus.

Berikut bacaan doa untuk kedua orang tua yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan widyagama.ac.id pada Jumat, (10/09/2021).

2 dari 6 halaman

Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua Paling Utama

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya:

"Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil."

3 dari 6 halaman

Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua Memohon Ampunan

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi

Artinya :

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat.

Semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

4 dari 6 halaman

Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sakit

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya:

"Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

5 dari 6 halaman

Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia

Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas
Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a 'idzhu min 'adzaabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzaabin naar

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga-Mu, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."

6 dari 6 halaman

Keutamaan Berbakti dan Mendoakan Kedua Orang Tua

Salah satu ibadah teragung di dalam Islam setelah mentauhidkan Allah adalah birrul walidain atau berbakti kepada kedua orang tua. Selain merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam, berbakti kepada kedua orang tua juga memiliki keutamaan di dalam Islam.

Jika digalih dan ditelaah ada banyak keterangan baik itu dalam Al Quran maupun hadits yang disampaikan oleh Rasalullah SAW kepada kita tentang keutamaan berkbakti kepada kedua orang tua di antaranya adalah:

  1. Berbakti kepada kedua orang tua menjadi salah satu sebab panjangnya umur dan melimpahnya rezeki.
  2. Berbakti kepada kedua orang tua juga jadi salah satu perantara untuk menghilangkan bencana dan kesempitan yang melanda.
  3. Menjadi satu sebab mustajabnya doa.
  4. Merupakan salah satu sarana untuk menghapus dosa.
  5. Merupakan jalan menuju jannah.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini