8 Manfaat Teh Earl Grey bagi Kesehatan, Baik untuk Gigi hingga Cegah Kanker

Senin, 24 Januari 2022 18:11 Reporter : Andre Kurniawan
8 Manfaat Teh Earl Grey bagi Kesehatan, Baik untuk Gigi hingga Cegah Kanker ilustrasi teh Earl Grey. tenzotea.co

Merdeka.com - Minum teh sudah menjadi rutinitas di pagi hari bagi sebagian besar orang. Umumnya, orang-orang lebih suka menyajikan jenis teh celup hitam dibanding jenis teh lainnya. Teh celup hitam memang menjadi teh yang umum ditemui di masyarakat. Namun, pernahkah Anda mendengar teh bergamot atau teh Earl Grey?

Namanya tidak sefamiliar teh hitam atau teh hijau, teh bergamot dibuat dengan menggabungkan teh hitam dan ekstrak jeruk bergamot. Teh ini umumnya dikenal juga sebagai teh Earl Grey, dan telah dinikmati di seluruh dunia selama ratusan tahun.

Sejak mendapat julukan dari perdana menteri Inggris, Earl Charles Grey pada tahun 1830-an, teh bergamot sering dianggap berasal dari Inggris. Padahal, teh ini berasal dari Asia Tenggara dan banyak dibudidayakan di Italia Selatan saat ini.

Teh Earl Grey biasanya terbuat dari daun teh hitam dan buah dari pohon jeruk bergamia. Beberapa khasiat yang diklaim dari teh earl grey dinilai sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman lifehack.org, berikut adalah beberapa manfaat teh Earl Grey bagi kesehatan.

2 dari 4 halaman

Baik untuk Gigi

ilustrasi gigi anak
©Shutterstock

Manfaat teh Earl Grey yang pertama adalah kandungannya yang baik untuk gigi. Teh mengandung kadar katekin yang sangat tinggi, yaitu antioksidan yang melawan infeksi mulut.

Fluorida juga merupakan komponen alami teh Earl Grey, yang mana kandungan ini baik untuk gigi karena melindungi mereka dari gigi berlubang, serta melawan pembusukan. Jadi, minum teh Earl Grey bisa menjadi cara alami untuk mendapatkan dosis fluorida harian.

Meningkatkan Pencernaan

Manfaat teh Earl Grey yang kedua yaitu dapat meningkatkan pencernaan. Teh Earl Grey dikenal dapat meningkatkan pencernaan.

Ini membantu dalam proses pencernaan dan membantu meringankan gangguan pencernaan yang menyakitkan, kolik dan mual. Minuman ini juga digunakan untuk mengobati masalah usus seperti cacingan.

Melawan Rasa Cemas dan Depresi

Manfaat teh Earl Grey yang ketiga membantu melawan rasa cemas dan depresi. Bergamot dalam teh Earl Grey dikenal memiliki efek yang menenangkan, serta meningkatkan suasana hati seseorang.

Ini karena kualitas aromaterapi alami yang ada pada bergamot. Dengan cara ini teh Earl Grey bisa menjadi solusi alami bagi orang yang menderita depresi, stres, dan kecemasan.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Energi

tehGetty Images

Manfaat teh Earl Grey yang keempat yakni untuk membantu meningkatkan energi. Meskipun mungkin tidak sebanyak kopi, tetapi kandungan kafein yang cukup dari teh ini akan memberi Anda sedikit dorongan yang menyenangkan tanpa perlu membuat Anda terjaga sepanjang malam seperti efek pada kopi.

Mencegah Kanker

Manfaat teh Earl Grey yang kelima adalah untuk mencegah kanker. Teh Earl Grey mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, yang membantu tubuh kita melawan radikal bebas penyebab penyakit seperti kanker. Oleh karena itu, meminum minuman ini dapat memberi Anda peluang lebih besar untuk menghindari penyakit tersebut.

Penurunan Berat Badan

Tidak mengherankan, salah satu efek paling populer dari teh Earl Grey adalah untuk penurunan berat badan. Ini karena ekstrak jeruknya. Karena itulah banyak orang percaya bahwa buah jeruk pada umumnya dapat menurunkan berat badan.

Diperkirakan bahwa kalori dipecah menjadi makanan untuk otot atau dilepaskan melalui proses metabolisme alami. Jadi, alih-alih krim atau gula, cobalah memasukkan lemon ke dalam cangkir teh Anda.

4 dari 4 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

Minum tiga cangkir teh Earl Grey setiap hari dinilai dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2012 di Preventative Medicine menemukan bahwa orang yang minum tiga cangkir teh hitam setiap hari secara dramatis menurunkan kadar trigliserida darah mereka dan meningkatkan 'kolesterol baik' HDL setelah tiga bulan. Para peserta juga mengalami peningkatan kadar antioksidan, yang, seperti yang kita ketahui sekarang, melawan radikal bebas yang merusak sel-sel Anda.

Penelitian lebih lanjut yang dilakukan oleh Universitas Cantanzaro di Italia juga memberikan hasil yang positif. Sebuah penelitian terhadap lebih dari dua ratus pasien dengan kadar lemak darah tinggi menemukan bahwa kadar kolesterol jahat LDL mereka berkurang 39 persen setelah sebulan mengonsumsi ekstrak Earl Grey. Ini juga mengurangi gula darah sebesar 22 persen dan meningkatkan kolesterol 'baik' sebesar 41 persen. Penurunan gula darah juga menunjukkan bahwa Earl Grey dianggap dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes.

Penghilang Stres

Manfaat teh Earl Grey yang terakhir yaitu untuk menghilangkan stres. Berbeda dengan efek kopi, teh Earl Grey melemaskan dan menenangkan tubuh hampir seketika. Ini juga memiliki efek menghilangkan stres sekaligus memberikan kejernihan dan fokus yang sama seperti kopi. Sehingga, menjadikannya alternatif yang sempurna bagi mereka yang tidak ingin terlalu terikat dengan kopi.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini