7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cantik dan Mudah Dipelihara

Kamis, 12 Maret 2020 16:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cantik dan Mudah Dipelihara ikan hias. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Banyak orang yang sepakat bahwa memelihara ikan hias bisa menjadi salah satu hobi yang menyenangkan. Selain enak dipandang, ikan hias juga bisa mempercantik rumah. Bentuknya yang unik dan warnanya yang beragam tentu akan membawa ketenangan saat memandangnya. Bisa jadi hal ini juga dapat mengubah mood kamu ke arah yang lebih baik.

Selain menambah keindahan, memelihara ikan hias air tawar juga cenderung lebih mudah di banding air laut. Ikan hias yang berukuran kecil seperti ikan cupang hingga ikan hias berukuran besar seperti arwana relatif tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Berikut ini 7 jenis ikan hias air tawar yang cantik dan mudah dipelihara yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

1. Ikan Cupang

ikan cupang

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling populer dan mudah dipelihara. Ikan cupang memiliki ukuran yang relatif kecil. Ikan jenis ini memiliki keunggulan pada siripnya yang beraneka warna. Salah satu perpaduan warna yang paling sering ditemui pada ikan cupang adalah warna hitam, merah putih, kuning, ungu, dan biru.

Banyak orang tidak hanya menjadikan ikan cupang sebagai ikan hias, melainkan juga sebagai ikan aduan. Hal ini dikarenakan ikan cupang memiliki sifat agresif ketika bertemu dengan ikan cupang lainnya.

Selain memiliki sirip yang mengagumkan, ikan cupang juga sering dikenal sebagai ikan yang memiliki umur panjang. Namun saat memeliharanya, pastikan kamu tidak mencampur ikan cupang dengan ikan lainnya karena ikan cupang merupakan ikan yang individualis.

2 dari 7 halaman

2. Ikan Gupi

ilustrasi ikan guppy

2012 Merdeka.com

Ikan hias air tawar yang berukuran kecil lainnya adalah ikan gupi. Ikan ini juga bisa jadi satu pilihan untuk mempercantik rumah kamu. Memiliki bentuk dan warna yang menarik membuat ikan gupi banyak dicari oleh para pecinta ikan hias.

Keunggulannya dapat terlihat dari sirip dan ekornya yang panjang dan berwarna-warni.

3 dari 7 halaman

3. Ikan Komet

ikan hias

Liputan 6

Selain ikan cupang dan ikan gupi, ada pula ikan komet yang tak kalah mengagumkan untuk segera dipelihara dalam akuarium di rumah kamu. Selain memiliki warna yang cantik, kelebihan ikan komet juga terletak pada gerak tubuhnya yang cukup atraktif.

Walaupun atraktif namun ikan komet tetap merupakan ikan yang ramah. Memelihara ikan komet sangat mudah karena ikan ini dapat beradaptasi di segala lingkungan dan hidup berdampingan bersama jenis ikan hias lainnya.

4 dari 7 halaman

4. Ikan Koi

ikan koi

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Selain ikan cupang, bisa dibilang ikan koi juga merupakan ikan hias yang sangat populer di kalangan para pecinta ikan hias air tawar. Hal ini tak lain karena ikan koi memiliki corak yang sangat indah. Biasanya ikan ini dipelihara di kolam ikan yang akan menambah keindahan tersendiri bagi suasana di rumah kamu.

Memiliki warna yang beragam dan tergolong dalam ikan yang ramah menjadikan daya tarik yang cukup besar bagi Ikan koi. Selain ramah, memelihara ikan Koi juga cenderung lebih mudah karena bisa memberikan makanannya sekali tabur untuk banyak ikan.

5 dari 7 halaman

5. Ikan Molly

ikan hias

Liputan 6

Bisa dibilang ikan molly merupakan ikan yang jinak, cantik dan mudah dirawat. Tak heran bila kemudian ikan ini memiliki banyak penggemar. Ukurannya cenderung kecil namun gempal sehingga banyak yang menganggap ikan hias ini sangat lucu.

Selain bentuknya yang unik, ikan molly juga memiliki warna yang bervariasi. Memeliharanya pun cenderung gampang karena ikan molly memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat dan mampu bertahan hidup di akuarium meski tidak memiliki alat pompa oksigen sama sekali.

6 dari 7 halaman

6. Ikan Louhan

ikan louhan

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Ikan hias yang cantik dan mudah dipelihara selanjutnya adalah ikan louhan. Louhan merupakan ikan hias yang terkenal dengan warna sisik dan benjolan yang khas di kepalanya yang menjadi daya tarik tersendiri.

Selain unik, memelihara ikan Louhan juga membawa keuntungan tersendiri sebab bisa dijadikan sebagai lahan untuk berbisnis. Semakin besar benjolan pada kepalanya, maka harganya pun akan semakin mahal.

7 dari 7 halaman

7. Ikan Arwana

ikan arwana

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Kamu pasti tak asing lagi dengan ikan arwana yang merupakan salah satu ikan hias yang memiliki harga fantastis namun banyak digandrungi oleh para pencinta ikan hias. Karena harganya yang fantastis itu ikan arwana kerap disebut sebagai raja ikan hias.

Selain itu, ikan arwana juga kerap dianggap membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya dan biasanya orang yang memeliharanya pun berasal dari masyarakat kalangan atas. Ikan arwana memiliki ciri khas sendiri yaitu memiliki dua buah sungut di bawah bibirnya. Sungut pada ikan arwana bukan sebatas hiasan semata. Melainkan sungut tersebut memiliki fungsi sebagai sensor getar yang digunakan untuk mengetahui posisi mangsa.

Keunikan lain pada ikan arwana terletak pada gerakannya yang meliuk-liuk serta sisik yang gemerlap memantulkan cahaya. Hal ini lah yang nampak membuatnya elegan.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini