5 Manfaat Membaca Surat Yasin, Rezeki Lancar dan Hidup Berkah

Jumat, 25 Desember 2020 13:01 Reporter : Novi Fuji Astuti
5 Manfaat Membaca Surat Yasin, Rezeki Lancar dan Hidup Berkah ilustrasi membaca Al-Quran. nuraddini.blogspot.com

Merdeka.com - Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al-Quran dan diturunkan pada periode pertengahan di Makkah (sebelum hijrah), sehingga termasuk dalam surat Makkiyah. Dalam tradisi masyarakat Indonesia surat Yasin menjadi salah satu surat yang selalu dibaca oleh kaum muslim, khususnya ketika hari Jumat.

Surat yasin memiliki tiga hal pokok, yaitu keimanan kepada hari kebangkitan, kisah penduduk desa, dan dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Allah itu Esa. Selain itu, surat ini juga mengungkapkan tentang surga dan sifatnya yang disediakan bagi orang mukmin.

Selain dibaca pada hari Jum'at, surat Yasin juga biasa dibaca ketika ada orang sedang sakaratul maut, mengirimi doa untuk keluarga, kerabat atau untuk teman yang sudah meninggal, dan bisa juga dibaca sebagai bentuk ungkapan rasa syukur. Surat Yasin terdiri dari 83 ayat dan dijuluki sebagai jantung dari Al-Quran.

Berikut ini informasi lengkap mengenai 5 manfaat membaca surat Yasin, rezeki lancar dan hidup berkah telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

2 dari 6 halaman

1. Dilimpahkan Kebahagiaan

Manfaat membaca surat Yasin yang pertama adalah dapat dilimpahkan kebahagiaan. Terutama ketika surat yasin ini dibaca setiap hari, selain akan membuat batin menjadi lebih tenang dan tidak gelisah, akan banyak orang juga yang menyukai atas izin Allah SWT.

"Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-ra’ad :28).

3 dari 6 halaman

2. Rezeki Lancar

Manfaat membaca surat Yasin berikutnya adalah mendapatkan kelancaran rezeki. Termasuk juga kelancaran rezeki ini berupa dimudahkan segala keinginan dan hajatnya, dengan terus istiqomah dan berusaha sekuat tenaga maka Allah SWT akan semakin mempermudah segalanya.

“Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

4 dari 6 halaman

3. Diampuni Dosa

Surat yasin selain dapat mendatangkan keselamatan dan kebahagiaan ternyata juga bisa membuat pahala yang didapat lebih berlipat ganda. Selain itu, dosa-dosa yang dimiliki semasa hidup walaupun dosa itu sebesar gunung akan semakin mudah diampuni oleh Allah SWT.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra).

5 dari 6 halaman

4. Dijauhkan dari Malapetaka

Selanjutnya, membaca surat Yasin ini juga merupakan salah satu cara agar bisa terbebas dari petaka. Allah SWT akan lebih melindungi, termasuk diselamatkan selama hidup di dunia, tidak diberi penyakit yang membahayakan, mati syahid, dimudahkan saat akan keluar ruh, bahkan diberi keselamatan juga ketika di akhirat nanti.

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

6 dari 6 halaman

5. Hidup Berkah

Manfaat membaca surat Yasin berikutnya, ternyata bisa membuat keberkahan hidup semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena pahala membaca ayat suci Al-Quran ini. Jika hidup menjadi lebih berkah maka segala urusan di dunia maupun di akhirat pasti akan lebih lancar.

Bahkan surat Yasin juga dipercaya dapat mempermudah segala urusan, karena Allah selalu memberi jalan kepada hamba-hambanya yang taat. Seperti membaca ayat suci Al-Quran salah satunya surat Yasin.

“Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini