7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Bantu Atasi Jerawat dan Flek Hitam

Jumat, 4 Juni 2021 14:15 Reporter : Andre Kurniawan
7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Bantu Atasi Jerawat dan Flek Hitam ilustrasi wajah bersih bersinar. © hercampus.com

Merdeka.com - Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat menjadi impian bagi setiap orang, terutama kaum hawa. Bersihnya wajah tentu menjadi aset berharga bagi seseorang, karena selain untuk penampilan, wajah yang bersih akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika banyak orang mulai berburu berbagai perawatan wajah yang sesuai demi mendapatkan wajah yang bersih dan sehat, mulai dari produk-produk kecantikan, hingga bahan-bahan alami.

Jika Anda adalah kelompok yang suka mencari perawatan wajah alami, cobalah menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, yang dapat melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain manfaat kesehatan yang ditawarkannya, jeruk nipis juga menjadi buah yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah yang telah kami rangkum dari stylecraze.com.

2 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis
©2014 Merdeka.com/shutterstock/Nataliia Pyzhova

Berbicara tentang nilai gizi dan manfaat jeruk nipis, di dalam 31g air jeruk nipis mengandung 28b air dan 8 kalori. Buah ini juga bebas kolesterol. 1 ons air jeruk nipis mengandung 2,5 gram karbohidrat dan kurang dari 1 gram lemak, protein, dan serat. Jeruk nipis juga hanya memiliki 1mg natrium.

Jus jeruk nipis diperkaya dengan Vitamin C. Ini memiliki 9.2mg Vitamin C per ons. Buah citrus ini juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya seperti Vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, Kalsium, Folat, Magnesium, Kalium, Kolin, Fosfor, dan Betaine.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Mengobati Flek Hitam

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang pertama adalah untuk mengobati flek hitam. Jus jeruk nipis dianggap sebagai zat pemutih alami karena sifat pencerah kulitnya. Buah ini dinilai dapat digunakan untuk menyamarkan flek hitam.

Yang perlu dilakukan adalah mengoleskannya dengan bola kapas ke bagian kulit yang gelap dan biarkan selama 30 menit. Namun, pastikan tetap berada di dalam ruangan dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Cara ini dapat membuat kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari. Juga, disarankan untuk mengoleskan tabir surya sebelum bepergian keluar. Anda juga dapat menggunakan obat ini untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

ilustrasi jeruk nipis©Pixabay

Mengobati Jerawat

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang kedua yaitu untuk mengobati jerawat. Jerawat dan noda hitam disebabkan ketika kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori. Jerawat sendiri sudah masalah umum bagi orang-orang dengan kulit berminyak. Bakteri yang ada di pori-pori wajah memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Sifat antibiotik dari air jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk mencegah jerawat, Anda bisa menyiapkan paket wajah jus jeruk nipis dengan madu. Madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, kemudian sifat asam dari air jeruk nipis akan mengontrol minyak berlebih. Paket wajah ini harus digunakan setiap minggu sebagai bagian dari rejimen perawatan kulit. Bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat juga dapat diringankan dengan memijat dengan menggunakan jus jeruk nipis segar pada area bekas luka.

Anti Penuaan

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang ketiga yakni sebagai zat anti penuaan. Dengan bertambahnya usia dan paparan sinar UV, melanin yang memberi warna pada kulit, dapat menumpuk dan terakumulasi di kulit, sehingga menimbulkan bintik hitam dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Kulit jeruk nipis menghambat produksi melanin. Menggosok kulit dengan kulit jeruk nipis atau mengoleskan masker wajah yang mengandung potongan kulit jeruk nipis dapat secara signifikan mengurangi hiperpigmentasi ini.

4 dari 4 halaman

Merawat Kulit Tan

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang keempat adalah untuk membantu merawat kulit tan. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit jadi tan. Jus jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan kulit cokelat ini secara efektif.

Yang perlu dilakukan adalah menyiapkan masker wajah dengan campuran tepung gram (besan) dengan dadih (dahi) dan menambahkan sedikit air jeruk nipis ke dalam campuran ini. Oleskan pasta ini secara merata pada kulit dan biarkan mengering. Kemudian cuci muka dengan air dan keringkan. Paket wajah ini harus diterapkan setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Merawat Pori-pori Terbuka

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang kelima adalah untuk merawat pori-pori terbuka. Astringents efektif dalam menyebabkan pengencangan otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah.

Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringen dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori dan untuk sementara mengurangi produksi minyak sehingga memberikan kulit yang lebih cerah dan sempurna.

Menghilangkan Kulit Mati

Asam sitrat yang ada di dalam kulit jeruk nipis dapat mengelupas sel-sel kulit mati. Mereka sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumahan untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

Membuat Kulit Bercahaya

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang terakhir yaitu untuk membuat kulit wajah bercahaya. Untuk kulit bercahaya, yang perlu dilakukan adalah minum segelas air hangat dengan campuran madu dan perasan jeruk nipis di pagi hari secara teratur. Ini akan membuat kulit wajah tampak bercahaya.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini