Keunikan Air Terjun Sembilan Tingkat Punya Bengkulu Utara

Kamis, 14 Februari 2019 06:00 Reporter : Tantri Setyorini
Keunikan Air Terjun Sembilan Tingkat Punya Bengkulu Utara Curug Sembilan. ©Instagram/ba.barito

Merdeka.com - Bukan tanpa alasan jika Bengkulu Utara mendapat julukan bumi seribu air terjun. Pasalnya kabupaten ini menjadi rumah bagi sederet air terjun cantik bernilai wisata. Beberapa di antaranya adalah Air Terjun Palak Siring Kemumu, Air Terjun Pacitan, Air Terjun Alas Bangun, dan Air Terjun Intake.

Bicara soal air terjun, Bengkulu Utara juga punya satu air terjun yang tak ada duanya. Namanya adalah Curug Sembilan atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Sembilan Tingkat. Dinamakan demikian karena air mengalir dari sembilan tingkat membentuk jajaran air terjun besar dan kecil. Ini adalah satu-satunya air terjun bertingkat-tingkat yang dimiliki oleh Provinsi Bengkulu.

Curug Sembilan ©Instagram/brucelevick


Curug Sembilan terletak di Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Masih satu lokasi dengan Hutan Lindung Boven Lais yang jadi rumah Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Gadutensis.

Curug Sembilan menawarkan panorama yang tak biasa, karena sekali pandang bisa menikmati keindahan beberapa air terjun sekaligus. Sempurna untuk latar foto kekinian yang jadi kegemaran generasi milenial.

Curug Sembilan ©Instagram/rollan_nr


Aliran air sungai yang deras, jernih, dan bersuhu rendah akan membuat kaki terasa dingin. Pemandangan alam di sekitanya pun menyejukkan mata. Udara di sangat sejuk karena air terjun dan kawasan sekitarnya memang sangat terjaga.

Curug Sembilan ©Instagram/brucelevick


Nilai tambah Curug Sembilan adalah air terjun dikelilingi hutan lindung yang juga merupakan habitat aneka flora fauna. Tak cuma bunga-bunga Rafflesia dan curugnya yang bisa dilihat di sini. Ada juga beberapa jenis binatang liar namun jinak yang mungkin akan berpapasan dengan Anda.

Curug Sembilan ©Instagram/ba.barito


Kalau Anda ingin mengunjungi Curug Sembilan, Anda harus masuk ke wilayah Hutan Lindung Boven Lais menggunakan kendaraan khusus. Saat musim hujan, biasanya perjalanan akan terasa lebih berat. Setelah mencapai Tanah Hitam, giliran kaki yang harus menempuh jalur berlumpur nan licin. Pastikan kondisi tubuh sehat agar Anda tak kehabisan stamina begitu mencapai air terjun. [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Wisata Alam
  2. Bengkulu
  3. Destinasi Wisata
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini