11 Manfaat Makan Telur Rebus bagi Tubuh, Jadi Sumber Energi hingga Bantu Cegah Kanker

Kamis, 22 Juli 2021 12:20 Reporter : Andre Kurniawan
11 Manfaat Makan Telur Rebus bagi Tubuh, Jadi Sumber Energi hingga Bantu Cegah Kanker Ilustrasi telur rebus dengan berbagai tingkat kematangan. © food.ndtv.com

Merdeka.com - Telur menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Bahan makanan seperti paket komplit, karena serbaguna, mudah diolah, memiliki rasa lezat, bergizi, dan tentunya mudah didapat.

Telur memiliki berbagai kandungan gizi. Selain protein, yang menjadi nutrisi andalan dari si telur, makanan ini juga mengandung kalori, lemak jenuh, kolesterol, natrium, kalium, zat besi, dan karbohidrat. Tak hanya itu, berbagai vitamin juga terkandung di dalam telur, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin B6.

Keunggulan telur tak hanya berasal dari kandungan gizi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, telur adalah makanan yang serbaguna dan mudah diolah. Sudah tak terhitung lagi berapa resep yang melibatkan telur sebagai di dalamnya. Tetapi, meski ada banyak cara berbeda untuk menyajikannya, telur rebus menjadi sajian telur yang paling umum di masyarakat.

Telur rebus biasa disajikan sebagai menu sarapan. Kandungan gizi serta kemudahan dalam membuat telur rebus menjadikannya sebagai santapan pagi yang praktis tapi tetap menyehatkan. Meski kandungan gizi pada telur ada yang hilang saat kita mengolahnya menjadi telur rebus, hidangan ini dinilai tetap menyehatkan karena dapat menghindarkan kita dari bakteri berbahaya seperti salmonella.

Makan telur rebus juga memberikan kita berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut akan kami sampaikan beberapa manfaat makan telur rebus bagi kesehatan yang dilansir dari beberapa sumber.

2 dari 5 halaman

Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat makan telur rebus yang pertama adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari laman timesofindia.indiatimes.com, telur rebus adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik. Makanan ini akan membuat Anda merasa kenyang tanpa memasukkan terlalu banyak kalori, yang sangat membantu jika Anda ingin menurunkan berat badan. Makan siang atau makan malam dengan dua telur rebus dan secangkir sayuran hanya mengandung sekitar 274 kalori.

011 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Sumber Kolin yang Baik

Manfaat makan telur rebus yang kedua yaitu sebagai sumber kolin yang baik. Kolin adalah nutrisi yang mengatur otak, sistem saraf, dan kesehatan kardiovaskular. Ini membantu menjaga struktur membran sel otak, yang berguna menyampaikan pesan dari otak ke saraf dan otot. Ini juga membantu wanita hamil dengan memengaruhi perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir.

Meningkatkan Metabolisme

Manfaat makan telur rebus yang ketiga yakni mampu meningkatkan metabolisme. Makan makanan berprotein tinggi dapat meningkatkan metabolisme melalui proses yang disebut efek termis makanan. Hal itu terjadi karena tubuh perlu menggunakan kalori ekstra untuk mencerna dan mengolah nutrisi dalam makanan.

Makan telur rebus akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori daripada makan karbohidrat atau lemak. Ini memberikan dorongan dalam metabolisme.

3 dari 5 halaman

Penambah Energi

Manfaat makan telur rebus yang keempat adalah untuk menambah energi. Telur rebus cocok dikonsumsi sebagai sarapan. Dikutip dari bola.com, makanan ini memiliki semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan sebagai penambah energi. Vitamin A, vitamin B-12, dan selenium yang terkandung dalam makanan ini juga menjadi sumber nutrisi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan kuat.

Menutrisi Kulit

Manfaat makan telur rebus yang kelima yaitu untuk membantu menutrisi kulit. Kandungan vitamin dan mineral dalam telur rebus bisa membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah kerusakan jaringan tubuh.

ilustrasi otot sayapbackexcercises.com

Meningkatkan Massa Otot

Kandungan protein yang ada pada telur rebus dapat meningkatkan massa otot dan membantu kerja otot. Satu butir telur rebus besar, terdapat 6 gram protein, yang terdiri dari asam amino penting dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi telur rebus secara rutin akan membantu Anda meningkatkan massa otot.

4 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

012 tantri setyorini©2019 Merdeka.com/Pexels

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang vital, sehingga kesehatannya harus dijaga. Telur rebus bisa menjadi salah satu makanan yang dapat memberikan kesehatan pada mata Anda. Makanan ini mengandung zeaxanthin, yang lebih banyak dibanding sayuran, sehingga dapat membantu mencegah degenerasi pada makula dan menurunkan risiko katarak.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Selain kulit dan mata, telur rebus juga memiliki manfaat untuk rambut dan kuku. Telur rebus memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, dan merupakan sumber vitamin D. Kandungan mineral dan antioksidan dalam makanan ini juga akan membantu pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat.

Memperkuat Tulang Prenatal

Manfaat makan telur rebus yang berikutnya yaitu membantu dalam pertumbuhan tulang prenatal. Protein dalam telur rebus bekerja bersama vitamin D untuk mendorong perkembangan prenatal. Elemen-elemen ini akan membantu pertumbuhan gigi, tulang, dan pertumbuhan umum pada bayi Anda selama kehamilan.

5 dari 5 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

ilustrasi jantungcardiomyopathy.org

Telur rebus mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini akan menstabilkan kadar kolesterol darah Anda sehingga mampu mencegah risiko timbulnya penyakit jantung. Kemudian kandungan omega 3 pada telur rebus juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat makan telur rebus yang terakhir yakni membantu menurunkan risiko kanker. Telur mengandung senyawa antioksidan yang sudah terkenal dapat menangkal radikal bebas penyebab munculnya sel kanker. Mengonsumsi telur rebus secara rutin dapat membantu Anda menurunkan risiko kanker.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini