7 Contoh Seni Rupa Murni, dari Lukisan hingga Relief

Selasa, 23 Februari 2021 12:01 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Contoh Seni Rupa Murni, dari Lukisan hingga Relief Relief Candi Borobudur. ©YouTube/LIPI

Merdeka.com - Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini dibuat dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaannya dengan acuan estetika.

Dalam membuat karya seni rupa penting untuk memperhatikan unsur-unsur seni rupa untuk memaksimalkan hasil karya seperti garis, bentuk, ruang, bidang, warna, gelap terang, warna, tekstur dan titik.

Berdasarkan bentuk dan nilai gunanya, seni rupa dapat digolongkan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni (fine art) merupakan karya sendi yang diciptakan dengan tujuan untuk dinikmati saja tidak dimaksudkan untuk kepentingan lain seperti lukisan, patung, grafis, relief, mozaik dan masih banyak lainnya.

Sedangkan seni rupa terapan (applied art) merupakan karya seni rupa yang selain berbentuk indah, menarik dan menyenangkan juga harus memiliki kegunaan praktis seperti karya yang berbentuk seni kerajinan yaitu anyaman, kipas, meja dan lain-lain.

Namun, kini yang hendak dibahas adalah contoh seni rupa murni, berikut informasinya telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan researchgate.

Baca Selanjutnya: 1 Lukisan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini