Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

12 Manfaat Minum Air Garam bagi Tubuh, Ketahui Efek Sampingnya

12 Manfaat Minum Air Garam bagi Tubuh, Ketahui Efek Sampingnya Manfaat air garam. © boldsky.com

Merdeka.com - Manfaat minum air garam bisa berguna bagi tubuh. Salah satu manfaat minum air garam ialah membantu mengatasi infeksi tenggorokan. Selain itu masih ada manfaat minum air garam lainnya.

Selain untuk keperluan memasak, garam juga biasa digunakan untuk mengatasi beragam keluhan kesehatan. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara minum air garam.

Garam, atau yang disebut dengan natrium klorida (NaCl), memiliki kandungan mineral yang penting bagi tubuh. Selain mineral, ada pula jenis garam yang dilengkapi dengan kandungan yodium, kalium, kalsium, zat besi, dan zinc.

Orang lain juga bertanya?

Air garam sendiri merupakan campuran air hangat dan garam non-yodium.Manfaat minum air garam dinilai memiliki efek pencahar. Biasanya akan menyebabkan buang air besar yang mendesak dalam waktu 30 menit hingga satu jam, meski bisa lebih lama.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa saja manfaat minum air garam dan efek samping yang mungkin akan muncul.

Manfaat Minum Air Garam

Menguatkan Sistem Kekebalan: Manfaat minum air garam dapat membantu menguatkan sistem kekebalan dengan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Keseimbangan elektrolit sangat penting untuk memastikan bahwa sel-sel tubuh bekerja dengan baik dan membantu mengatasi infeksi dan penyakit.

Menetralkan Asam Lambung: Manfaat minum air garam dapat membantu menetralkan asam lambung dan membantu mengatasi masalah seperti mual, muntah, dan sakit perut.

Mencegah Dehidrasi: Manfaat minum air garam membantu mencegah dehidrasi dengan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa tubuh memiliki cukup air untuk berfungsi dengan baik dan membantu mencegah gejala seperti sakit kepala dan lelah.

Menjaga Keseimbangan Elektrolit: Manfaat minum air garam akan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan memastikan bahwa sel-sel tubuh bekerja dengan baik. Dengan begitu, kita dapat memastikan bahwa tubuh memiliki cukup nutrisi untuk berfungsi dengan baik dan membantu mencegah masalah seperti kram otot dan lelah.

Meredakan Sakit Kepala: Manfaat minum air garam berikutnya adalah untuk membantu meredakan sakit kepala dengan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh serta membantu mengatasi masalah seperti dehidrasi.

Membantu Mengatasi Infeksi Tenggorokan: Manfaat minum air garam dapat membantu mengatasi infeksi tenggorokan dengan membunuh bakteri dan virus dalam tenggorokan. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa tenggorokan tetap sehat dan bebas dari infeksi.

Meredakan Gejala Alergi: Minum air garam dapat membantu meredakan gejala alergi dengan mengatasi inflamasi dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa tubuh memiliki cukup nutrisi untuk berfungsi dengan baik dan membantu mencegah masalah seperti alergi.

Memperbaiki Tidur: Manfaat minum air garam mampu memperbaiki tidur dengan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan membantu mengatasi masalah seperti insomnia.

Air garam juga dapat membantu mengatasi stres dan membuat seseorang merasa lebih rileks sebelum tidur, sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Meningkatkan Kinerja Olahraga: Minum air garam dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga dengan memastikan bahwa tubuh memiliki cukup elektrolit dan cairan untuk berfungsi dengan baik selama aktivitas fisik.

Mencegah Osteoporosis: Manfaat minum air garam akan membantu mencegah osteoporosis dengan menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa tulang tetap kuat dan sehat.

Sebagai Detoksifikasi: Minum air garam dapat membantu detoksifikasi dengan membuang toksin dan limbah dalam tubuh. Dengan begitu, kita bisa memastikan bahwa tubuh selalu sehat dan bebas dari racun.

Meredakan Peradangan: Manfaat minum air garam yang terakhir yakni untuk membantu meredakan peradangan dengan mengatasi inflamasi dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa tubuh memiliki cukup nutrisi untuk berfungsi dengan baik dan membantu mencegah masalah seperti nyeri dan infeksi.

Efek Samping Minum Air Garam

Setelah mengetahui manfaat minum air garam, terdapat efek samping minum air garam yang menyertainya. Minum air garam saat perut kosong dapat menyebabkan mual dan muntah.

Anda juga mungkin akan mengalami kram, kembung, dan dehidrasi. Pembersihan usus besar karena minum air garam dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit karena hilangnya natrium dan cairan dengan cepat.

Kondisi ini dapat menyebabkan:

  • kejang otot
  • kelemahan
  • kebingungan
  • detak jantung tak teratur
  • kejang
  • masalah tekanan darah
  • Meskipun kebanyakan orang mengalami buang air besar setelah minum air garam, namu beberapa orang tidak. Air garam ini juga dapat meningkatkan risiko kelebihan natrium, sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi.

    Jangan minum air garam jika Anda memiliki:

  • masalah jantung
  • diabetes
  • masalah ginjal
  • tekanan darah tinggi
  • masalah pencernaan, seperti penyakit radang usus
  • Tidak jelas bagaimana air garam dapat memengaruhi mikrobioma Anda, komunitas mikroba yang mencakup bakteri baik dan jahat yang hidup di usus Anda. Tidak ada bukti ilmiah bahwa air garam dapat membantu atau merusak mikrobioma Anda. Tapi secara teori, itu dapat mengubah keseimbangannya. (mdk/ank)

    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    Manfaat Minum Air Putih Hangat saat Perut Kosong, Bersihkan Racun Tubuh
    Manfaat Minum Air Putih Hangat saat Perut Kosong, Bersihkan Racun Tubuh

    Penting untuk mencukupi hidrasi tubuh setiap hari.

    Baca Selengkapnya
    Efek Samping Minum Air Garam bagi Kesehatan Tubuh
    Efek Samping Minum Air Garam bagi Kesehatan Tubuh

    Penting untuk mengontrol konsumsi garam agar tetap sesuai dengan rekomendasi.

    Baca Selengkapnya
    10 Manfaat Air Kelapa Muda yang Cocok Segarkan Tubuh saat Berbuka Puasa
    10 Manfaat Air Kelapa Muda yang Cocok Segarkan Tubuh saat Berbuka Puasa

    Air kelapa muda merupakan salah satu alternatif minuman yang sehat dan menyegarkan untuk dikonsumsi kala berbuka puasa. Ketahui sejumlah manfaat kesehatannya.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    8 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih, Mulai Bangun Hingga Tidur Malam
    8 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih, Mulai Bangun Hingga Tidur Malam

    Minum air putih merupakan hal penting bagi kesehatan kita. Terdapat sejumlah waktu ketika minum air bisa sangat bermanfaat.

    Baca Selengkapnya
    Air Kelapa Diminum Ibu Hamil Bikin Kulit Bayi Putih, ini Penjelasan Dokter
    Air Kelapa Diminum Ibu Hamil Bikin Kulit Bayi Putih, ini Penjelasan Dokter

    Air kelapa salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil (bumil).

    Baca Selengkapnya
    Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Begini Cara Mengkonsumsinya
    Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Begini Cara Mengkonsumsinya

    Bayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak fakta lengkap tentang manfaat bayam sekaligus cara mengkonsumsinya!

    Baca Selengkapnya
    Apakah Banyak Minum Air Putih Bisa Mengatasi Masalah Kulit Kering?
    Apakah Banyak Minum Air Putih Bisa Mengatasi Masalah Kulit Kering?

    Pengaruh minum air putih terhadap perbaikan masalah kulit kering bergantung pada tingkat hidrasi kulit masing-masing orang.

    Baca Selengkapnya
    6 Minuman yang Ramah Asam Lambung, Mengatasi Gejala Tanpa Rasa Begah
    6 Minuman yang Ramah Asam Lambung, Mengatasi Gejala Tanpa Rasa Begah

    Selain makanan, beberapa minuman juga bisa memicu munculnya asam lambung. Tapi tak perlu risau, 6 minuman ini bisa bikin perut menjadi lebih aman & tidak begah.

    Baca Selengkapnya
    Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Garam, Penting Diketahui
    Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Garam, Penting Diketahui

    Meski penting sebagai tambahan dari banyak masakan, ketika dikonsumsi berlebihan garam memiliki dampak negatif pada kesehatan tubuh.

    Baca Selengkapnya