6 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Rematik

Jumat, 27 Maret 2020 12:10 Reporter : Novi Fuji Astuti
6 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Rematik ilustrasi daun kumis kucing. pixabay.com

Merdeka.com - Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan ada beraneka ragam. Kumis kucing kerap kali dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa jadi salah satu alternatif dalam pengobatan. Disebut sebagai kumis kucing karena tanaman ini memiliki 'kumis' atau benang sari yang memanjang keluar dari bunga dan menyerupai kumis kucing.

Manfaat daun kumis kucing didapat dari ujung daun dan batang tanaman. Manfaat daun kumis kucing berasal dari adanya segudang nutrisi di dalamnya yang berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat daun kumis kucing yang cukup populer karena efek diuretik yang membantu membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalui urin. Meski dalam skala kecil, manfaat daun kumis kucing mulai diteliti kebenarannya.

Untuk merasakan manfaat daun kumis kucing, kamu bisa menyeduh daun kumis kucing seperti penyeduhan teh lainnya. Daun kumis kucing yang telah dikeringkan direndam dalam air mendidih panas selama kurang lebih tiga menit, kemudian tambahkan madu atau susu sesuai selera.

Kualitas daun kumis kucing kerap ditentukan dari area budidaya dan bagaimana metode pasca panen yang dipilih. Berikut manfaat daun kumis kucing yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/3/2020).

1 dari 6 halaman

1. Cegah Hipertensi

Manfaat daun kumis kucing pertama untuk mencegah hipertensi. Hal ini tak lain karena daun kumis kucing memiliki kandungan Methylripariochromene A (MRC) yang berfungsi membantu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah. Rutin mengonsumsi ramuan kumis kucing juga dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, Methylripariochromene A juga diyakini bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium yang tinggi dalam tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati hipertensi, karena kalium membantu mengurangi efek sodium. Orang dewasa perlu mengonsumsi 4.700 miligram (mg) kalium sehari untuk terhindar dari risiko hipertensi.

2 dari 6 halaman

2. Atasi Infeksi Kandung Kemih

Manfaat daun kumis kucing berikutnya dapat mengatasi infeksi kandung kemih. Pada umumnya penyebab infeksi saluran kencing karena ada bakteri masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih. Infeksi kandung kemih yang paling umum terjadi terutama pada wanita dan memengaruhi kandung kemih dan uretra.

Sifat antibakteri dan antimikroba yang dimiliki daun kumis kucing dapat dijadikan sebagai obat herbal yang tepat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, penggunaan ramuan kumis kucing dikaitkan dengan kadar urat serum yang berkurang. Hasilnya menunjukkan efek produksi urin yang normal pada tikus.

Kumis kucing bekerja membantu mengurangi kemungkinan bakteri untuk bisa menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih, yang dapat menimbulkan infeksi. Seseorang yang sulit buang air kecil biasanya mengalami infeksi di saluran ginjal dan kandung kemihnya.

3 dari 6 halaman

3. Obat Rematik

Ekstrak daun kumis kucing juga dapat mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan serta memelihara fungsi persendian. Sifat antiinflamasi dari daun kumis kucing mempercepat penyembuhan radang sendi.

Penyakit rematik kerap muncul dengan gejala peradangan yang memengaruhi struktur penghubung atau pendukung tubuh. Ini paling sering terjadi pada persendian dan kadang pada tendon, ligamen, tulang, dan otot. Beberapa penyakit rematik bahkan memengaruhi organ.

Cara untuk mendapatkan manfaat daun kumis kucing terbilang sangat mudah, hanya dengan merebus 5 lembar daun kumis kucing segar, daun meniran dan 3 gelas air putih hingga berubah warna. Dinginkan dan minum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

4 dari 6 halaman

4. Mengatasi Keputihan

Daun kumis kucing memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Salah satu penyebab keputihan yang paling umum adalah jamur dan bakteri. Bacterial vaginosis adalah infeksi bakteri yang cukup umum yang bisa menyebabkan keputihan. Ini menyebabkan peningkatan keputihan memiliki bau yang kuat. Infeksi jamur dan ragi juga menyebabkan keputihan berlipat ganda di luar kendali dalam situasi tertentu.

Caranya cukup mudah cukup dengan ambil 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun beluntas, 1 sendok jinten hitam, 10 biji kemukus dan air secukupnya. Kemudian rebus semua bahan tadi hingga mendidih. Minum 2 kali sehari secara rutin.

5 dari 6 halaman

5. Obati Ginjal

Daun kumis kucing selain bermanfaat untuk mengobati keputihan juga terkenal menyembuhkan penyakit ginjal. Menurut berbagai penelitian klinis, ramuan daun kumis kucing dapat mengobati berbagai infeksi seperti infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil dan batu kandung kemih.

Manfaat daun kumis kucing bersumber dari sifat deuretiknya. Dengan mengatur keluaran asam amino dan metabolisme kolin, kumis kucing dapat melindungi terhadap cedera ginjal yang diinduksi oksalat.

6 dari 6 halaman

6. Mengatasi Gula Darah

Manfaat daun kumis kucing juga bisa mengatasi gula darah. Menurut beberapa penelitian telah menunjukkan bagaimana daun kumis kucing bekerja untuk mengatasi gula darah dalam tubuh. Daun kumis kucing memiliki zat yang membantu meningkatkan pelepasan insulin dan mengurangi kadar glukosa dalam darah sehingga dapat menjaga tubuh terhindar dari diabetes.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Obat Herbal
  3. Jabar
  4. Ragam
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini