9 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan

Sabtu, 21 Maret 2020 06:00 Reporter : Fatimah Rahmawati
9 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan 9 manfaat buah pepaya bagi kesehatan. holistic-medicine.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pepaya adalah buah yang tumbuh di daerah beriklim tropis. Buah ini memiliki rasa manis, warna oranye cerah, dan jika dimakan akan terasa sangat lembut di mulut. Buah pepaya sangat mudah dan banyak ditemukan di Indonesia.

Banyak orang yang suka mengonsumsi buah ini. Buah pepaya banyak dikonsumsi untuk hidangan pencuci mulut, atau campuran olahan makanan sehat seperti smoothies, sup buah, salad buah, dan sebagainya.

Selain karena rasanya yang manis dan lezat, ternyata buah pepaya juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang membuat buah ini semakin banyak digemari. Dari banyak manfaat tersebut, salah satu yang paling terkenal adalah manfaat buah pepaya dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Namun, sebenarnya manfaat buah pepaya tidak hanya itu saja. Lalu apa saja sih manfaat pepaya bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini, dilansir dari Healthline.

1 dari 9 halaman

1. Mengandung Banyak Nutrisi

9 manfaat buah pepaya bagi kesehatan

Sumber: thespruceeats.com 2020 Merdeka.com

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang dapat memecah rantai protein keras yang ditemukan pada otot daging. Oleh karena itu, pepaya banyak digunakan orang untuk melunakkan daging sejak ribuan tahun yang lalu.

Dalam satu buah pepaya, mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang bisa didapatkan di dalam pepaya adalah kalori, karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, folat (vitamin B9), kalium, kalsium, magnesium, dan vitamin B1, B3, B5, E dan K.

2 dari 9 halaman

2. Mengandung Antioksidan

10 fungsi vitamin c bagi tubuh

Sumber:klikdokter.com 2020 Merdeka.com

Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang dikenal sebagai karotenoid. Salah satu jenisnya adalah likopen. Tahukah Anda bahwa ternyata tubuh menyerap antioksidan bermanfaat ini lebih baik dari pepaya daripada buah dan sayuran lainnya.

Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang ada di tubuh Anda. Radikal bebas dapat meningkatkan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penyakit. Banyak penelitian juga menyatakan bahwa radikal bebas yang berlebihan di otak adalah faktor utama yang memicu penyakit Alzheimer.

3 dari 9 halaman

3. Mencegah Kanker

10 fungsi vitamin c bagi tubuh

Sumber:pixabay.com 2020 Merdeka.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa likopen yang ada di dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker dan bahkan mungkin memperlambat perkembangan kanker. Pepaya mungkin juga bermanfaat bagi orang yang sedang menjalani perawatan akibat penyakit kanker.

Hal ini karena pepaya dapat mengurangi radikal bebas yang menyebabkan kanker. Selain itu, pepaya memiliki beberapa manfaat yang tidak dimiliki oleh buah-buahan lainnya. Di antara 14 buah dan sayuran dengan sifat antioksidan lainnya, hanya pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker dalam sel kanker payudara.

4 dari 9 halaman

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

10 fungsi hati bagi manusia

Sumber:liputan6.com 2020 Merdeka.com

Mengonsumsi banyak pepaya ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung, salah satunya adalah pepaya.

Zat Antioksidan yang terdapat dalam pepaya juga dapat melindungi jantung Anda dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol baik.

5 dari 9 halaman

5. Mencegah Peradangan

3 penyebab pneumonia dan gejalanya

Sumber:healthline.com 2020 Merdeka.com

Peradangan kronis adalah penyebab dari banyak penyakit. Hal ini dipicu oleh makanan yang tidak sehat dan pilihan gaya hidup yang tidak sehat yang dapat mendorong proses peradangan.

Pepaya sangat tinggi kandungan karotenoidnya yang dapat mengurangi peradangan.

6 dari 9 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

9 penyebab asam lambung naik

Sumber:universityhealthnews.com 2020 Merdeka.com

Enzim papain yang terdapat di dalam pepaya dapat membuat protein lebih mudah dicerna oleh tubuh. Orang-orang di daerah tropis biasanya mengonsumsi pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala-gejala lain seperti irritable bowel syndrome (IBS).

Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi pepaya selama 40 hari dapat mengurangi sembelit dan kembung. Selain itu, biji, daun dan akar dari pohon pepaya juga telah terbukti dapat mengobati bisul pada manusia.

7 dari 9 halaman

7. Melindungi Kulit dari Kerusakan

6 jenis jerawat yang sering muncul

Sumber:liputan6.com 2020 Merdeka.com

Selain menjaga tubuh Anda sehat, pepaya juga dapat membantu kulit Anda terlihat lebih kencang dan awet muda. Hal ini karena vitamin C dan likopen yang ada di dalam pepaya yang dapat melindungi kulit Anda dan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Radikal bebas dapat membuat kulit mengalami banyak kerutan, kendur, dan kerusakan kulit lainnya yang juga terjadi seiring bertambahnya usia. Likopen juga dapat mengurangi kemerahan kulit setelah terkena paparan sinar matahari.

8 dari 9 halaman

8. Menjaga Kesehatan Rambut

9 tanda kekurangan zat besi bagi tubuh

Sumber:healthline.com 2020 Merdeka.com

Dilansir dari Medical News Today, pepaya juga bagus untuk rambut karena mengandung vitamin A, yaitu nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang membuat rambut tetap lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

9 dari 9 halaman

9. Mencegah Penyakit Asma

3 penyebab pneumonia dan gejalanya

Sumber:towardsdatascience.com 2020 Merdeka.com

Risiko terkena penyakit asma lebih rendah pada orang-orang yang mengonsumsi sejumlah nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta-karoten, yang terkandung dalam makanan seperti pepaya, aprikot, brokoli, blewah, labu, dan wortel.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini