12 Jenis Pisang di Indonesia dan Cara Mengolahnya

Kamis, 12 Maret 2020 21:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
12 Jenis Pisang di Indonesia dan Cara Mengolahnya ilustrasi pisang mentah. ©2018 Healthy Fit Natural

Merdeka.com - Pisang merupakan salah satu buah yang selalu ada di setiap musim di Indonesia. Ada sekitar 246 jenis pisang yang bisa kamu konsumsi baik secara langsung maupun mengolahnya menjadi beragam cemilan.

Selain rasanya yang enak, pisang juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti potassium, karbohidrat, mineral, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan magnesium. Pisang juga memiliki banyak khasiat misalnya menurunkan tekanan darah tinggi sampai menangkal radikal bebas.

Bahkan seluruh bagian pisang, mulai dari buah, kulit, daun, batang pohon sampai dengan bunganya bisa dikonsumsi. Saking beragamnya jenis pisang tak jarang membuat orang kebingungan bagaimana cara memilih dan mengolah pisang secara tepat.

Berikut ini 12 jenis pisang di Indonesia dan cara mengolahnya yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

2 dari 13 halaman

1. Pisang Ambon

jenis pisangLiputan 6

Pisang Ambon merupakan salah satu jenis pisang yang paling mudah dan banyak ditemui di Indonesia. Pisang jenis ini banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket.

Ciri-ciri pisang Ambon adalah memiliki tekstur kulit yang halus berwarna kuning atau hijau. Daging buahnya putih dengan rasa manis dan tidak berbiji.

Tidak hanya sekedar bisa dimakan secara langsung, pisang ambon juga kerap digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kue, seperti banana bread.

3 dari 13 halaman

2. Pisang Kepok

Pisang kepok yang populer di Indonesia ternyata aslinya berasal dari Filipina. Pisang kepok kuning dan pisang kepok putih merupakan jenis pisang kepok yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Umumnya pisang berwarna kuning memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang pisang kepok putih.

Cara mengolah pisang kepok yang paling sederhana adalah dengan merebusnya, rasanya sangat manis. Selain itu kamu juga bisa mengolahnya menjadi keripik pisang yang renyah.

4 dari 13 halaman

3. Pisang Seribu

jenis pisangLiputan 6

Para pecinta pisang pasti sudah tidak aneh lagi dengan pisang raja seribu. Pisang ini merupakan yang paling banyak diminati karena rasanya memang harum dan legit. Pisang ini memiliki ukuran standar dengan warna kulit hijau saat masih mentah dan berubah menjadi kuning keemasan saat sudah masak.

Pisang raja seribu ini bisa langsung dikonsumsi atau diolah menjadi beragam cemilan, salah satunya dibuat menjadi sale pisang. Selain rasanya yang legit pisang ini juga memiliki keunikan karena tergolong langka dalam satu tandan bisa berisi seribu pisang.

5 dari 13 halaman

4. Pisang Varigata

Banyak yang bilang sekilas pisang ini mirip dengan mentimun. Pisang varigata memiliki rasa yang mirip dengan pisang berlin yang cocok dihidangkan di atas meja. Selain dagingnya ternyata kulit pisang Varigata juga bisa dikonsumsi tanpa meninggalkan rasa sepat di lidah.

6 dari 13 halaman

5. Pisang Mas

jenis pisangJenis pisang

Pisang Mas selain cocok dijadikan campuran dalam pembuatan kue atau cemilan lainnya juga kerap dikonsumsi dengan cukup dicelupkan ke dalam cokelat leleh.

Ukurannya cenderung kecil namun tekstur dagingnya hampir menyerupai pisang Ambon. Dagingnya yang terasa lembut dan manis membuat pisang ini juga tak kalah menarik di hati para pecinta pisang.

7 dari 13 halaman

6. Pisang Genderuwo

Buah pisang Genderuwo tergolong cukup langka dan jarang sekali ditemui di pasaran. Karena bentuknya yang unik dengan batang berwarna merah gelap dan ukuran buah yang merah kehitaman membuat pisang ini dinamai sebagai pisang Genderuwo. Pisang ini berasal dari Yogyakarta.

8 dari 13 halaman

7. Pisang Nangka

Meskipun sudah matang, pisang nangka tetap memiliki warna kulit kehijauan. Rasa manis dan aroma wanginya membuat pisang ini jadi favorit banyak orang. Tekstur dagingnya cukup padat dengan warna kuning sedikit kemerahan.

Cara mengolah pisang nangka yang paling sederhana adalah dengan menjadikannya sebagai keripik, gorengan, atau isian kue tradisional.

9 dari 13 halaman

8. Pisang Cavendish

pisang cavendish2020 Merdeka.com/easygrow.id

Pisang cavendish berasal dari Amerika yang juga begitu populer di Indonesia dan kerap dijual di supermarket. Dengan ukuran yang cukup besar, tekstur yang empuk namun padat maka tak heran bila kamu akan merasa kenyang hanya dengan mengonsumsi satu buah pisang cavendish.

Jadi, bisa dibilang pisang cavendish bisa dijadikan cemilan kamu saat sedang diet atau cocok dikonsumsi balit. Selain dikonsumsi secara langsung kamu juga bisa mengolah pisang cavendish menjadi kue atau smoothies.

10 dari 13 halaman

9. Pisang Susu

Pisang susu memiliki bentuk yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis pisang lainnya dengan kulit yang memiliki bintik-bintik kehitaman. Tekstur dagingnya juga lembut dengan rasa yang cukup manis.

Selain bisa dimakan secara langsung pisang susu kerap dijadikan campuran adonan kue, isian sandwich atau dadar gulung pisang.

11 dari 13 halaman

10. Pisang Tanduk

Pisang Tanduk sangat cocok diolah dengan cara direbus maupun digoreng. Pisang yang bersal dari Sukabumi ini memiliki ukuran yang besar dan panjang melengkung serupa seperti tanduk. Warna dagingnya cenderung merah kekuningan dengan rasa manis agak asam.

12 dari 13 halaman

11. Pisang Uli

Bisa dibilang pisang uli merupakan salah satu pisang yang sangat cocok diolah menjadi pisang goreng sebagai teman ngopi kamu di rumah. Rasanya sangat manis dengan tekstur daging buah yang empuk, lembut dan lembek membuat banyak orang menyukainya.

Pisang uli memiliki ukuran sedang tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Selain diolah sebagai pisang goreng, pisang ini juga kerap diolah menjadi beragam cemilan seperti keripik dan sale pisang.

13 dari 13 halaman

12. Pisang Merah

jenis pisangJenis pisang

Kalau biasanya warna kulit pisang hijau atau kuning keemasan ternyata ada juga pisang yang memiliki kulit berwarna merah.

Pisang Merah ternyata bukan saja unik melainkan juga banyak mengandung manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti mencegah batu ginjal, mengurangi berat badan, meningkatkan produksi darah dan mengatur asam lambung.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini