7 Khasiat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan, Bantu Obati Panas Dalam hingga Mimisan

Selasa, 23 Februari 2021 13:38 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Khasiat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan, Bantu Obati Panas Dalam hingga Mimisan Ilustrasi alang-alang. ©Creative Commons/W.A. Djatmiko

Merdeka.com - Alang-alang sejak lama telah digunakan masyarakat Indonesia sebagai tanaman yang memiliki khasiat obat meskipun terkenal sebagai tumbuhan pengganggu atau gulma. Dalam hal ini semua bagian alang-alang dapat digunakan dalam pengobatan, namun yang terbanyak adalah akar.

Alang-alang banyak dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti hipertensi, panas dalam hingga mimisan. Khasiat tersebut bersumber dari kandungan yang ada di dalam akar alang-alang seperti zat aktif yang bersifat anti piretik, diuretik, dan hemostatik.

Secara umum, kandungan senyawa terdapat pada bagian akar. Senyawa-senyawa tersebut antara lain manitol, glukosa, sakharosa, citric acid, malic acid, cylindrin, fernenol, coixol, arundoin, anemonin, simiarenol, damar, logam alkali, dan asam kersik.

Untuk mendapatkan khasiat akar alang-alang caranya sangat mudah, kamu hanya perlu merebus akar alang-alang dan mengonsumsi air rebusan tersebut. Berikut ini informasi lengkapnya mengnai 7 khasiat akar alang-alang untuk kesehatan, bantu obati panas dalam hingga mimisan telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

Baca Selanjutnya: 1 Baik untuk Kesehatan Jantung...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini