10 Jenis Kaktus Mini Cantik yang Cocok untuk Dekorasi Ruangan

Jumat, 13 Maret 2020 11:49 Reporter : Fatimah Rahmawati
10 Jenis Kaktus Mini Cantik yang Cocok untuk Dekorasi Ruangan 10 jenis kaktus mini yang cantik. proflowers.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Memiliki hunian yang indah dan nyaman bisa dibilang merupakan impian semua orang. Banyak yang bisa dipersiapkan dan dilakukan untuk mewujudkan hunian yang nyaman tersebut. Salah satunya dengan mempertimbangkan dekorasi atau hiasan apa yang akan dipilih untuk mengisi ruangan.

Sekarang ini, tanaman hias banyak menjadi pilihan untuk mempercantik ruangan. Salah satu tanaman yang banyak dipilih sebagai dekorasi di dalam ruangan adalah kaktus. Biasanya kaktus yang dipakai sebagai dekorasi ruangan adalah jenis kaktus mini.

Kaktus mini memang menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menghias ruangan agar terlihat lebih indah, asri dan nyaman. Selain karena kaktus tidak memerlukan perawatan yang sulit, kaktus mini memiliki banyak sekali jenis dengan beragam bentuk, ukuran dan warna yang tentunya masing-masing memiliki keunikan dan kecantikannya sendiri.

Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih jenis kaktus mini mana yang cocok untuk dijadikan dekorasi atau hiasan di rumah, berikut jenis kaktus mini yang bisa Anda jadikan pilihan:

1 dari 10 halaman

1. Kaktus Mini Astrophytum

10 jenis kaktus mini yang cantik

Sumber: freepik.com 2020 Merdeka.com

Jenis kaktus mini ini memiliki bentuk yang unik karena bentuknya mirip seperti bintang atau buah belimbing. Kaktus ini cukup mudah berbunga. Bunganya beraneka warna, ada yang berwarna kuning, merah, dan pink. Sedangkan batangnya berbentuk seperti bola.

Jika ingin melihat kaktus mini Astrophytum cepat berbunga, kamu bisa meletakkannya pada ruangan yang tidak terlalu banyak paparan sinar matahari.

2 dari 10 halaman

2. Kaktus Mini Ariocarpus

10 jenis kaktus mini yang cantik

Sumber:worldofsucculents.com 2020 Merdeka.com

Tidak seperti pada umumnya dimana kaktus memiliki duri pada daunnya, kaktus ini tidak memiliki duri sama sekali.

Jenis kaktus ini memiliki daun yang berbentuk prisma. Ada yang ujungnya melengkung, tumpul, atau runcing. Selain itu, kaktus Ariocarpus memiliki bunga yang berukuran besar hampir seukuran batangnya dan memiliki beragam warna, seperti ungu, putih, pink, kuning dan merah.

3 dari 10 halaman

3. Kaktus Mini Ferocactus

10 jenis kaktus mini yang cantik

Sumber:pinterest.com 2020 Merdeka.com

Bagi Anda yang awam dengan kaktus, pasti akan merasa takut ketika melihat kaktus jenis ini untuk pertama kalinya. Kaktus ini memang terlihat mengerikan dengan bentuk batang berlekuk dan bulat. Duri yang dimiliki kaktus ini berwarna merah.

Selain itu, duri kaktus mini Ferocactus memiliki ukuran yang cukup besar dari kaktus pada umumnya. Meski begitu, jenis kaktus mini ini tetap cantik di mata pecinta tanaman, khususnya tanaman kaktus.

4 dari 10 halaman

4. Kaktus Mini Cephalocereus Senilis

10 jenis kaktus mini yang cantik

Sumber:flowersandflowerthings.com 2020 Merdeka.com

Jenis kaktus mini Cephalocereus senilis memiliki julukan kaktus orang tua. Hal ini karena seluruh bagian kaktus ini dipenuhi rambut panjang berwarna putih mirip dengan rambut orang yang sudah lanjut usia.

Kaktus mini Cephalocereus senilis cocok untuk ditempatkan dalam ruangan, seperti di pojok ruangan, jendela, atau rak dinding gantung. Pertumbuhan dari kaktus mini ini bisa mencapai 12 cm.

5 dari 10 halaman

5. Kaktus Mini Echinocactus Grusonii

10 jenis kaktus mini yang cantik

Sumber:freepik.com 2020 Merdeka.com

Jenis kaktus mini Echinocactus grusonii memiliki bentuk seperti gentong dan berasal dari Mexico dan Texas. Kaktus ini juga sering disebut dengan golden barrel atau gentong emas.

Kaktus ini memiliki duri yang unik berwarna kuning kecokelatan. Karena keunikannya itulah kaktus ini menjadi favorit diantara pecinta tanaman kaktus dan bisa dihargai sangat mahal.

6 dari 10 halaman

6. Kaktus Mini Cereus Tetragonus

10 jenis kaktus mini yang cantik

Sumber:worldofsucculents.com 2020 Merdeka.com

Kaktus mini Cereus tetragonus berasal dari Amerika dan bisa tumbuh tinggi. Sebenarnya jenis kaktus ini cocok untuk diletakkan sebagai penghias pagar rumah, namun bisa juga dijadikan sebagai penghias jendela di dalam rumah. Bentuknya menyerupai kastil dan memiliki ciri khas duri yang berwarna putih.

7 dari 10 halaman

7. Kaktus Mini Echinofossulocactus

10 jenis kaktus mini yang cantik

Sumber:thespruce.com 2020 Merdeka.com

Kaktus mini jenis ini memiliki batang yang berwarna hijau tua dikelilingi dengan duri yang cukup besar. Kaktus ini termasuk dalam kaktus yang memiliki pertumbuhan yang cukup lambat.

Jenis kaktus mini Echinofossulocactus ini membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk mengeluarkan bunga. Bunganya sendiri ada yang berwarna putih, merah, dan kuning.

8 dari 10 halaman

8. Kaktus Mini Gymnocalycium

10 jenis kaktus mini yang cantik

Sumber:succulentcity.com 2020 Merdeka.com

Dikenal sebagai Kaktus Dagu, jenis kaktus ini berasal dari Amerika Selatan. Kaktus mini jenis Gymnocalycium ini memiliki bentuk yang menyerupai buah labu dengan tanduk sebagai tempat tumbuhnya bunga.

Lucunya, bagian tanduk tempat bunga muncul ini tidak dipenuhi oleh duri dan bunganya bermekaran dengan indah di beberapa sisi dan warnanya sangat cerah. Kaktus ini juga akan tumbuh subur di bawah sinar matahari.

9 dari 10 halaman

9. Kaktus Mini Haworthia Attenuata

10 jenis kaktus mini yang cantik

Sumber:pinterest.com 2020 Merdeka.com

Jenis kaktus mini Haworthia attenuata juga dijuluki sebagai tanaman zebra sekaligus lidah buaya mini. Kaktus yang satu ini memiliki duri-duri kecil di bagian pinggir batangnya.

Kaktus yang berasal dari Afrika Selatan ini mampu bertahan hidup dengan sedkit cahaya sehingga cocok dijadikan penghias coffee table di ruang keluarga atau dapur.

10 dari 10 halaman

10. Kaktus Mini Lobivia Oganmaru

10 jenis kaktus mini yang cantik

Sumber: gramho.com 2020 Merdeka.com

Jenis kaktus ini memiliki batang yang pipih. Uniknya, di bagian ujung batang yang pipih ini ada bagian lainnya yang berwarna kuning bagaikan jambul. Bagian ujung batang terdapat sesuatu yang berbentuk seperti bunga dengan balutan warna merah.

Kaktus yang bisa tumbuh hingga 10 cm ini cocok diletakkan di mana saja untuk menghias sudut rumah.

[far]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini