9 Manfaat Kunyit Putih, Bisa Cegah Penuaan Dini

Kamis, 19 Maret 2020 19:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
9 Manfaat Kunyit Putih, Bisa Cegah Penuaan Dini kunyit putih. bukalapak.com

Merdeka.com - Kunyit putih atau kerap kali disebut dengan nama Zedoaria (Curcuma Zedoaria) merupakan salah satu jenis tanaman yang hampir semua bagiannya digunakan untuk obat, baik akar, minyak hingga daunnya.

Tanaman ini merupakan tanaman asli dari India dan Indonesia. Namun kunyit putih kini telah dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya di wilayah Asia. Kunyit putih juga sangat mudah dijumpai di negara Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal dan juga Thailand.

Tumbuhan ini memiliki daging yang lebih lunak dan rasa mirip dengan jahe meskipun kunyit ini akan meninggalkan jejak rasa pahit di akhir.

Masyarakat Indonesia kerap menambahkan bubuk kunyit putih ke dalam masakan kari. Meskipun di beberapa resep masakan lainnya kunyit putih kerap digantikan dengan jahe. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan kunyit putih juga kerap dijadikan obat yang memiliki banyak khasiat.

Berikut 9 manfaat kunyit putih yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 9 halaman

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

003 hikmah wilda amalia

2015 Merdeka.com

Sudah sejak zaman dahulu kunyit putih telah dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya adalah mengatasi masalah pencernaan. Kandungan minyak esensial di dalam minyak kayu putih dipercaya dapat bermanfaat untuk mengobati sakit maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejang otot, dan berbagai macam masalah lambung lainnya.

Tepung yang dihasilkan dari akar kunyit juga dipercaya efektif untuk mengurangi jumlah dan tingkat keasaman cairan lambung sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung. Kamu bisa mengonsumsi kunyit putih dengan meminum air rebusannya .

2 dari 9 halaman

2. Penghilang Rasa Sakit

Curcumenol, senyawa yang terkandung dalam kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit lebih baik daripada aspirin. Sudah menjadi rahasia umum bila rempah asli Indonesia ini telah digunakan sejak zaman nenek moyang untuk mengobati radang usus.

Tidak berhenti sampai di situ dalam terapi jangka pendek untuk melindungi pasien asma, manfaat kunyit putih berperan sebagai penekan peradangan pada bronkus yang dapat menyebabkan penyempitan saluran udara.

3 dari 9 halaman

3. Obat Alergi Alami

012 siti rutmawati

www.pediatriccenterofroundrock.com

Manfaat kunyit putih berikutnya adalah dapat mengatasi alergi secara alami. Kandungan senyawa curcuminoids di dalam kunyit putih bermanfaat sebagai anti alergi dan dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit.

Cara kerja kunyit putih bisa dibilang serupa dengan anthihistamin untuk menghambat protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, sebuah zat kimia yang dapat memicu reaksi alergi.

4 dari 9 halaman

4. Antimikroba dan Antibakteri

Selain sebagai obat alergi yang ampuh, kunyit putih juga dapat menjadi obat antijamur. Menurut penelitian ekstra kunyit putih bermanfaat untuk melawan berbagai bakteri penyebab sumber penyakit. Semisal saja bakteri E. coli yang dapat menyebabkan masalah pada pencernaan seperti diare dan keracunan makanan.

Selain itu ada pula bakteri staphylococcus aureus penyebab bisul, seslulitis, sepsi dan osteomyelitis. Tak hanya itu, ekstra kunyit putih juga dapat bermanfaat untuk mengatasi infeksi jamur candida dan aspergillus. Kunyit putih juga dapat kamu gunakan sebagai obat kumur alami yang dapat membunuh bakteri jahat di mulut.

5 dari 9 halaman

5. Mencegah Penuaan Dini

kulit

Huffington Post

Salah satu tanda penuaan dini yang kerap muncul adalah flek hitam dan kerutan. Dalam hal ini kunyit putih bermanfaat untuk kecantikan yakni dapat mencegah penuaan dini.

Caranya sangat mudah sekali cukup dengan membuat masker wajah dari kunyit putih sebagai perawatan kulit akan membuat kulit wajah menjadi awet muda.

6 dari 9 halaman

6. Mengobati Jerawat

Selain dapat mencegah penuaan dini, kunyit putih juga bermanfaat untuk mengobati jerawat pada wajah. Hal ini tidak lain karena dalam kunyit putih terdapat kandungan antioksidan yang dapat mengatasi jerawat membandel.

Jika jerawat pada wajah kamu sulit untuk dihilangkan maka cobalah untuk menggunakan kunyit putih sebagai perawatan alami untuk mengobati jerawat.

7 dari 9 halaman

7. Menghilangkan Ketombe

011 tantri setyorini

Shutterstock

Salah satu masalah rambut yang kerap dirasakan banyak orang adalah ketombe yang berbentuk butiran atau serpihan putih halus di rambut. Banyak mitos berkembang mengenai ketombe muncul karena tidak menjaga kebersihan diri atau jarang keramasan. Padahal ketombe bisa menimpa siapa saja, meskipun kamu tergolong orang yang rajin keramasan setiap hari.

Sering keramas tapi masih ketombean tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba kunyit putih sebagai salah satu alternatif baru untuk mengatasi ketombe. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu menaburkan bubuk kunyit putih secara merata dan pijat agar bubuk kunyit benar-benar meresap. Diamkan kurang lebih selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

8 dari 9 halaman

8. Mencegah Kanker

Kandungan senyawa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin dan flavonoid di dalam kunyit putih dipercaya dapat menghambat penyebaran kanker dari organ satu ke organ yang lainnya.

Selain itu, kunyit putih juga dapat dimanfaatkan untuk menghambat pertumbuhan kista. Memang pada dasarnya kista merupakan penyakit yang bersifat jinak. Namun, ada beberapa kista yang pengobatannya harus menggunakan operasi. Oleh karena itu, melakukan pengobatan dengan cara operasi harus dilakukan agar tidak menyebar.

9 dari 9 halaman

9. Penawar Bisa Ular

Ekstrak dari khasiat kunyit putih lainnya adalah dapat menjadi pertolongan pertama yang ampuh sebagai penawar dan penghambat aktivitas racun ular yang ada di dalam tubuh.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manfaat Kunyit
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini