Bacaan Doa Ketika Anak Sakit dan Artinya, Amalan untuk Kesembuhan Si Kecil

Minggu, 17 Oktober 2021 12:00 Reporter : Andre Kurniawan
Bacaan Doa Ketika Anak Sakit dan Artinya, Amalan untuk Kesembuhan Si Kecil anak demam pandemi. ©2020 Merdeka.com/pixabay.com

Merdeka.com - Sadar atau tidak, nikmat yang telah kita dapatkan dari Allah SWT saat ini begitu banyak. Mungkin sebagian orang akan berpikir bahwa nikmat Allah SWT hanya sebatas harta yang mereka miliki, sehingga banyak orang yang pada akhirnya selalu merasa kesusahan dan kurang bersyukur.

Nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita bukan hanya sekadar harta. Keimanan dan agama Islam yang kita pegang saat ini merupakan sebuah nikmat, yang sayangnya jarang sadari. Kemudian kesehatan kita, juga merupakan bagian dari nikmat Allah SWT yang sangat jarang kita syukuri.

Nikmat sehat ini, oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahkan dinilai lebih baik dari nikmat kaya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat." (HR. Ibnu Majah dan Ahmad).

Namun, sehat yang kita miliki jangan membuat kita lupa dengan keluarga atau saudara yang sedang sakit, terutama anak kita. Memberikan si kecil perhatian, membelikan obat, membawanya ke dokter, adalah sesuatu yang biasa dilakukan orang tua ketika anak sakit.

Selain itu, orang tua juga bisa memberikan doa ketika anak sakit agar si kecil segera diberikan kesembuhan dan kemudahan. Karena pada dasarnya, tidak ada yang mampu memberikan kesembuhan selain Allah SWT.

"Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku" (As Syu’araa : 80).

Dalam artikel berikut, kami akan menyampaikan bacaan doa ketika anak sakit yang dilansir dari NU Online, yang sebaiknya Anda tahu.

2 dari 4 halaman

Doa Ketika Anak Sakit

Doa ketika anak sakit yang pertama adalah doa yang dipanjatkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk anggota keluarganya yang sakit. Doa ketika anak sakit ini berdasarkan hadis dalam riwayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah, yang artinya:

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya:

"Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

Dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah membaca doa berikut ini ketika meruqyah salah seorang sahabat.

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya:

"Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau," (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]).

3 dari 4 halaman

Doa Ketika Anak Sakit dengan Menyebut Nama

Anda juga bisa membacakan doa ketika anak sakit dengan menyebutkan nama sang buah hati. Doa ini dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika menjenguk salah seorang sahabatnya, Sa‘ad bin Abi Waqqash, sebagaimana dalam riwayat Imam Muslim.

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

Artinya:

“Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad,” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]). Hanya saja kita mengganti nama Sa‘ad dengan nama anak atau orang yang sakit di hadapan kita.

Selain doa tersebut, ada juga dia khusus yang dapat dibaca sebanyak 7 kali untuk memohon kesembuhan bagi orang yang sakit. Doa ini dapat Anda baca di hadapan anak atau orang yang sakit dengan mengharapkan kesembuhan dari Allah SWT. Berikut bacaan doanya:

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya:

"Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

Berikutnya ada bacaan doa yang bisa Anda baca sebagai alternatif untuk penyakit apa saja. Bacaan doa ini dipanjatkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika dirinya menjenguk seorang badui yang menderita demam. Bacaan doanya seperti dalam riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas,

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya:

"(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah," (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]).

4 dari 4 halaman

Doa yang Dibaca pada Tubuh yang Sakit

Jika anak Anda sudah bisa membaca ayat Al-Qur'an, bisa juga meminta mereka untuk membaca doa berikut untuk tubuhnya yang sedang sakit,

Bismillâh, bismillâh, bismillâh. U‘îdzuka bi izzatillâhi wa qudratihi min syarri mâ ajidu wa uhâdziru (dibaca tujuh kali). As’alullâhal ‘adhîma rabbal ‘arsyil ‘adhim an yasyfiyaka (dibaca tujuh kali).

Artinya:

"Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan (dibaca tujuh kali). Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu (dibaca tujuh kali)," (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Selain itu ia disunahkan membaca surat Al-Fatihah, Qulhu, Al-Falaq, An-Nas pada tubuh yang sakit.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini