12 Cara Mengatasi Insomnia Akut, dari Meditasi sampai Mandi Air Hangat

Kamis, 5 Maret 2020 13:16 Reporter : Novi Fuji Astuti
12 Cara Mengatasi Insomnia Akut, dari Meditasi sampai Mandi Air Hangat 9 Penyebab Insomnia dan Gejalanya. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Insomnia merupakan kondisi di mana kamu merasa sangat sulit untuk tidur, sulit untuk tidur nyenyak, atau keduanya. Kondisi ini bahkan bisa terus berlanjut dan menjadi kronis sehingga membuat kamu sama sekali tidak bisa tidur, bahkan pada saat kamu ingin tidur. Bila mengalami gangguan tidur seperti ini maka biasanya kamu akan bangun tidur dalam keadaan lelah. Akibatnya aktivitas di esok harinya akan terganggu.

Insomnia sendiri ada beberapa jenis. Bila bicara berdasarkan penyebabnya, insomnia dibedakan menjadi dua, yakni insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer biasanya terjadi bukan karena gangguan kesehatan lainnya dan insomnia sekunder biasanya karena ada suatu gangguan kesehatan tertentu.

Selain itu insomnia jika berdasarkan lama waktu terjadinya dibedakan menjadi dua yaitu insomnia akut dan insomnia kronis. Insomnia akut terjadi dalam waktu yang relatif pendek karena sebab tertentu seperti gugup mendekati masa ujian, biasanya insomnia jenis ini hanya terjadi satu malam atau beberapa minggu. Berbeda dengan insomnia kronis yang terjadi dalam rentan waktu yang cukup panjang dan terjadi karena kondisi psikologis yang sedang tidak baik yang bisa bertahan tiga malam setiap minggu hingga beberapa bulan.

Penyebab insomnia paling umum adalah kecemasan, setres, dan kebiasaan tidur yang buruk. Tak jarang kebanyakan orang insomnia mengatasi masalahnya dengan mengonsumsi obat tidur. Namun hal demikian tidak direkomendasikan sebagai pertolongan pertama tetapi kamu bisa mencoba hal-hal yang sifatnya lebih alami.
Di bawah ini ada 12 cara mengatasi insomnia akut dari meditasi sampai dengan mandi air hangat, dan bisa dipraktikkan di rumah.

1 dari 12 halaman

1. Rajin Konsumsi Tomat

ilustrasi jus tomat

2019 Merdeka.com/Pixabay

Cara mengatasi insomnia yang pertama ialah konsumsi tomat. Jenis sayuran mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang relatif murah. Walaupun murah tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya mengatasi insomnia.

Kandungan senyawa melatonin yang tinggi dalam tomat dapat menjadi pengendali bagi siklus tidur seseorang. Kamu bisa mengonsumsi tomat secara langsung maupun mengolahnya menjadi jus atau smoothie.

2 dari 12 halaman

2. Minum Susu

ilustrasi susu dan almond

Shutterstock

Mengonsumsi susu menjadi salah satu cara mengatasi insomnia yang mudah dilakukan sebelum tidur. Susu sapi dapat dijadikan obat tidur alami bagi kamu yang mengalami insomnia. Kamu bisa meminum susu murni sebelum tidur. Kandungan magnesium dalam susu dipercaya mampu membuat tubuh dan pikiran jauh lebih rileks. Kondisi rileks akan membantu kamu lebih mudah untuk terlelap.

3 dari 12 halaman

3. Pergi Tidur Hanya Ketika Lelah

Cara mengatasi insomnia secara alami lainnya adalah dengan pergi tidur hanya ketika sudah benar-benar merasa lelah karena kondisi fisik yang lelah akan membuat kamu lebih cepat terlelap. Namun pastikan kamu tidak membawa barang-barang apa pun ke tempat tidur.

001 febrianti diah kusumaningrum

boldsky.com

Jika tengah malam kamu terbangun tinggalkan tempat tidur untuk melakukan suatu aktivitas dan kembali lagi ketika sudah merasa lelah dan mengantuk. Untuk mengatasi insomnia kuncinya adalah menjaga waktu tidur agar tetap konsisten.

4 dari 12 halaman

4. Meditasi

meditasi

2014 Merdeka.com

Meditasi merupakan cara mengatasi insomnia yang terbaik, meditasi juga bisa dijadikan sebagai cara terbaik untuk mengistirahatkan otak kamu setelah menjalani hari yang panjang dan melelahkan. Langkah awal yang paling mudah untuk memulai meditasi adalah dengan mencoba latihan pernapasan yang bisa membuat tubuh jauh lebih santai dan tetap fokus.

5 dari 12 halaman

5. Makan Lebih Awal

ilustrasi makan

Pixabay

Bagi kamu yang mengalami insomnia mulai biasakan untuk mengatur waktu makan. Waktu makan malam paling baik adalah tiga jam sebelum tidur. Selain itu juga jangan mengonsumsi terlalu banyak alkohol karena kadar gula yang banyak dapat memberikan kualitas yang buruk untuk tubuh, khususnya pada bagian jantung dan hati.

6 dari 12 halaman

6. Mandi Air Hangat

air hangat

2016 Merdeka.com

Salah satu cara mengatasi insomnia yang cukup efektif adalah dengan mandi air hangat sebelum tidur. Pasalnya, setelah mandi badan air hangat badan akan menjadi jauh lebih rileks dan membuat kamu cepat mengantuk.

7 dari 12 halaman

7. Singkirkan Beban Pikiran

Cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah menyingkirkan beban pikiran saat hendak tidur. Salah satu yang kerap menjadi pemicu insomnia adalah setres yang disebabkan oleh banyaknya beban pikiran.

ilustrasi berpikir

Shutterstock/Peshkova

Untuk itu menjelang waktu tidur sebaiknya kamu tidak merisaukan hal-hal yang akan terjadi besok. Sebelum tidur kamu harus benar-benar berada dalam kondisi yang rileks agar kamu lebih mudah untuk terlelap dan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

8 dari 12 halaman

8. Singkirkan Ponsel dan Gadget

malu bermain smartphone di tempat kerja

2015 Merdeka.com


Jangan mencoba memainkan ponsel dan gadget lainnya ketika menjelang jam tidur. Meski kebiasaan seperti ini sangat sulit untuk diterapkan namun cara mengatasi insomnia ini cukup efektif. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan ponsel bersifat merangsang otak dan akan membuat kamu susah terlelap.

9 dari 12 halaman

9. Rutin Olahraga

011 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay

Cara lain yang bisa diterapkan untuk mengatasi insomnia adalah dengan rutin olahraga karena dengan rutin olahraga akan melepaskan kortisol yang menjadi pengganggu pola tidur alami. Lakukan olahraga di pagi hari seperti berjalan, peregangan, atau yoga.

10 dari 12 halaman

10. Matikan Lampu

dengan lampu mati

Stocksy

Cara mengatasi insomnia ini sangat mudah dilakukan, namun untuk beberapa orang menjadi sulit, karena justru tidak bisa tidur dalam kegelapan. Cobalah untuk memastikan tidak ada sumber cahaya di area tempat tidur. Baik itu cahaya biru lembut dari ponsel, tablet atau jam digital di samping tempat tidur, karena hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kamu kesulitan untuk terlelap.

11 dari 12 halaman

11. Konsumsi Kiwi

buah kiwi

2012 Merdeka.com

Mengonsumsi makanan yang kaya akan melatonin memungkinkan tubuh untuk tidur jauh lebih nyenyak. Salah satu buah yang memiliki kandungan melatonin adalah buah kiwi. Sebuah riset menemukan mereka yang makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu menunjukkan peningkatan efisiensi, kualitas dan kuantitas tidur.

12 dari 12 halaman

12. Terapkan Jam Tidur yang Teratur

Cara mengatasi insomnia yang terakhir yaitu mengatur jam tidur. Pergi tidur dan bangun tidur dalam jam yang sama setiap harinya akan membantu tubuh untuk terbiasa tidur nyenyak.

011 tantri setyorini

Pixabay

Untuk menghindari insomnia pastikan kamu memilih jam tidur saat merasa paling lelah dan mengantuk setiap malam. Orang dewasa biasanya akan tidur pada pukul 10.00 atau 11.00 malam.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini