7 Manfaat Daun Mengkudu untuk Kesehatan, Cegah Hipertensi Hingga Atasi Peradangan

Kamis, 9 April 2020 16:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Manfaat Daun Mengkudu untuk Kesehatan, Cegah Hipertensi Hingga Atasi Peradangan mengkudu. bukalapak.com

Merdeka.com - Buah mengkudu atau Morinda citrifolia banyak ditemukan di Tahiti, Hawaii, Asia Tenggara, Australia, dan India. Buah ini sering dipakai menjadi obat sejak dulu. Buah mengkudu yang juga disebut murbei India cukup diminati karena kulitnya bisa digunakan sebagai pewarna merah dan kuning untuk pakaian dan batik. Sementara itu batang, daun, kulit kayu, dan akar pohon ini juga digunakan sebagai obat.

Selain dijadikan sebagai bahan pewarna, buah mengkudu juga telah lama dijadikan sebagai bahan baku untuk produksi jamu oleh nenek moyang kita. Namun, tahukah Anda bahwa selain buahnya, daun mengkudu ternyata memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal yang telah terbukti memberikan beragam manfaat yang jarang diketahui banyak orang.

Berikut 7 manfaat daun mengkudu untuk kesehatan yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

1. Antiinflamasi

Manfaat pertama daun mengkudu untuk kesehatan tubuh adalah daun mengkudu memiliki sifat antiinflamasi yang bekerja melawan kanker dan digunakan untuk mengobati peradangan.

Kandungan senyawa antiinflamasi sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit inflamasi jauh lebih cepat.

2 dari 7 halaman

2. Mencegah Hipertensi

hipertensi

2020 Merdeka.com

Manfaat daun mengkudu berikutnya yaitu dapat mencegah hipertensi. Hal ini tak lain karena mengkudu memiliki kandungan bahan aktif scopeletin yang memiliki fungsi untuk menormalkan tekanan darah dengan adanya efek spasmolitik yang ditandai dengan pelebaran pembuluh darah akibat reaksi otot polos, efek tersebut diyakini serupa dengan cara kerja obat antihipertensi.

Cara mendapatkan manfaat daun mengkudu pun terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu meminum rebusan daun mengkudu secara teratur sampai gejalanya mereda. Selain itu, seimbangkan juga dengan mengonsumsi buah-buahan dan jangan lupa makan sayuran hijau serta buah-buahan seperti jeruk, lemon, semangka, kiwi atau alpukat.

3 dari 7 halaman

3. Melancarkan Aliran Darah

Sirkulasi darah yang tidak tepat dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah penyumbatan lemak di arteri. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba daun mengkudu sebagai alternatif untuk melancarkan aliran darah secara alami.

Daun ini diduga mempercepat sistem aliran darah, karena kandungan fitonutrien di dalamnya memainkan peran yang efektif dalam pelebaran pembuluh darah. Dengan demikian, kesehatan jantung dan otak menjadi lebih terjaga.

4 dari 7 halaman

4. Mencegah Penyakit Degeneratif

ilustrasi tulang

2012 Shutterstock/Thorsten Schmitt

Penyakit degeneratif adalah penyakit kronis yang memengaruhi saraf, pembuluh darah, dan tulang. Menurut penelitian, daun mengkudu mengandung senyawa tertentu yang dapat mencegah terjadinya penyakit degeneratif.

Manfaatnya bisa kamu peroleh dengan teratur minum air rebusan daun mengkudu setidaknya seminggu sekali. Tetapi hal itu perlu diseimbangkan dengan gaya hidup sehat lainnya seperti rajin olahraga, makan makanan sehat dan tidur cukup.

5 dari 7 halaman

5. Mengatasi Peradangan

Selain dapat mencegah penyakit degeneratif, mengonsumsi daun mengkudu juga bisa mengatasi peradangan. Hal ini tak lain karena sifat antiinflamasi pada daun mengkudu yang bisa menghilangkan bakteri dan virus yang menyebabkan peradangan.

Kandungan senyawa antiinflamasi juga efektif digunakan untuk menyembuhkan penyakit inflamasi dan berbagai bentuk peradangan seperti bisul, jerawat atau lainnya.

6 dari 7 halaman

6. Mencegah Stroke

011 yoga tri priyanto

familybestcare.com

Sifat antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung dalam daun mengkudu dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya adalah mencegah terjadinya stroke.

Jadi, ketika kamu mengonsumsi rebusan daun mengkudu, pembengkakan pembuluh darah dapat dihindari, dan sirkulasi darah menjadi merata, mengurangi risiko stroke.

7 dari 7 halaman

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun mengkudu tidak hanya sehat, tetapi juga memiliki khasiat di dunia kecantikan. Daun mengkudu ternyata mampu menahan kulit agar tetap elastis dan selalu sehat. Hal ini karena kandungan yang ada di daun mengkudu.

Daun mengkudu kaya akan antioksidan dan selenium. Antioksidan itu sendiri berperan penting dalam memerangi radikal bebas yang dapat merusak kulit. Selain itu, Anda harus secara teratur mengonsumsi teh daun mengkudu, karena ini dapat mengurangi risiko penuaan dini.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manfaat Mengkudu
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini