6 Manfaat Daging Sapi bagi Kesehatan, Tingkatkan Massa Otot hingga Kuatkan Tubuh

Minggu, 2 Agustus 2020 09:01 Reporter : Andre Kurniawan
6 Manfaat Daging Sapi bagi Kesehatan, Tingkatkan Massa Otot hingga Kuatkan Tubuh Daging Sapi. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Daging sapi merupakan bahan makanan yang banyak digemari oleh hampir setiap orang. Olahan-olahan daging sapi ini selalu terlihat lezat dan menggugah selera. Sebut saja olahan seperti bakso, sup, semur, hingga steak yang selalu tampak menggiurkan.

Selain rasanya yang lezat, daging sapi juga menyimpan banyak kandungan gizi yang luar biasa. Nutrisi dalam daging sapi antara lain berupa kalori, protein, lemak, zat besi, selenium, dan vitamin B6. Dengan kandungan nutrisi tersebut, daging sapi sangat berguna untuk mendukung kesehatan tubuh kita.

Berikut ini beberapa manfaat daging sapi bagi kesehatan yang telah kami rangkum dari Beef Central dan Healthline.

1 dari 6 halaman

Meningkatkan Massa Otot

012 siti rutmawati

©www.bodybuilding.com

Manfaat daging sapi yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan massa otot. Ada banyak alasan mengapa kita harus memastikan asupan protein dalam tubuh tercukupi. Hal ini karena protein bermanfaat bagi tubuh, seperti:

  • Protein nutrisi yang digunakan tubuh untuk memperbaiki dan membuat tulang, kulit, dan tulang rawan.
  • Protein yang cukup akan membantu membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak.
  • Dari semua makronutrien, protein adalah yang paling mengenyangkan, dan itu akan mencegah makan berlebih.
  • Daging sapi dikemas dengan asam amino untuk menunjang kesehatan, dan menjadi salah satu sumber protein terbesar dalam makanan manusia.
2 dari 6 halaman

Kaya akan Mineral

Manfaat daging sapi yang kedua yaitu berguna untuk menghindari terjadinya defisiensi terhadap sejumlah mineral. Jika Anda ingin meningkatkan asupan berbagai mineral, maka daging sapi adalah salah satu opsi terbaik untuk dipertimbangkan.

Daging sapi sudah dikenal padat akan nutrisi mineral. Daging sapi menyediakan lebih dari setengah dari jumlah selenium dan seng yang direkomendasikan per hari.

Ini membuat nilai gizi daging sapi dapat membantu melawan defisiensi yang umum terjadi pada zat besi, magnesium, dan seng.

3 dari 6 halaman

Memiliki Kandungan Karnosin yang Ampuh

ilustrasi daging sapi

©Pixabay

Manfaat daging sapi yang ketiga yaitu daging sapi memiliki kandungan karnosin yang ampuh bagi tubuh. Karnosin adalah asam amino yang ditemukan di seluruh tubuh, dan memiliki beberapa peran penting dalam kesehatan manusia.

Daging sapi memiliki kandungan yang paling tinggi. Kandungan karnosin dalam daging sapi sekitar 50% yang lebih banyak dari unggas.

Karnosin memiliki sifat anti-glikosilasi, sehingga dapat mengurangi bahaya dari proses yang disebut glikasi. Glikasi adalah pusat dari proses penuaan dan berpotensi menyebabkan atherosclerosis dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Selain itu, karnosin juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Asam amino juga dianggap membantu mencegah peroksidasi lipid dalam sel-sel kita.

4 dari 6 halaman

Mencegah Anemia

Manfaat daging sapi yang keempat yaitu untuk mencegah anemia. Anemia adalah kondisi umum, yang ditandai dengan penurunan jumlah sel darah merah dan berkurangnya kemampuan darah dalam membawa oksigen.

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum dari anemia. Gejala utamanya adalah kelelahan dan kelemahan.

Daging sapi adalah sumber yang kaya akan zat besi, terutama bentuk zat besi heme. Tubuh Anda menyerap zat besi heme jauh lebih efisien daripada zat besi non-heme, yaitu jenis zat besi dalam makanan nabati.

Dengan demikian, daging tidak hanya mengandung zat besi yang sangat bioavailable, tetapi juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme dari makanan nabati. Karena itu, konsumsi daging adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah anemia akibat defisiensi zat besi.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Kinerja Tubuh

012 siti rutmawati

©pcwallart.com

Manfaat daging sapi yang kelima yaitu dapat meningkatkan kinerja tubuh dalam berolahraga. Sebelumnya sudah dibahas bahwa daging sapi mengandung asam amino berupa karnosin. Karnosin ini juga berguna untuk mendukung fungsi otot.

Kadar karnosin yang tinggi pada otot, akan berdampak positif bagi tubuh. Tubuh akan menjadi kuat karena karnosin dapat mengurangi kelelahan dan juga meningkatkan kinerja tubuh dalam beraktivitas, khususnya ketika berolahraga.

6 dari 6 halaman

Kandungan Creatine

Manfaat daging sapi yang ke enam yaitu daging sapi memiliki kandungan creatine yang baik bagi tubuh. Daging sapi mengandung 350mg creatine per 100g. Manfaat kesehatan yang diberikan oleh creatine ini antara lain:

  • Meningkatkan kinerja olahraga
  • Membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan otot
  • Memberikan otot pasokan energi yang lebih besar dan meningkatkan daya tahan
  • Menambah ukuran otot

Perlu dicatat juga bahwa, hati juga dapat menghasilkan sekitar 2 gram creatine per hari, tergantung pada pra-kursor yang tersedia. Prekursor kreatin termasuk arginin, glisin, dan metionin.

Tidak hanya semua asam amino ini ada di dalam daging sapi, tetapi daging sapi juga menjadi salah satu sumber makanan terpenting bagi mereka.

Dengan kata lain, daging sapi akan memberi Anda jumlah creatine makanan yang layak, dan juga membantu tubuh Anda untuk memproduksinya.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini