12 Cara Mengatasi Insomnia Akut, dari Meditasi sampai Mandi Air Hangat

Kamis, 5 Maret 2020 13:16 Reporter : Novi Fuji Astuti
12 Cara Mengatasi Insomnia Akut, dari Meditasi sampai Mandi Air Hangat 9 Penyebab Insomnia dan Gejalanya. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Insomnia merupakan kondisi di mana kamu merasa sangat sulit untuk tidur, sulit untuk tidur nyenyak, atau keduanya. Kondisi ini bahkan bisa terus berlanjut dan menjadi kronis sehingga membuat kamu sama sekali tidak bisa tidur, bahkan pada saat kamu ingin tidur. Bila mengalami gangguan tidur seperti ini maka biasanya kamu akan bangun tidur dalam keadaan lelah. Akibatnya aktivitas di esok harinya akan terganggu.

Insomnia sendiri ada beberapa jenis. Bila bicara berdasarkan penyebabnya, insomnia dibedakan menjadi dua, yakni insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer biasanya terjadi bukan karena gangguan kesehatan lainnya dan insomnia sekunder biasanya karena ada suatu gangguan kesehatan tertentu.

Selain itu insomnia jika berdasarkan lama waktu terjadinya dibedakan menjadi dua yaitu insomnia akut dan insomnia kronis. Insomnia akut terjadi dalam waktu yang relatif pendek karena sebab tertentu seperti gugup mendekati masa ujian, biasanya insomnia jenis ini hanya terjadi satu malam atau beberapa minggu. Berbeda dengan insomnia kronis yang terjadi dalam rentan waktu yang cukup panjang dan terjadi karena kondisi psikologis yang sedang tidak baik yang bisa bertahan tiga malam setiap minggu hingga beberapa bulan.

Penyebab insomnia paling umum adalah kecemasan, setres, dan kebiasaan tidur yang buruk. Tak jarang kebanyakan orang insomnia mengatasi masalahnya dengan mengonsumsi obat tidur. Namun hal demikian tidak direkomendasikan sebagai pertolongan pertama tetapi kamu bisa mencoba hal-hal yang sifatnya lebih alami.
Di bawah ini ada 12 cara mengatasi insomnia akut dari meditasi sampai dengan mandi air hangat, dan bisa dipraktikkan di rumah.

Baca Selanjutnya: 1 Rajin Konsumsi Tomat ...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini